Klik Di Sini

Tuesday, May 06, 2014

PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN WINE


Adalah minuman berakohol yang terbuat dari fermentasi dari buah anggursegar. Anggur merupakan minuman yang paling tua sejalan dengan perkembangan umat manusia, terbukti pada kira-kira 2000 tahun SM. Di dataran china terdapat tanda-tanda pengusahaan dan penampilan minuman ini. Namun dapat dipastikan bahwa jauh sebelumnya sudah ada tanaman anggur dan pembuatan minuman ini. Dibuktikan dalam kuburan-kuburan mesin kuno terdapat relief/lukisan timbul yang menggambarkan panen anggur serta pembuatan minuman

Sir john Malcolm menyebutkan bahwa penanaman anggur berkembang dengan subur di kerajaan Persia pada waktu pemerintahan raja jemsheed yang menemukan anggur sebagai minuman secara kebetulan.


India juga menuntut bahwa sejarah perkembangan anggur merupakan bagian daripada kebudayaannya dan malahan “bacchus” yang dikenal sebagai dewa anggur lahir di india dan mengajarkan seni pembuatan anggur.
Orang –orang romawi dan yunani merasa kegunaan anggur dan oleh karena itu kemampuan mereka pergi selalu mengajarkan seni pembuatan anggur dan cara pananaman anggur kepada orang pribumi. Ada kemungkinan orang romawilah yang menajarka tanaman anggur tersebut dikembangkan di inggris dan eropa utara hingga skotlandia.

Tetapi karena ketidaktentuan musim maka hanya setiap tujuh tahun sekali dapat menghasilkan hasil panen anggur yang baik.

Wine atau anggur adalah minuman yang dihasilkan dari fermentasi anggur segar. Ragi dan gula yang terdapat di buah anggur akan menghasilkan alcohol dan CO2 jika proses peragiannya diruangan terbuka, maka CO2 akan segera menguap di udara sedang alkoholada di dalam cairan.

Untuk memisahkan cairan dengan alcohol dengan jalan proses penyulingan, dengan prinsip bahwa titik didih air 100 C dan titi didih alcohol 80 C. maka cairan tersebut dipanaskan antara 80 – 100 C. dalam kondisi normal ragi akan bekerja dengan semua gula yang ada daam anggur berubah menjadi alcohol.

Peragian dapat dihentikan sebelum gula habis dengan cara:

1.      Menambah kadar alcohol ke dalam cairan tersebut, hingga mencapai kadar alcohol 15%
2.      Menambah ragi asam sulfur ke dalam cairan untuk membius ragi
3.      Menyaring dengan filter untuk mengeluarkan raginya

Metode tersebut digunakan untuk membuat anggur dengan rasa manis. Buah anggur yang satu dengan yang lain akan berbeda dalam rasa, karena perbedaan anggur dan variasi dari penyusunan peragian yang akhirnya akan menghasilkan wine yang berbeda.

Dalam kenyataan sekarang ini banyak Negara yang menghasilkan wine, namun tidak semua Negara penghasil wine tersebut yang menyamai wine yang dimiliki oleh produk-produk dari perancis, amerika, itali dan german, yaitu wine yang sangat menyenangkan untuk diminum yang telah diakui serta mendapatka penghargaan dan pantas untuk dihidangkan dalam acara perjamuan resmi.

Perancis adalah penghasil anggur terbaik dan sangat terkenal akan rasa dan kualitasnya serta variasi dari jenis winenya. Perancis adalah Negara pembuat wine menurutcara atau metode yang benar.

Daerah yang terkenal dari Negara perancis yang menghasilkan buah anggur yang terbaik di dunia adalah BOURDEAUX. Amerika juga terkenal penghasil wine yang terbesar dengan daerahnya adalah CALIFORNIA. Spanyol telah menghasilkan suatu produk wine yang disebut SHERRY WINE yang dihasilkan dari kota JERRES.

SELAIN UNTUK DIMINUM sherry juga digunakan oleh para ahli masak untuk mempersiapkan masakan. Portugal juga menghasilkan wine yang terkenal dengan sebutan PORT WINE.

No comments: