Klik Di Sini

Monday, January 27, 2014

BAR PERSONEL (PETUGAS BAR)


Untuk memulai operasionalnya dengan baik. Maka suatu bar harusah dilengkapi dengan para petugas bar. Mengenai jumlah petugas bar yang diperlukan akan tergantung pada jenis bar itu sendiri. Persyaratan keahlian akan ditentukan kemudian. Kecuali kalau sudah ada persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang bartender. Misalnya license bartender, sehingga disetiap bar akan dijumpai bartender yang ahlidan terlatih.

Pada bar yang bertaraf international biasanya memiliki karyawan yang lengkap dan susunan organisasinya pun teratur dengan baik dan lengkap yaitu :

Sunday, January 26, 2014

SISTEM OPERASIONAL BAR


Yang dimaksud dengan system ini adalah cara yang digunakan oleh pimpinandalam menjalankan pengusahaan bar, jadi bagaimana hubungan antara si bartenderdengan pimpinan / pemilik bar.

Terdapat tiga system dalam menjalankanbat, yaitu :

1.       Bartendersebagai karyawan biasa, dimana setiap bulan mendapatkan gaji tetap

2.       Bartender bertindak menjadi karyawan biasa juga disampig mendapatkan gaji tetap dia mendapatkan tambahan penghasilan beruapresentase dari hasil penjualanyang besarnya tergantung padakebijaksanaan pimpinan, biasanya 1,5 – 2%

PENGERTIAN ETIKA PROFESI


Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia etrbitan departemen pendidikan dan kebudayaan (1988) merumuskan etika dalam tiga arti sebagai berikut :
  • Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk
  • Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
  • Nilai mengenai benarsalah ang dianut masyarakat

PEMUTUSAN HBUNGAN KERJA (PHK)


PHK adalahpengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha. Jika kita mendengar istilah PHK, yang biasa terlintas adalah pemecatan sepihak oleh pihak pengusaha karena kesalahan pekerja. Karena selama ini singkatan ini memiliki konotasi negative. Padahalkalu kita tilik definisi di atas yang diambil dari UU No. 13/2003 tentang ketenagakerjaan, dijelaskan PHK Dapat terjadi karena bermacam sebab. Intinya tidak persis sama dengan pengertian dipecat.

Saturday, January 25, 2014

NEWSLETTER ASTON TROPICANA BANDUNG

Aston Tropicana Hotel adalah hotel berbintang 4 yang terletak di jalan cihampelas bandung. dimana letaknya tersebut sangat strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum ataupun pribadi. letaknya yang dekat dengan pusat perbelanjaan jeans dan oleh-oleh khas bandung sangat cocok untuk para tamu luar kota atau tamu yang sedang melakukan meeting dari luar kota. ditambah adanya pusat kaula muda yaitu CIWALK juga semakin melengkapi kunjuangan para pelancong di kota kembang ini.
di awal tahun ini aston tropicana bandung telah mengeluarkan newsletter terbaru untuk menawarkan 


FUNGSI PENGARAHAN / ACTUATING

Actuating merupakan cara membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha pengorganisasian.
(G.R. Terry).

Pokok Masalah Pengrahan / Actuating :

  • tingkah laku manusia (cara jadi pemimpin)

Friday, January 24, 2014

MAHAMAYA HOTEL, PURI GARDEN HOTEL & CIBUBUR JUNCTION OPEN CAREER

MAHAMAYA **** GILI Meno

We have vacancy position for working in MAHAMAYA **** GILI Meno, such as :
1. Roomboy with experience min 1 year
2. Bartender with experience min 1 year
3. Restaurant captain with experience min 2 year
3. Receptionist with experience min 1 year

4. Reservation with experience min 2 year
5. General Accounting with experience min 2 year
6. F & B Manager with experience min 2 year

All staff category or position should able can speaking english

Please sent your CV details to : mahamaya1@live.com and cc to : fiyans80@yahoo.com

Ps: please check our profile company in our website to make sure you have all information, thanks for your attend and cooperation.

HOTEL PERTIWI, HOTEL ARIA BARITO & JAVANA BISTRO OPEN CAREER


PERTIWI RESORT UBUD , PERTIWI BISMA 1, PERTIWI BISMA 2 (****)
Currently need :
1. OM (Operation Manager) Handle Bisma 1 and 2
2. Cook (1 person)
3. Pastry (1 person)
4. Driver
5. GSA
Please sent e-mail to dewaputra178@gmail.com. Valid until end of January 2014

CONTOH BANQUET EVENT ORDER

Pegangan utama banquet team dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari adalah banquet event order (BEO). 
BEO ini diserahkan oleh sales and marketing department ke banquet yang sebelumnya telah melakukan persetujuan dengan klien yang akan melaksanakan meeting. tidak semua rencana yang diharapkan tamu berjalan dengan lancar, maka dari itu banquet staff harus siap kapanpun untuk melakukan perubahan layout jika itu adalah request langsung dari tamu

Thursday, January 23, 2014

MENJADI PENDENGAR YANG BAIK


Mendengar itu penting. Banyak pemimpin yang gagal karena tidak mendengarkan. Hukum komunikasi berkata seseorang berbicara, sehingga mengganggu pikiran seseorang”

Mendengar itu sulit, mengapa ??

·         Gangguan dari luar dan dalam
·         Pesan diterima melalui saringan pengalaman dan prasangka
·         Hanya mendengar hal yang menarik
·         Pembicara kurang cakap (membosankan)
·         Isi kurang bermutu yaitu cara berpikir yang kacau, tidak ada struktur, pemilihan kata yang tidak serasi

DEFINISI KOMUNIKASI


Arti komunikasi menurut para ilmuwan
  • Drs.h.malayu hasibuan

Suatu alat untuk enyampaikan perintah, laporan, berita, ide, pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan agar diantara mereka terdapat interaksi
  • Haroold koontz &Cyril o donnel

Wednesday, January 22, 2014

MENGENAL MENU TABLE MANNER


Berikut adalah beberapa jenis makan pagi atau breakfast secara garis besarnya dapat dikelompokkan sebagai berikut :

·         Continental breakfast
1.       Fresh fruit slice or fruit juice
2.       Choice of breads or toast with butter and jam
3.       Coffee or tea

PENGERTIAN TABLE MANNER


Apa itu table manners?

Secara harfiah table adalah meja dan manners adalah tatacara / etika.
Table manners adalah suatu tatacara atau etika makan dan minum yang baik dan benar di meja makan dalam menghadapi suatu perjamuan yang mencakup :
·         Penampilan
·         Sikap / bhasa tubuh
·         Tutur kata
·         Sopan santun
·         Penggunaan alat makan

BUDAYA PERJAMUAN A'LA INTERNATIONAL (TABLE MANNERS)


Dalam pergaulan dan dunia bisnis dewasa ini, pengetahuan mengenai tatacara yang baik dan benar di dalam suatu jamuan makan merupakan salah satu kunci keberhasilan. Ada suatu cara tersendiri atau etika dalam suatu jamuan makan yang telah dibakukan secara international. Etika tersebut umumnya dikenal dengan istilah “table manners”

Monday, January 20, 2014

PENGERTIAN PUBLIC AREA SECTION


Adalah bagian dari area umum yang merupakan tugas dan tanggung jawab Housekeeping department dalam menjaga kebersihan , kerapihan , keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, baik itu di luar gedung atau di dalam bangunan hotel .

Dalam Public Area Attendant terdiri dari :
  1. House man : staf yang menjaga kebersihan di area umum hotel seperti lobi , ruang istirahat, restoran , ruang perjamuan
  2. Gardener : staf Housekeeping yang menjaga kebersihan , keindahan dan kerapian daerah umum di luar hotel. Seperti , taman , taman , merawat bunga

Sunday, January 19, 2014

SAHID GROUP, D'MALEO, DAN PRANAYA SUITE HOTEL OPEN CAREER

Sahid Hotel

WALK-IN INTERVIEW 20 - 24 Januari 2014
SAHID TRAINING & RECRUITMENT SERVICES
PT. STARS TEKAD

Group Sahid Hotel - Divisi Pendidikan & Perekrutan Tenaga Kerja
Jl. Tanah Abang I no. 12JJ, Kec. Gambir, Jakarta Pusat
Phone: 021-348.302.42
Busway turun di Halte monas jalan ke arah dekat Kantor Walikota Jakarta Pusat/dekat museum prasasti.

Saturday, January 18, 2014

PENGERTIAN DAILY RECEIVING REPORT


Daily receiving report adalah laporan dari bagian receiving  yang berisi semua jenis bahan / barang yang diterima dari pemasok berdasarkan receiving slip yang telah dibuat berdasarkan daily sales report yang  terdiri dari :

1 . Bahan & kebutuhan 
2 . food and beverage 

SIFAT PENGHAMBAT KARIR

Kritis tanpa solusi

Seorang atasan tentu menginginkan manager yang dapat menyelesaikan masalah, bukan sebaliknya. Orang yang sering menyalahkan orang atau factor lain atas ketidakberhasilan, bukanlah seseorang yang tepat menjadi seorang manager. Sikap ini akan member nilai negative. Atasan menginginkan manager yang dapat mengenali salah sekaligus mengatasi krisis di perusahaannya.

Friday, January 17, 2014

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB EXC. HOUSEKEEPER

TANGGUNG JAWAB JABATAN

1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan, keindahan dan kenyamanan seluruh lingkungan dan area hotel, meliputi :
- Kamar tamu hotel.
- Koridor setiap lantai.
- Public Area (lobby, restaurant, Pub/Lounge).
- Taman/garden (seluruh tanaman baik yang ada di pot maupun di hotel termasuk rumput).
- Seluruh office area (utility termasuk locker karyawan).

PERBEDAAN SALES DAN MARKETING

Sales and marketing department merupakan department yang bertanggung jawab atas proses penjualan produk dan jasa milik hotel. Sales sendiri merupakan proses penjualan produk atau jasa dari produsen ke konsumen sedangkan marketing adalah ilmu yang mempelajari agar proses penjualan dari produsen ke konsumen berhasil melalui aspek :