Klik Di Sini

Thursday, January 23, 2014

MENJADI PENDENGAR YANG BAIK


Mendengar itu penting. Banyak pemimpin yang gagal karena tidak mendengarkan. Hukum komunikasi berkata seseorang berbicara, sehingga mengganggu pikiran seseorang”

Mendengar itu sulit, mengapa ??

·         Gangguan dari luar dan dalam
·         Pesan diterima melalui saringan pengalaman dan prasangka
·         Hanya mendengar hal yang menarik
·         Pembicara kurang cakap (membosankan)
·         Isi kurang bermutu yaitu cara berpikir yang kacau, tidak ada struktur, pemilihan kata yang tidak serasi


Manfaat aspek dalam berbicara

·         Gunakan expresi wajah, kontak mata, gerak isyarat dan usahakan jangan gugup
·         Libatkan beraksi bagaimana mengatasi kesulitan mendengar dan kepada pendengar juga
·         Jelaskan dengan alat peraga, diktat, pengalaman mendengar

Hambatan mendengar

·         Sibuk dengan diri sendiri
·         Sibuk dengan masalah eksternal
·         Asimilasi / mendengar orang yang tidak dia sukai yang menyebabkan adanya prasangka
·         Factor kawan / lawan menyebabkan pemikiran buruk pada pembicara
·         Mendengar yang diharapkan, terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan

Hakikat mendengar

·         Proses aktif menerima rangsangan telinga
·         Proses aktif menuntut tenaga dan komitmen
·         Listening berbeda dengan hearing
·         Mendengar mencakup banyak hal

Jenis mendengarkan

·         Untuk kesenangan (mendengar radio, tv )
·         Untuk informasi (kuliah, berita)
·         Untuk membantu ( mendengar keluhan atau curhat )

Mendengarsecara parsitipasif

·         Berusaha mendengarkan danmelibatkan sesuai keadaan
·         Lawan sumber gangguan
·         Jangan melamun
·         Menggunakan waktu senggang untuk menyimpulkan
·         Asumsikan bahwa topic yang dibicarakan bermanfaat

Teknik mendengar aktif

·         Mengulama pemikiran pembicara
·         Menggunakan perasaan dan pemikiran, jangan telinga saja yang digunakan nanti bisa masuk kanan keluar               kiri
·         Ajukan pertanyaan

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang artinya sama, apa yang diharapkan pembicara sama apa yang didengar pendengar.
Perlu diketahui bahwa “jika ingin menjadi pembicara yang baik maka jadilah pendengar yang baik”. “efektif leadership adalah efektif komunikatif”

No comments: