Pada dasarnya
penggunaan peralatan dan bentuk dalam jenis yang berbeda tergantung pada sistem
operasi yang digunakan , kebutuhan / tujuan dan kebijakan hotel. Sistem
operasional hotel semakin canggih , alat semakin canggih juga digunakan serta
sistem operasi semi-otomatis , jangan gunakan komputer , tetapi menggunakan
alat sederhana seperti rak . Dalam manual sistem operasi & peralatan yang
tidak digunakan kecuali telepon dengan jumlah terbatas , serta meja resepsi .
a . Peralatan yang
digunakan untuk sistem hotel semi-otomatis .
Front office counter
Counter adalah meja
panjang yang digunakan untuk menerima tamu dan tempat untuk menyimpan peralatan
dan memasok sebagian besar kantor depan .
Room rack
Dalam sistem
operasional hotel semi-otomatis , rak kamar berfungsi untuk menentukan status
setiap kamar , ruang rak yang diselenggarakan oleh ruang dan tidak ada lantai
ruang , untuk mengetahui status kamar yang digunakan untuk merah kode warna
kamar diduduki ( kosong) , dan diberi tanda kertas kecil (room rack slip /
tergelincir tamu ) yang akan dimasukkan ke dalam rak untuk menentukan ruang
tamu data yang tinggal . Kuning menunjukkan ruang kosong , yang berarti kamar
kotor yang kosong dan masih kotor sehingga
tidak bisa dijual ,
warna bening untuk kamar yang bisa dijual atau kamar yang tersedia . Status
kamar lainnya seperti tidur di luar , rusak , tidak ada bagasi ditempati akan
ditandai dengan menyelipkan slip / kertas kecil yang bertuliskan statusnya SO (
Sleep Out ) , OOO ( Out Of Order) , OOS ( Out of Service ) atau ONL (
Occupied No bagasi)
information rack
Rack adalah informasi
yang berguna untuk mengetahui nama tamu yang menginap di hotel , penyusunan
nama rak ini berbasis huruf tamu . Ketika ada tamu yang check in maka Anda akan
membuat slip tamu disisipkan pada ruang rak dan informasi rak . Rak ini
biasanya terletak di operator telepon dan rumah tangga / pembantu .
Reservation rack / rak
pemesanan
Pemesanan kamar Rack
berada di reservasi, rak ini adalah tempat untuk menempatkan reservasi slip,
penyusunan rak ini berdasarkan tanggal kedatangan tamu menginap dihotel dan
jenis tamu .
Keydan Mail rack /
kunci kamar dan rak surat
Rak ini digunakan untuk
menyimpan kunci untuk kamar tamu dan pesan . Key & surat rak ini jarang
ditemukan di sebuah hotel besar dan hotel menggunakan sistem komputer . Hal ini
karena jarang digunakan ruang kunci pintu secara manual , tetapi menggunakan
kunci berbentuk kartu ( kartu kunci / kartu Ving ) sehingga tidak memerlukan
tempat khusus untuk menyimpannya . Begitu juga untuk penyimpanan surat atau
pesan ke tempat khusus karena tidak memerlukan pesan yang ada / surat untuk
tamu akan dihubungi ke kamar atau dikirim ke kamar .
b . Peralatan yang
digunakan untuk sistem / hotel komputer otomatis
computer
Sudah maju dalam usia,
penggunaan komputer sangat penting karena komputer memiliki kelebihan
dibandingkan dengan sistem manual atau semi -otomatis , keuntungan termasuk
data yang ada lebih akurat , waktu penyimpanan data lebih panjang dan lebih
cepat akses data . Sistem operasi Hotel komputer yang digunakan banyak jenis
tergantung pada kebutuhan hotel , seperti banyak hotel yang menggunakan contoh
sistem Maxial , Fidelio / Micros , Hotel Pro , realta , dll HIS .
Bill rack
Rak untuk menyimpan
tagihan bersama dengan mendukung tagihan ( bill pendukung ) itu , rak ini
didasarkan pada nomor kamar tamu .
Safe deposit box
Kotak penyimpanan /
kotak untuk menyimpan barang-barang berharga dari tamu seperti : paspor ,
dokumen , perhiasan , uang dll . Fasilitas penyimpanan ini tidak dikenakan
biaya jika tamu tetap dihotel , jika tidak tinggal dihotel biayanya jumlah sewa
tergantung pada panjang sewa safe deposit box. Brankas ini terletak tidak hanya
di dekat counter Front Office , tetapi umumnya juga tersedia di dalam ruangan .
paging board
Papan paging adalah
papan yang digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar lobi atau di restoran,
para tamu mencari jika tidak ada koneksi atau telepon untuk dia , dukungan
peralatan papan paging bel yang berfungsi untuk menarik perhatian tamu .
PIGEON HOLE
Berguna untuk menyimpan
surat / memo internal untuk hotel , semua surat yang didistribusikan ke kantor
depan akan disimpan di rak yang kemudian akan dibaca oleh semua personil kantor
depan sebagai informasi terbaru
telepHonE
Telepon bekerja sebagai
alat komunikasi bagi seluruh staf dalam hal koordinasi untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan tamu .
Fax machine / mesin fax
Fax merupakan salah
satu alat komunikasi penting digunakan dihotel , karena pada saat ini alat
media / bisnis yang paling umum digunakan dan relatif murah adalah adalah
dengan menggunakan mesin fax . Faks ini akan menerima salinan surat yang
dikirim oleh pengirim adalah persis sama seperti huruf membuat .
Key drop box
Ketika tamu tidak
berada di kamarnya ia harus meninggalkan kunci kamar di resepsi serta untuk
menghindari kehilangan penemuan kunci oleh orang lain . Penurunan kotak kunci
adalah sebuah kotak di meja dan diberi lubang kecil untuk memasukkan kunci yang
dititipkan .
PABX
PABX (Private Automatic
Branch Exchange ) adalah alat utama yang digunakan di bagian operator telepon ,
adalah alat telepon yang terdiri dari tombol dan dilengkapi dengan satu set
kepala dan speaker untuk menerima panggilan masuk atau melakukan panggilan
keluar hotel.
luggage trolley
Lugagge troley
digunakan oleh portir / pelayan yang berfungsi untuk membawa bagasi yang
relatif banyak tamu , ada beberapa macam trolley yang dikenal sebagai pelayan,
presiden , gemini .
Key encoder machine
Alat ini berguna untuk
kunci kamar Program , bagaimana menggunakan alat ini untuk memasukkan nomor
kamar dan masa berlakunya kunci yang biasanya diprogram untuk tanggal
keberangkatan , alat ini dapat membuat kunci kamar duplikat jika kamar tamu
terletak di lebih dari satu orang , jenis kunci yang ia gunakan adalah dia
kartu berbentuk kunci yang juga dapat memprogram beberapa kali untuk tamu yang
berbeda .
Kartu kredit
imprinter
Adalah alat untuk
mencetak data pada kartu kredit seperti nama , nomor kartu dan kadaluarsa kartu
. Di era sekarang , penggunaan alat ini telah jarang digunakan karena
electronic data capture ( EDC ) mesin sebagai pengganti fungsi kredit imprinter
, namun alat ini digunakan jika jalur / line mesin EDC rusak .
EDC ( Electronic Data
Capture ) Mesin
Fungsi untuk mencetak
kartu kredit tamu , jika Anda menggunakan pembayaran kartu kredit . Jika
diminta oleh dana Hotel disetujui oleh bank dan bank akan memberikan nomor
persetujuan akan tercantum pada slip / kertas kartu kredit . Jika bank tidak
setuju maka akan terlihat seperti tulisan di layar EDC kadaluarsa kartu / kartu
tidak sah atau tidak menghormati kartu tagihan karena melebihi batas yang
ditetapkan oleh bank .
c . FORM
Penggunaan bentuk
bagian kantor depan hotel adalah tidak menjadi bentuk yang sama di hotel,
tetapi kolom atau data yang ada dalam bentuk tidak terlalu berbeda , ada
formulir yang digunakan dalam dihotel lain tetapi tidak digunakan , dengan kata
lain penggunaan bentuk tergantung pada kebutuhan masing-masing hotel . Bentuk
umumnya terletak di depan kantor :
1 . Registration form
2 . Guest card
3 . meal coupon
4 . Welcome drink card
100
5 . Guest slip
6 . cash receipt
7 . Reservation form
8 . Reservation slips
9 . Reservation of
confirmation letter
10 . Errand bellhop
card
11 . luggage tag
12 . Baggage claim
check
13 . Valet parking card
14 . Change room or
rate form
15 . Sleep out form
16 . Bellhop control
sheet
17 . message form
18 . Safe deposit box
card
19 . Guest history card
20 . Foreign exchange
form
21 . Daily VIP list
22 . Today expected
arrival list
23 . Arrival list
24 . Guest in house
list
25 . Departure list
26 . No show list
27 . cancellation list
28 . Group rooming list
29 . Guest Birthday
Form
30 . Towels Form ( for
Swimming Pool)
3 comments:
Thanks sdh membantu ku
Terima kasih sudah mampir dan membaca blog sederhana ini
Terima kasih sudah membantu saya menemukan jawabannya, sangat berguna untuk laporan akhir saya
Post a Comment