Klik Di Sini

Monday, January 27, 2014

BAR PERSONEL (PETUGAS BAR)


Untuk memulai operasionalnya dengan baik. Maka suatu bar harusah dilengkapi dengan para petugas bar. Mengenai jumlah petugas bar yang diperlukan akan tergantung pada jenis bar itu sendiri. Persyaratan keahlian akan ditentukan kemudian. Kecuali kalau sudah ada persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang bartender. Misalnya license bartender, sehingga disetiap bar akan dijumpai bartender yang ahlidan terlatih.

Pada bar yang bertaraf international biasanya memiliki karyawan yang lengkap dan susunan organisasinya pun teratur dengan baik dan lengkap yaitu :


1.       Bar manager
2.       First bartender
3.       Second bartender
4.       Bar waiter / waitress
5.       Bar boys

Sedanglan pada ar yang kecil kadang-kadang karyawannya hanyalah terdiri dari bartenderdan bar waiter saja. Mengenai penamaan istilah banyak sekali istilah yang dipakai, misalnya :

·         Bar manager disebut chief bartender
·         First barteder disebut bar captain

Yang penting dalam hal ini haruslah adanya unsure atau orang yag bertanggung jawab sebagai kepala dan orang yang melakukan tugas sebagai pelaksana operasional. Untuk lebih mudahnya, dapat dilihat struktur organisasi bar yang bertaraf international, namun harus diingat bahwa susunan ini bukan merupakan suatu yang mutlak harus digunakan dalam suatu operasional bar, karena susunan ini hanyalah dipakai dalam bar standart international.

No comments: