Klik Di Sini

Wednesday, February 05, 2014

LOWONGAN KERJA HOTEL DI SURAKARTA DAN SUKABUMI


  • WALK IN INTERVIEW
The Royal Surakarta Heritage
We are seeking for competence individuals for the position of:
» Executive Housekeeper
» HK Supervisor
» Sales Executive
» Front Desk Agent
» 6 (six) Daily Worker Room Attendant
Bring your complete resume on Monday, 10 February 2014, 10.00 - 16.00 WIB at Mezzanine Floor The Royal Surakarta Heritage
Jl. Slamet Riyadi No. 06 Surakarta




  • UP DATE JOB VACANCY :
The MaxOne Bounty Hotel Sukabumi, West Java of Indonesia..
The New 3 Star Hotel managed by MPHG, looking for a talent to join and growing with us..
We are open job vacancy, for available positions :
1. Sales Manager ( SM/ female/ min exp 2 years )
2. Banquet Controller/ Captain ( B-Capt/ male or female/ min exp 2 years )
3. Front Office Supervisor ( FO-Spv/ male/ min exp 2 years 
4. Front Desk Agent ( FDA/ male or female/ min exp 1 years )
5. Telephone Operator ( OT/ female/ min exp 1 years )
6. Night Audit ( NA/ male/ min exp 2 years )
7. Room Attendant ( male/ min exp 1 years )
please send your Application Letter & updates CV to email address : aristomario.mphg@gmail.com 
the latest February 15, 2014 

Warmly,,..

LOWONGAN KERJA HOTEL SENTANI


Job Vacancy...

We are seeking candidates to join our team for below positions:

- HR Manager
- Sales Executive (female)
- Receptionist (male)

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI PEKANBARU

CAREER OPPORTUNITIES
THE ONE & ONLY

A Truly Five Star Hotel & Apartment in Pekanbaru, Riau Province, we are looking for dynamic, self motivated, has a pleasant personality with the adequate experience, appropriate profile for the following positions :

Head of Departement
1. Finnacial Controller
2. Dir. Of Sales & Marketing
3. Room Division Manager
4. Director of HR
5. F & B Director

Tuesday, February 04, 2014

LOWONGAN KERJA DI BEBERAPA HOTEL BERBINTANG


  • Zenith hotel Kendari by Adonara looking for : RDM , FOM, CHEF, SMM, send your application to gm@zenith-hotels.com. A.S.A.P
  • ASTON PLUIT HOTEL AND RECIDENCE is Looking For : FB Manager. (2 years experience similar position) Interested sent cv to hrm@astonpluit.com
  • J HOTEL - BANDARA SOEKARNO HATTA, invite qualified candidates to FOOD & BEVERAGE MANAGER, THE POSITIONS and join us immediately: The candidates should have previous experience in 3, 4 or 5 star international hotels. Able to communicate in English is a must. Application Letter + CV and recent photograph to be sent to E-mail: hrm@jhoteljakarta.com

LESSON 2 : MEMAHAMI PRESENT CONTINUOUS TENSE

Present continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang benar-benar dilakukan pada saat ini atau sekarang. Tense ini berfungsi untuk menunjukkn bahwa yang sedang diajak bicara sedang melakukan sesuatu.

Rumusnya untuk kalimat positive adalah sebagai berikut :

CONTOH :
1.       I am eating noodle
2.       We are studying English
3.       She is sitting on the chair

Untuk kalimat negative, hanya menambahkan “not” di belakang to be

CONTOH :
1.       I am not eating noodle
2.       We are not studying English
3.       She isn’t sitting on the chair

Untuk kalimat Tanya, pindahkan “to be” di depan subjek

CONTOH :
1.       Are you eating something?
2.       Is she making up her face?
3.       Are they cooking food?

NOTE :
Ada sejumlah kata kerja  (verb) tertentu yang tidak bisa digunakan dalam present continuous tense meskipun tindakannya benar-benar dilakukan pada saat ini, dan sebagai gantinya maka dapat menggunakan kalimat dalam present tense. Verb tersebut antara lain see, hear, smell, forget, remember, know, understanding, want, hate, like, care, dsb.

Contoh :
1.       I know the lesson now  bukannya  I am knowing the lesson now
2.       Do you understand now ?  bukannya  are you understanding now?

GROOMING SEORANG BARTENDER


Penampilan yang baik, keramah tamahan dan senyuman adalah syarat mutlak dan penting bagi karyawan bar, karena keberhasilan dan kemajuan bar tergantung pada factor tersebut. Perlu diingat bahwa kesan pertama adalah menentukan sehingga keramah tamahan dalam melayani sangat memegang peranan penting.

Penampilan karyawan bar :

1.       Sikap selalu tegak berdiri namun tidak kaku
2.       Rambut tidak gondrong dan rapi, untuk waitress beramput panjang sebaiknya menggunakan harnet
3.       Jenggot dan kumis tercukur rapi

Monday, February 03, 2014

CARA MELIPAT NAPKIN

Napkin folding merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang waiter selain table setting. napkin digunakan sebagai lap mulut ketika makanan berada di bibir mulut. pada saat makan, napkin di letakkan di atas paha sebagai penutup agar makanan tidak jatuh dan mengotori pakaian kita. selain sebagai lap mulut, napkin juga berfungsi sebagai isyarat bahwa kita masih melanjutkan untuk makan. misalnya, seorang tamu yang sedang makan tiba-tiba ingin pergi ke toilet namun dia masih ingin melanjutkan makannya, maka dia meletakkan  napkinnya di atas sandaran kursi tempat ia duduk. sebagai waiter yang professional, dia mengetahui bahwa tamu yang sedang pergi tersebut masih akan melanjutkan makannya.

LESSON 1 : SIMPLE PRESENT TENSE


Meski “present” berarti sekarang, namun hal ini yang ditafsirkan bahw tindakan tersebut dilakukan pada saat ini. Tensw ini digunakan untuk sesuatu yang bersifat tetap, kebiasaan/kebenaran yang hakiki menyangkut kejadian di waktu lampau, sekarang dan akan dating. Tense ini paling sediit mempunyai keterangan waktu tertentu. Kalimat bahasa inggris umumnya harus mempunyai subjek dan predikat, karena itu semuaa tense akan diformulasikan seperti itu

Rumusnya untuk kalimat POSITIF : 

CONTOH :
1.       A postman deliver letter
2.       He eats rice
3.       I study English every night

Sunday, February 02, 2014

MEMAHAMI TENSES BAHASA INGGRIS


Tenses adalah bentuk dari kata kerja yang menunjukkan waktu suatu tindakan dalam kalimat bahasa inggris, seperti lampau, sekarang dan yang akan datang. Bahasa inggris mempunyai tiga pembagian waktu yakni past (lampau), present (sekarang) dan future (akan datang). Berdasarkan pembagian waktu tersebut dibentuklah tiga kelompok tense utama yang masing-masing dirinci lagi untuk menyatakan tindakan dalam waktu yang lebih spesifik. Tense tersebut adalah sebagai berikut :

·         Present
1.       Simple present tense
2.       Present continuous (progressive) tense
3.       Present perfect tense
4.       Present perfect continuous tense

ETIKA YANG BERKEMBANG PADA UMUMNYA


Jika etika dihubungkan dengan moral, kita akan berbicara tentang nilai dan norma yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat. Dan jika dilihat berdasarkan nilai dan norma yang terkandung di dalamnya, etika dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu etika deskriptif dan etika normative

Etika deskriptif
Etika deskriptif merupakan etika yang berbicara mengenai suatu fakta, yaitu tentang nilai dan pola perilaku manusia terkait dengan situasidan realitas yang membudaya dalam kehidupan bermasyarakat.

Etika normative
Merupakan etika yang memberikan penilaian serta himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Perbedaannya dengan etika deskriptif adalah bahwa etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku yang akan dilakukan, sedangkan etika normative memberikan penilaian sekaligus memberikan norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

Saturday, February 01, 2014

HUBUNGAN ETIKA DAN HUKUM


Etika menjadi sebuah nilai yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku di dalam kehidupan kelompok tersebut. Tentunya tidak akan terlepas dari tindakan-tindakan tidak etis. Tindakan tidak etis yang dimaksud di sini ialah tindakan yang melanggar etika yang berlaku dalam lingkungan kehidupan tersebut.

Jam husada (2002) memcatat beberapa factor berpengaruh pada keputusan atau tindakan-tindakan tidak etis dalam sebuah perusahaan, antara lain adalah :

Friday, January 31, 2014

STRUKTUR ORGANISASI HOUSEKEEPING

Housekeeping department merupakan department penghasil revenue terbesar kedua setelah food and beverage. Namun meski demikian department ini sangat dibutuhkan dalam perkembangan hotel, khususnya yang berorientasi pada penjualan kamar. pada saat week end housekeeping akan kewalahan melayani tamu yang akan check in sementara tamu yang diharapkan check out (expected departure) masih berada di dalam kamarnya, bagi seorang room attendant itu adalah tantangan yang cukup menantang. besar kecilnya struktur organisasi housekeeping tergantung pada jumlah kamar yang dimiliki hotel itu sendiri, semakin sedikit kamar yang dimiliki, semakin banyak pula karyawan yang double job, begitu juga sebaliknya. berikut adalah salah satu contoh  struktur organisasi housekeeping department :

MEMAHAMI "WHO AM I???"


WHO AM I???
“Who am I” adalah sebuah kalimat Tanya yang ditanyakan pada diri kita sendiri. Hal ini dimaksukan agar dirinya sendiri tersebut dapat menemukan kelebihan apa yang ada pada dirinya dan bagaimana caranya  untuk menutupi kekurangan yang dimilikinya. Dengan mengetahui “who am I” itu dapat menjadikan seseorang tersebut menjadi menjawabnya “ I am a boss”. Ungkapan seperti itu dapat menambah motivasi setiap orang yang sedang bersemangat untuk melakukan pekerjaanya. Bahkan ada yang bilang ucapan adalah doa. “I am a boss” akan menjadi doanya setiap harinya dan itu akan menambah motivasi bahwa ia nanti akan benar-benar menjadi seorang bos. Berikut adalah suatu cara agar dapat memahami “who am I”

1.       Buatlah 25 pernyataan yang dimulai dengan kalimat “saya adalah…”
2.       Kekuatan saya adalah…(5 pernyataan)
3.       Kelemahan saya adalah…(5 pernyataan)
4.       Pengalaman yang membanggakan kehidupan saya yang akan sangat membantu keberhasilan study saya
5.       Pengalaman yang tidak menyenangkan yang akan menghambat study  saya
6.       Cita-cita saya dikemudian hari
7.       Upaya yang saya tempuh untuk mencapai cita-cit saya adalah…
8.       Membuat analisa tentang diri anda berdasarkan pernyataan-pernyataan yang telah anda buat dari nomor 1 sampai 7
9.       Motto hidup saya ADALAH…
10.   Orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan saya
a.       Secara langsung
b.      Secara tidak langsung

“SELAMAT MENCOBA”
Apapun yang anda lakukan tetaplah terus berusaha dan berdoa, jika keduanya sudah dilakukan, tindakan selanjutnya adalah Bersabar…
TUHAN SENANG DENGAN ORANG YANG BEKERJA KERAS

Wednesday, January 29, 2014

STRUKTUR ORGANISASI SALES AND MARKETING

Sebagian besar tamu yang menginap di hotel berbintang adalah tamu yang berasaldari MICE, khususnya di daerah kota. di era ini, hotel sudah tidak mengandal walk in guest lagi karena tidak banyak tamu yang melakukan itu, kecuali untuk hari-hari libursaja atau Holiday time. maka dari itu peran sales and marketing sangat dibutuhkan untuk mendongkrak keuntungan yang sebesar-besarnya. minimal untuk seorang marketing adalah mencapai budget yang di tentukan oleh manajemen. untuk mencapai tujuan tersebut maka dibuatlah  struktur organisasi sale and marketing department

STRUKTUR ORGANISASI FOOD AND BEVERAGE

Depertment DI Hotel dengan penghasil revenue terbesar adalah Food and Beverage. Food and Beverage memberikan pengaruh besar terhadap perkembngan suatu hotel., maka dari itu kemajuan dan perkembangan hotel akan bergantung pada food and beverage-nya. struktur organisasi F & B terbagi menjadi dua bagian, yaitu Service dan Product. namun demikian di hotel berbintang lima kedua bagian tersebut dipimpin oleh seorang director yang disebut sebagai Food and Beverage Director. FB Director sendiri memimpin para bawahannya seperti Exc. Chief dan FB Manager. berikut adalah struktur organisasi Food and Beverage Department 

STRUKTUR ORGANISASI FRONT OFFICE

Struktur organisasi hotel sangat berpengaruh terhadap operasional yang sedang dijalani. tidak semua hotel memiliki struktur organisasi yang sama. perbedaan tersebut di tentukan berdasarkan besar kecilnya hotel itu sendiri. semakin besar hotel tersebut maka semakin rumit pula susunan struktur organisasinya. berikut adalah salah satu contoh struktur organisasi dari front office department

Tuesday, January 28, 2014

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB STAF-STAF BARTENDER


Tugas-Tugas Bar Supervisor

1.       Menjaga lancarnya service
2.       Membantu tamu mencari kursi tempat duduk
3.       Menawarkan menerima order dari tamu
4.       Dalam keadaan sibuk membantu bartenderdalam membuat muniman
5.       Dalam keadaan sibuk membantu waiter melayani tamu
6.       Melaporkan kejadian yang berhubungan dengan pekerjaan kepada bar manager
7.       Dalam keadaan tertentu dimana bar manager absen bertindak sebagai bar manager

Tugas-Tugas Bartender

Bartenderadalah sama denga salesman dimana maju dan mundurnya suatu bar tergantung dari bartender. Seorang bartender yang bertugas malamharus menyediakan waktu untuk istirahat di waktu siang. Jika menghadapi tamu, bartender harus selalu tersenyum supaya tamu merasa senang.

Persiapan yang harus diperhatikan bartender sebelum bar di buka :
1.       Stock minuman harus lengkap
2.       Tempat es harus diisi penuh
3.       Semuanya yang diperlukan harus siap , groceries, glasses, garnish, daan lain-lain
4.       Tempat penyimpanan beer harus selalu dilihat jika kurang supaya diisi kembali dan harus dijaga agar beer selalu dingin
5.       Makanan kecil untuk melengkapi minuman juga perlu disiapkan sebelum bar di buka seperti, peanut, potato cheeps, kripik, dll.

Tugas-Tugas Bar Waiter

1.       Sebelum bar dibuka, bersihkan dan siapkan meja tamu
2.       Di atas meja harus disiapkan paper napkin, tend card, ashtray, dll
3.       Membantu bartender meyiapkan gelas bersih dan membawa minuman dari gudang
4.       Menyiapkan snack
5.       Melayani tamu dengan sopan dan jangan sekali-kali ikut campur dalam pembicaraan dengan tamu jika tidak diajak bicara
6.       Harus selalu menjaga kejujuran baik kepada perusahaan maupun kepada tamu dan teman kerja

Tugas Bar Boy

Bar boy adalah dipersiapkan untuk menjadi bar waiter atau bartender dengan demikian memiliki tugas-tugas antara lain :
1.       Membantu bar waiter mengeluarkan gelas-gelas kosong untuk dicuci
2.       Membantu waiterdalam mengeluarkan botl-botol kosong
3.       Membantu menyiapkan gelas-gelas bersih dan mengambil minumandari gudang
 Beberapa petunjuk / aturan untuk bartender
1.       Tamu harus selalu dijaga supaya tetap menjadi tamu langganan kita
2.    Harus berusaha mengingatkan pelanggan kita kalau bisa dengan memanggil namanya atau mengingat      kegemarannya dengan demikian akan merasa diperhatikan dan akan selalu datang
3.       Hadapilah semua keluhan dengan sekaligus mungkin, seperti jika tamu mengadu (complain) minuman yang kita buat kurang baik janganlah takut untuk mengamatinya dengan minuman yang baru

HUBUNGAN ETIKA, MORAL DAN NORMA KEHIDUPAN


Secara etimologis, etika dapat pula disamakan dengan moral. Moral berasal dari bahasa latin “MOS” yang berarti adat kebiasaan. Secara etimologis, kata moral sama dengan etika yaitu nilai – nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya didalam komunitas kehidupannya.

Hal senada disampaikan oleh Lawrence konhberg (1927 – 1987), yang menyatakan bahwa etika dekat dengan moral. Lawrence menyatakan bahwa pendidikan moral merupakan integrasi sebagai ilmu seperti psikologi, sosiologi, antropologi budaya, filsafat, ilmu pendidikan, bahkan ilmu politik. 

Monday, January 27, 2014

HUBUNGAN ETIKA DAN FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN


Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai interpretasi tentang hidup manusia, yang bertugas menelitidan menentukan semua fakta kongrit hingga yang paling mendasar.

Ciri khas filsafat adalah upaya dalam menjelaskan pertanyaan selalu menimbulkan pertanyaan yang baru.

Abdul kadir (2001) memperinci unsure – unsure penting filsafat ilmu sebagai berikut :
  1. Kegiatan intelektual. Bahwa filsafat merupakan kegiatan yang memerlukan intelektualitas atau pemukiran

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB BAR MANAGER


Di hotel dimana bar merupakan satu outlet dari food and beverage, maka seorang bar manager harus bertanggung jawab kepada food and beverage manager terutama mengenai maju dan mundurnya suatu bar.

Tugas sehari – hari:

1.       Melihat daftar hadir bawahannya siapa yang absen dan siapa yang terlambat hal ini penting karena jika ada yang absen akan minggu operation

2.       Memeriksa persediaan minuman yang perlu diambil lagi di gudang