Klik Di Sini

Monday, January 20, 2014

PENGERTIAN PUBLIC AREA SECTION


Adalah bagian dari area umum yang merupakan tugas dan tanggung jawab Housekeeping department dalam menjaga kebersihan , kerapihan , keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, baik itu di luar gedung atau di dalam bangunan hotel .

Dalam Public Area Attendant terdiri dari :
  1. House man : staf yang menjaga kebersihan di area umum hotel seperti lobi , ruang istirahat, restoran , ruang perjamuan
  2. Gardener : staf Housekeeping yang menjaga kebersihan , keindahan dan kerapian daerah umum di luar hotel. Seperti , taman , taman , merawat bunga
Syarat Seorang Public Area

Dasar-dasar perilaku
  • disiplin
  • Memiliki rasa hormat untuk diri sendiri , teman, dan leaders
  • loyalty
  • Melakukan pekerjssn yang baik
  • trust worthy
  • Mengikuti arahan dari atasan
  • mengutsmsksn Keamanan untuk bekerja bersama
  • dapat memotivasi diri
Sikap Dasar Public Area Attendant
  • Lebih baik bekerja relationships
  • Lebih percaya diri dengan diri sendiri dan orang lain
  • Peningkatan pertanggung jawaban pribadi.
  • Peningkatan control diri
  • Hemat waktu dan pekerja keras
  • Memenuhi kebutuhan masing-masing sebagai sorang public area
Syarat Khusus Public Area Attendant
  • Bersih dan Tidy. 


Public Area harus terlihat bersih dan rapi baik dari pakaian dan dari dirinya sendiri untuk memberikan citra yang baik dari PA yang berhubungan langsung dengan tamu .

  • fragrant 


tempat umum harus harum seperti PA untuk melayani di semua bidang agar tidak mengganggu tamu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan .

  • Cepat dan Responsive 


publik area harus mampu bekerja dengan cepat agar tidak mengganggu para tamu terlalu lama dan responsif terhadap kotoran sehingga tidak ada satu daerah yang telah dibersihkan masih ada kotoran kiri dan responsif saat membersihkan menggunakan benda berat dan instalasi tertentu tanda-tanda seperti " lantai basah " agar tamu tidak berbahaya .

  • Memiliki cukup pengetahuan tentang wilayah


publik area Hotel harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang hotel terutama jika fasilitas dalam rangka ketika ditanya oleh tamu untuk memberikan informasi .

  • Ramah Dan Polite 


publik area harus bersikap sopan dan ramah setiap saat terutama ketika diminta sejenak atau ingin mengganggu tamu dan ramah kepada semua karyawan dalam rangka membangun hubungan yang baik karena PA selalu akan bekerja berdampingan dengan departemen lain .

  • Mura senyum


Public area harus memiliki senyum setiap saat kepada para tamu terutama saat melakukan greeting agar tamu merasa senang melihatnya .

  • 7 . Rajin Memberikan Greetings 


Publik area  harus rajin memberi salam seperti " selamat pagi " sehingga tamu merasa diperhatikan .

Houseman

Houseman adalah petugas yang bertanggung jawab untuk kebersihan dan pemeliharaan lingkungan secara keseluruhan di dalam ruangan .

Pembagian tugas dalam bagian ini adalah sebagai berikut :
  • Kelompok karya awal ( morning shift ). pekerjaan pembersihan sebagian besar dilakukan di pagi hingga siang hari hari.jumlah houseman yang melakukan pembersihan di pagi hingga siang hari Lebih dilakukan daripada malam .
  • kelompok sore ( afternoon shift ). pemeliharaan kebersihan harian , berkelanjutan dengan tujuan untuk menciptakan suasana bersih, rapi , dan Kebersihan hygiennes.pemeliharaan di sore diadakan pada pergeseran kelompok kerja malam.
Tugas shift sore adalah sebagai berikut :
  1. Menjaga dan melanjutkan tugas-tugas rutin dalam kelompok pagi.
  2. Membersihkan dan merapikan sekitar manajemen kantor setelah waktu berhenti .
  3. Kontrol kebersihan lobi , asbak , dan sampah .


  • Kelonpok malam ( evening shift ). Kelompok kerja ini selain untuk membersihkan tempat-tempat tertentu juga melakukan pembersihan menyeluruh . Kegiatan ini disebut pertemuan umum yang diselenggarakan pada malam hari sehingga tidak mengganggu tamu hotel lain dan tidak mengganggu kenyamanan . 
Kegiatan ini meliputi :

  1. Pelaksanaan cuci karpet lobby , restoran dan bar .
  2. Membersihkan tangga , jalan dan lobi dinding .
  3. Membersihkan ruang pertemuan , perjamuan setelah pesta atau acara selesai .
  4. Membersihkan ruang ganti karyawan.
Gardener

Bagian ini bertanggung jawab untuk taman secara keseluruhan baik yang ada di dalam dan di luar hotel . Membuka ruang dengan taman yang indah adalah sangat diperlukan . Intinya adalah untuk memberikan kesan yang baik kepada para tamu . di Sekitar pintu masuk hotel ( pintu masuk utama ) biasanya dibuat dalam sistem taman sedemikian rupa agar terlihat menarik. Petugas taman ( tukang kebun ) perlu mengetahui fungsi dan nilai estetika. Gardener dapat berusaha agar taman tampak indah , Menarik dan memiliki seni. Tugas nilai dan semua tanggung jawab terletak pada head of gardener dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tukang kebun . 
Tugas pekerjaan utamanya adalah sebagai berikut :
  • Merawat tanaman dan memupuk
  1. mengelola tanah
  2. pupuk CropS
  3. menyiram plants tersebut serta pemangkasan tanaman
  • Mengatur penempatan dan pemeliharaan tanaman Tanamam meliputi
  1. Menukar tanaman yang ada di rumah kaca untuk dibawa ke kebun dan di rawat
  2. Pasang pot tanaman yang baik dan bersih atau kotak tanaman hijau
  • Tanaman , tugas ini meliputi”:


  1. Menstek
  2. grafting
  3. penanaman seedlings
  4. Membeli plants baru. Menjaga tanaman yang ada di rumah kaca .

Hubungan PA Section Lain di House Keeping
  • Kerjasama dengan Bagian floor section
  1. Berikan perintah kerja untuk PA tersebut
  2. Membantu mencocokkan perintah kerja yang diterima
  • Kerjasama dengan Linen dan Uniform
  1. Menyiapkan seragam bersih, rapi dan fragrant
  2. Perbaiki seragam jika robek atau damaged
  3. Ambillah rapi dan dimasukkan ke dalam tempat yang disediakan setelah mengenakan uniform . Linen dan Uniform menginformasikan tentang pakaian rusak atau robek
  • Kerjasama dengan Bagian Laundry
  1. Membersihkan seragam sehingga harum dan bersih
  2. Membersihkan alat-alat kerja seperti PA bawaan lap
  3. Memberitahu Anda jika ada bagian cucian Anda inginkan laundry
  4. Pasang alat kerja standar seperti lap ke tempat yang disediakan bagian binatu


Hubungan PA Dengan Departemen Bagian Lain 
  • Kerjasama dengan FB Service
  1. Mengambil makanan dan peralatan minuman yang digunakan di ruang tamu tamu seperti meja di lobi dan restaurant
  2. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di restoran , serta mengurangi itu jika tidak diperlukan lagi.
  3. Pelaporan kepada pelayan jika ada item ( sendok , piring, cangkir , dll ) yang digunakan oleh tamu yang akan diambil .
  4. Menyampaikan kepada pelayan , ketika memesan makanan dan minuman dari tamu .
  • Kerjasama dengan banquet
  1. Send " Banquet Event Order" ke PA untuk membuat lay out di Ruang Rapat .
  2. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di Ballroom Hall atau perjamuan atau Ruang Rapat . , Dan mengurangi itu jika tidak diperlukan lagi.
  3. Beritahu PA untuk membuka lay out jelas ruangan jika acara selesai .
  4. Menyediakan , memelihara dan menyimpan persediaan kain yang digunakan seperti Makanan dan Minuman Departemen seperti :· Tabel linen ( taplak meja ) · Napkin ( serbet ) · Alas meja di bawah taplak meja ( multon )
  5. Perjamuan membantu membuat lay out di Banquet Hall .
  • Kerjasama dengan sales marketing
  1. Beritahu PA , kapan akan diadakan confrensi , seminar , lokakarya , dan pertemuan koordinasi lainnya di Hall Conference , Function Room atau Kamar Pemasaran .
  2. Beritahu PA jika ada perubahan jumlah peserta serta lay out , untuk menentukan jumlah susunan meja / kursi di ruang .
  3. Pemasaran dan kantor membersihkan kamar / fungsi yang akan digunakan untuk pertemuan . D . Lakukan perubahan lay out seperti yang diinginkan oleh buku tamu .
  • Kerjasama dengan Enginnering
  1. Perbaikan mesin yang digunakan oleh PA .
  2. Melaksanakan pekerjaan yang diinginkan oleh PA berdasarkan WO ( work order ) yang diterima .
  3. Memasang alat mesin sebagai Housekeeping solusi Department.
  4. Menginformasikan cara pengoperasian perangkat dan bagaimana memperlakukan mereka .
  5. Instalasi peralatan untuk acara rapat dan pertemuan-pertemuan lainnya .
  6. Dilaporkan kerusakan yang terjadi di tempat kerja seperti kerusakan alat-alat kerja , mesin , dan others.
  7. Membuat dan mengirim WO (work order) kepada Departemen Teknik untuk memperbaiki kerusakan , membuat fasilitas kerja yang dibutuhkan oleh Departemen Housekeeping .
  • Kerjasama dengan Keamanan
  1. Memberikan keamanan untuk area kerja dan memantau seluruh PA dalam rangka untuk menghindari hal yang tidak diinginkan untuk memantau masuk dan keluar serta tamu dari dan ke hotel dan menyaksikan tamu yang mencurigakan .
  2. Melakukan " body checking " karyawan yang pulang setelah tugas dan menangani barang-barang yang hilang .
  3. Laporan kepada keamanan jika ada yang mencurigakan , memberitahukan keamanan jika ada VIP check-in , serta berapa banyak kamar akan ditempati .
  4. Beritahu keamanan dan melaporkan jika barang bawaan keluar hotel ( housekeeping terutama) untuk tujuan keluar sisi carteting , pertemuan dan lain-lain .

No comments: