Klik Di Sini

Tuesday, December 30, 2014

PENGERTIAN PENGARAHAN (ACTUATING)


Pengertian Pengarahan

Fungsi pengarahan adalah fungsi manajemen yang terpenting dan paling dominan dalam proses manajemen. Fungsi ini barudapatditerapkan setelah rencana, organisasi dan karyawan ada. Jika fungsi ini diterapkan maka proses manajemen dalam merealisasi tujuan dimulai. Penerapan fungsi ini sangat sulit, rumit dan kompleks, karena karyawan tidak dapat dikuasai sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena karyawan merupakan makhluk hidup yang punya pikiran, perasaan, harga diri, cita-cita dan lain-lainnya.


Pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatan alat-alat bagaimanapun canggih atau andalanya, barudapat dilakukan jika karyawan ikut berperan aktif melaksanakannya. Fungsi pengarahan ini adalah ibaran kunci starter mobil, artinya mobil baru dapat berjala jika kunci starternya telah melaksanakan fungsinya. Demikian juga proses manajemen, baru terlaksana setelah fungsi pengarahan ditetapkan.
Deinisi fungsi pengarahan ini dikemukakan para penulis sebagai berikut. Pengarahan adalah mengarahkan semua karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efeektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

G.R Terry :
Actuating is setting all members of the group to want to achieve and to strike to achieve the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing effort.
Pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama dan bekerja secara ikhlas dan bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.

Koontz dan o’donnel
Directing and leading are the  interpersonal aspects of managing by which subordinate are lead to understand and contribute effectively and efficiency to the attainment of enterprise objectives.
Artinya :
Pengarahan adalah hubugan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya pengaturan tehadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan pembagian pekerjaan yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata.

Jadi pengarahan adalah kegiatan yang dilakukan pemimpin untuk membimbing, menggerakkan, mengatur segala kegiatan yang telah diberi tugas dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha. Pengarahan inidapat dilakukan dengan cara persuasif atau bujukan dan instruktif, tergantung cara mna yang akan efektif. Pengarahan disebut efektif jika dipersiapkan dan dikerjakan dengan baik serta benar oleh karyawan yang ditugasi untuk itu.

Pokok-pokok yang dipelajari pada fungsi pengarahan adalah :
1.      Human behavior
2.      Human relation
3.      Communication
4.      Leadership


Saturday, December 06, 2014

PENGERTIAN PARIWISATA

Secara khusus kepariwisataan dapat digunakan sebagai alat untuk memperkecil kesenjangan saling pengertian diantara Negara-negara yang sudah berkembang, yang biasanya adalah Negara sumber-sumber wisatawan. Jika kita berpikir mengenai hungan politik, ekonomi, social dan teknologi diatara bangsa-bangsa maka kepariwisataan yang sudah direncanakan secara jitu dan berfungsi secara tepat, dapat membantu meningkatkan dan memupuk hubungan-hubungan tersebut sehingga dengan demikian akan memperluas wawasan saling pengertian di antara bangsa-bangsa.

Pada dasarnya bagian-bagian dari gejala pariwisata terdiri dari 3 unsur : manusia, tenpat dan waktu. Unsure waktu dapat bervariasi sesuai dengan jarak diantara titik pemberangkatan dengan Negara atau daerah tujuan wisata, alat transportasi yang digunakan, lamanya menginap di tempat tujuan dan sebagainya.

Inilah unsur2 yang menjadi syarat terjadinya gejala pariwisata tersebu. Namun ada factor lainnya yang dituntut untuk membedakan kegiatan patiwisata dari suatu kegiatan jalan2. Adapun factor khas tersebut  yaitu factor yang berkaitan dengan maksud bepergian, sifat sementara bepergian tersebut, penggunaan fasilitas wisata dan yang dianggap paling penting yaitu factor kenikmatan dan perasaan yang rileks berekreasi. Kita harus akui bahwa kedua factor ini bukanlah bukanlah factor kepariwisataan yang mutlak karena orang yang berpariwisata bisnis (pelajar) haruslah tetap dianggap sebagai wisatawan, meskipun dalam beberapa hal kaidah kenikmatan dan rekreasi bukanlah tujuan utama kepergian mereka.

Segi lain pariwisata hendaknya dilihat dari sudut pandangan negara penerima wisatawan. Dalam koteks ini pariwisata hendaknya dipandang suatu industry yang turut member andil dalam pembangunan social dan ekonomi, baik Negara maju dan berkembang.

Istilah industry pariwisata mungkin dianggap sebagai sebutan yang aneh bagi mereka yang menganut batasan pengertian industry klasik, yang senantiasa berarti seuatu proses dengan maksud untuk meningkatkan kekayaan.

Struktur industry dapat berbeda menurut hakikat hasil produksinya dan pasaran tempat hasil produksi itu dijual. Juga struktur industry dibedakab berdasarkan bahan baku yang dignakan dan kondisi tempat bahan itu diolah

Titik berat perekonomian dewasa ini sedang beralih dari industry klasik, zaman revolusi industry dan industry abad ke-19, menuju suatu era industry yang sama sekali berbeda dan baru, yang didasarkan pada ilmu2 baru, teknologi canggih dan cara berpikir yang sama sekali lain tentang arti pertumbuhan ekonomi. Industri yang baru ini mempunyai dimensi2 dan perepsi2 yang bervariasi pula.

Pariwisata adalah salah satu dari industry gaya baru tersebut, yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan taraf hidup dan dalam mengaktifkan sector produksi lain di dalam Negara penerima wisatawan. Lagipula pariwisata sebagai suatu sektor yang kompleks, meliputi industri2 dalam arti yang klasik, seperti misalnya industry kerajinan tangan dan industry cendera mata. Penginapan dan transportasi secara ekonomi juga dipandang sebagai industry.

Kepariwisataan juga dapat dianggap sebagai suatu profesi yang memiliki kaidah2 dan kode etiknya sendiri. Profesi ini harus diarahkan untuk memberikan fungsi tertentu di dalam masyarakat pada umumnya berkaitan dalam upaya memajuikan kontak2 manusiawi dan integritasi social di dalam negara2 tertentu atau antar beragam Negara, untuk meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi. Funsi ganda ini meniscayakan suatu latar belakang intelektual yang luas dan pendidikan atau latihan yang khusus agar para professional mampu menyesuaikan diri dari perubahan ilmu dan teknologi di dalam bidang ilmu pariwisata.

Berikut adalah beberapa pengertian dari pariwisata :

 Menurut A.J. Burkart dan S. Medik (1987)
Pariwisata adalah perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan- tujuan diluar tempat dimana mereka biasanya hlidup dan bekerja dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu.

-Menurut Hunziger dan krapf dari swiss dalam Grundriss Der Allgemeinen Femderverkehrslehre, menyatakan pariwisata adalah keserluruhan jaringan dan gejala-gejala yang berkaitan dengan tinggalnya orang asing disuatu tempat dengan syarat orang tersebut tidak melakukan suatu pekerjaan yang penting (Major Activity) yang memberi keuntungan yang bersifat permanent maupun sementara.

-Menurut Prof. Salah Wahab dalam Oka A Yoeti (1994, 116.). Pariwisata dalah suatu aktivitas manusia yang dilakukan secara sadar yang mendapat pelayanan secara bergantian diantara orang-orang dalam suatu Negara itu sendiri/ diluar negeri, meliputi pendiaman orang-orang dari daerah lain untuk sementara waktu mencari kepuasan yang beraneka ragam dan berbeda dengan apa yang dialaminya, dimana ia memperoleh pekerjaan tetap.


Thursday, December 04, 2014

BAGAIMANA MENJADI SEORANG PENDENGAR YANG BAIK???

Beberapa orang dilahirkan dengan keterampilan menjadi pendengar yang baik dan beberapa lainnya harus memperbaikinya. Ini adalah keterampilan yang besar untuk dimiliki. Tidak hanya membuat orang merasa seolah-olah Anda tertarik pada apa yang mereka katakan, tapi itu adalah kualitas yang sangat menawan bagi seseorang.

Berikut beberapa tips untuk menyempurnakan keterampilan mendengarkan Anda dan menjadi pendengar yang baik:

1.      Ajukan pertanyaan

Bertanya adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Ketika seseorang memberitahu Anda cerita tentang perjalanan mereka ke Moskow, ajukan beberapa pertanyaan kepada mereka tentang apa yang mereka lakukan, yang mereka temui dan hal-hal menarik lainnya. Jika Anda hanya duduk dan tidak mengatakan sepatah kata pun, mereka akan berpikir bahwa Anda memikirkan hal lain dan mengabaikannya.

2.      Berhenti mengatakan "Saya mengerti" dan "Okay" secara berulang

Mengatakan dua kata itu secara berulang terdengar seperti Anda tidak tertarik dengan apa yang mereka katakan. Anda menjawab seperti itu mungkin merupakan cara tercepat untuk mengakhiri percakapan. Ini cukup menjengkelkan ketika seseorang tengah bercerita dan Anda hanya menjawab "Saya mengerti" dan "Okay" di setiap kalimatnya.

3.      Buat upaya besar untuk menyerap informasi yang disampaikan

Ketika Anda terlibat dalam percakapan, upayakan diri untuk mendengarkan apa yang mereka katakan. Dengarkan kata per kata dalam percakapan sehingga Anda mengerti apa yang ia sampaikan.

4.      Lihat mata lawan bicara Anda

Ketika Anda melihat kedua matanya, ini menunjukkan bahwa Anda fokus dengannya dan apa yang ia katakan. Bukan melihat tanaman di ruangan yang perlu disiram atau pajangan dinding.

5.      Jangan mengganti topik pembicaraan di tengah-tengah percakapan

Jika seseorang penuh semangat bercerita tentang kakaknya yang baru memiliki bayi dan Anda mengatakan: "Saya senang juga! Saya baru tiba dari Bali." Orang tersebut akan tahu bahwa Anda tidak mendengarkan sama sekali. Tetap pada topik pembicaraan yang sedang dibahas sampai selesai baru berganti ke topik lainnya.

Menjadi pendengar yang baik adalah cara sempurna untuk meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain. Selain itu, Anda dapat menyerap informasi yang mereka sampaikan. Anda tidak pernah tahu kapan dapat belajar sesuatu hal yang baru dengan mendengarkan apa yang yang orang lain katakan. (Amerikanki)

 TTD

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian dimulai dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
Penelitian kualitatif jauh lebih subyektif daripada penelitian atau survei kuantitatif dan menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam dan grup fokus. Sifat dari jenis penelitian ini adalah penelitian dan penjelajahan terbuka berakhir dilakukan dalam jumlah relatif kelompok kecil yang diwawancarai secara mendalam.
Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan umum, dan interviewer atau moderator group periset menjelajah dengan tanggapan mereka untuk mengidentifikasi dan menentukan persepsi, pendapat dan perasaan tentang gagasan atau topik yang dibahas dan untuk menentukan derajat kesepakatan yang ada dalam grup. Kualitas hasil temuan dari penelitian kualitatif secara langsung tergantung pada kemampuan, pengalaman dan kepekaan dari interviewer atau moderator group.
Jenis penelitian yang sering kurang dilakukan dari survei karena mahal dan sangat efektif dalam memperoleh informasi tentang kebutuhan komunikasi dan tanggapan dan pandangan tentang komunikasi tertentu. Dalam hal ini sering metode pilihan dalam kasus di mana pengukuran atau survei kuantitatif tidak diperlukan.
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan / atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial, dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme. Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti berbagai aspek dari pendidikan. Istilah penelitian kuantitatif sering dipergunakan dalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya dengan penelitian kualitatif.
Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Sebagai contoh: 240 orang, 79% dari populasi sampel, mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari setahun yang lalu hingga hari ini. Menurut ketentuan ukuran sampel statistik yang berlaku, maka 79% dari penemuan dapat diproyeksikan ke seluruh populasi dari sampel yang telah dipilih. Pengambilan data ini adalah disebut sebagai survei kuantitatif atau penelitian kuantitatif.
Ukuran sampel untuk survei oleh statistik dihitung dengan menggunakan rumusan untuk menentukan seberapa besar ukuran sampel yang diperlukan dari suatu populasi untuk mencapai hasil dengan tingkat akurasi yang dapat diterima. Pada umumnya, para peneliti mencari ukuran sampel yang akan menghasilkan temuan dengan minimal 95% tingkat keyakinan (yang berarti bahwa jika Anda survei diulang 100 kali, 95 kali dari seratus, Anda akan mendapatkan respon yang sama) dan plus / minus 5 persentase poin margin dari kesalahan. Banyak survei sampel dirancang untuk menghasilkan margin yang lebih kecil dari kesalahan.

Beberapa survei dengan melalui pertanyaan tertulis dan tes, kriteria yang sesuai untuk memilih metode dan teknologi untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam responden survei, survei dan administrasi statistik analisis dan pelaporan semua layanan yang diberikan oleh pengantar komunikasi. Namun, oleh karena sifat teknisnya metode pilihan pada survei atau penelitian oleh karena sifat teknis, maka topik yang lain tidak tercakup dalam cakupan ini. Berikut adalah kesimpulan dari komparasi antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif :
PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
KUALITATIF
KUANTITATIF
Rancangan
Berkembang, lentur, umum
Terstruktur, ditentukan di awal, formal, khusus
Rancangan sebagai panduan proses penelitian
Rencana kerja operasional
Usulan Penelitian
Singkat
Panjang lebar
Spekulatif
Fokus rinci dan khusus
Menunjukkan bidang yang relevan diteliti
Prosedur rinci dan khusus
Sering ditulis setelah ada data terkumpul
Melalui tinjauan pustaka yang substantif
Kajian pustaka yang substantif singkat
Ditulis sebelum ada datanya
Ancangan disebut secara umum
Hipotesa dinyatakan
Data
Deskriptif
Kuantitatif
Dokumen pribadi
Kode kuantitatif
Catatan lapangan
Bilangan, ukuran
Foto
Variabel operasional
Kata-kata pelaku sendiri
Statistik
Dokumen resmi dan artefak
Sampel
Kecil
Besar
Tidak mewakili
Berstratifikasi
Sampel teoritis
Kelompok kontrol
Sampel bola salju
Tepat, cermat
Bertujuan
Dipilih acak
Taktik atau Metode
Observasi
Eksperimen
Observasi partisipasi
Observasi terstruktur
Tinjauan atas berbagai dokumen
Eksperimen semu
Wawancara terbuka/berkembang
Wawancara terstruktur
Penjelasan sumber pertama
Survei
Instrumen dan Alat
Tape recorder
Inventori, kuesioner
Alat penyalin tulisan
Komputer
Komputer
Indeks, skala, skor tes
Analisa Data
Berkelanjutan
Deduktif
Model, tema, konsep
Dikerjakan selesai pengumpulan data
Induksi analitis
Statistik
Metode komparatif

Saturday, September 20, 2014

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI HOTEL CLARITY, DAFAM DAN HOTEL SAHID

 H Clarity Cihampelas Hotel Bandung is looking for :
1. Duty Manager
2. Operator
3. Reservation Agent
4. Guest Service Agent
5. Front Desk agent
* English is a must
* A year in position

Please send your CV to :
recruitment.bdg@hclarityhotels.com
Thank you very much

Dafam Hotel urgently vacant position for :

Sunday, September 14, 2014

LOWONGAN KERJA DI HOTEL SAVOY HOMAN BANDUNG

Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung, Urgently vacant position for:
1. FO Supervisor (F/M)
2. Guest Relation Officer (F)
3. Front Desk Agent (F)
4. Bellboy (M)
5. Roomboy (M)
6. FB Supervisor (F/M)
7. Waitress (F)
8. Driver (M)
Please send the resume, CV & photograph to:
pm@savoyhomann-hotel.com
and
agusyanto_ay@yahoo.com
Regards
Agus Yanto


Saturday, May 31, 2014

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI HOTEL ASTON PRIMERA PASTEUR


Aston Primera Pasteur is looking for following positions :

1. Director of Sales & Marketing / Director of Sales
2. Asst. Director of Sales
3. Sales Manager

4. Sales Coordinator
5. Duty Manager
6. Front Office Supervisor 

Thursday, May 29, 2014

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI NOVOTEL HOTEL BANGKA GOLF & CONVENTION CENTER


Novotel Bangka Golf & Convention Center is seeking 

candidate for :

1. Director of Sales ;
2. Sales & Marketing Manager ;
3. Reservation Supervisor ;

4. Restaurant & Bar Manager ;
5. Restaurant Supervisor ;

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI HOLIDAY INN KEMAYORAN JAKARTA

A newly open 4 star hotel in North Jakarta, Holiday Inn 

Jakarta Kemayoran are currently looking for:

  •  2 (two) female F&B Attendants in charge in bar. Should you or some one you know might have an interest to apply for the position 
  • Qualifications:

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI JW MARRIOT MEDAN


JW Marriott Medan 

Walk In Interview All Position


Rabu, 4 Juni 2014 
09.00 - 16.00 WIB 

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI HOTEL SERENA BANDUNG


Dear All,
Hotel Serena Bandung located at Jl. Marjuk N0 4-6, Kebon Kawung
urgently needed for :

1) Executive Assistant Manager
2) Human Resources Manager
3) Human Resources Supervisor

Tuesday, May 27, 2014

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI THE OXALIS REGENCY HOTEL MAGELANG

The Oxalis Regency Hotel Magelang

Magelang mulai menumbuhkan bisnis perhotelan yang ketat. munculnya hotel-hotel baru semakin meningkatkan persaingan dalam mengisi kamar-kamar mewah yang disediakan oleh para bussinesman.

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI SWIFF INN AEROPOLIS CENGKARENG - JAKBAR


Swift Inn Aeropolis - Cengkareng Jakarta Barat

hotel baru dengan gaya modern dan minimalis Consist 150 Simply and Modern Rooms
Looking for Candidates :

(1) Accounting Department 

# CA / CC
# AR / IA
# AP / GC
# Purchasing / Store 

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI SMART HOTEL JAKARTA


Everyday Smart Hotel Jakarta

Urgently Needed :

1.Hrd & Admin Staff

2.HK Attendant Daily Worker

3.Security Daily Worker

LOWONGAN KERJA PERHOTELAN DI HOTEL PROMENADE BANDUNG


HOTEL PROMENADE

We are looking for potensial, energetic and end enthusias candidats to join with us with vacancy as follows :
  1. Front Office Manager ( FOM)
  2. Excecutive Housekeeper ( EHK)
  3. Excecutive Seles Marketing
  4. Design Grafis

Tuesday, May 06, 2014

PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN WINE


Adalah minuman berakohol yang terbuat dari fermentasi dari buah anggursegar. Anggur merupakan minuman yang paling tua sejalan dengan perkembangan umat manusia, terbukti pada kira-kira 2000 tahun SM. Di dataran china terdapat tanda-tanda pengusahaan dan penampilan minuman ini. Namun dapat dipastikan bahwa jauh sebelumnya sudah ada tanaman anggur dan pembuatan minuman ini. Dibuktikan dalam kuburan-kuburan mesin kuno terdapat relief/lukisan timbul yang menggambarkan panen anggur serta pembuatan minuman

Sir john Malcolm menyebutkan bahwa penanaman anggur berkembang dengan subur di kerajaan Persia pada waktu pemerintahan raja jemsheed yang menemukan anggur sebagai minuman secara kebetulan.