Klik Di Sini

Tuesday, December 30, 2014

PENGERTIAN PENGARAHAN (ACTUATING)


Pengertian Pengarahan

Fungsi pengarahan adalah fungsi manajemen yang terpenting dan paling dominan dalam proses manajemen. Fungsi ini barudapatditerapkan setelah rencana, organisasi dan karyawan ada. Jika fungsi ini diterapkan maka proses manajemen dalam merealisasi tujuan dimulai. Penerapan fungsi ini sangat sulit, rumit dan kompleks, karena karyawan tidak dapat dikuasai sepenuhnya. Hal ini disebabkan karena karyawan merupakan makhluk hidup yang punya pikiran, perasaan, harga diri, cita-cita dan lain-lainnya.


Pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatan alat-alat bagaimanapun canggih atau andalanya, barudapat dilakukan jika karyawan ikut berperan aktif melaksanakannya. Fungsi pengarahan ini adalah ibaran kunci starter mobil, artinya mobil baru dapat berjala jika kunci starternya telah melaksanakan fungsinya. Demikian juga proses manajemen, baru terlaksana setelah fungsi pengarahan ditetapkan.
Deinisi fungsi pengarahan ini dikemukakan para penulis sebagai berikut. Pengarahan adalah mengarahkan semua karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efeektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

G.R Terry :
Actuating is setting all members of the group to want to achieve and to strike to achieve the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing effort.
Pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama dan bekerja secara ikhlas dan bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.

Koontz dan o’donnel
Directing and leading are the  interpersonal aspects of managing by which subordinate are lead to understand and contribute effectively and efficiency to the attainment of enterprise objectives.
Artinya :
Pengarahan adalah hubugan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya pengaturan tehadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan pembagian pekerjaan yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata.

Jadi pengarahan adalah kegiatan yang dilakukan pemimpin untuk membimbing, menggerakkan, mengatur segala kegiatan yang telah diberi tugas dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha. Pengarahan inidapat dilakukan dengan cara persuasif atau bujukan dan instruktif, tergantung cara mna yang akan efektif. Pengarahan disebut efektif jika dipersiapkan dan dikerjakan dengan baik serta benar oleh karyawan yang ditugasi untuk itu.

Pokok-pokok yang dipelajari pada fungsi pengarahan adalah :
1.      Human behavior
2.      Human relation
3.      Communication
4.      Leadership


No comments: