Pengertian Pengarahan
Fungsi
pengarahan adalah fungsi manajemen yang terpenting dan paling dominan dalam
proses manajemen. Fungsi ini barudapatditerapkan setelah rencana, organisasi
dan karyawan ada. Jika fungsi ini diterapkan maka proses manajemen dalam
merealisasi tujuan dimulai. Penerapan fungsi ini sangat sulit, rumit dan
kompleks, karena karyawan tidak dapat dikuasai sepenuhnya. Hal ini disebabkan
karena karyawan merupakan makhluk hidup yang punya pikiran, perasaan, harga
diri, cita-cita dan lain-lainnya.
Pelaksanaan
pekerjaan dan pemanfaatan alat-alat bagaimanapun canggih atau andalanya,
barudapat dilakukan jika karyawan ikut berperan aktif melaksanakannya. Fungsi
pengarahan ini adalah ibaran kunci starter mobil, artinya mobil baru dapat
berjala jika kunci starternya telah melaksanakan fungsinya. Demikian juga
proses manajemen, baru terlaksana setelah fungsi pengarahan ditetapkan.
Deinisi
fungsi pengarahan ini dikemukakan para penulis sebagai berikut. Pengarahan
adalah mengarahkan semua karyawan agar mau bekerja sama dan bekerja efeektif
dalam mencapai tujuan perusahaan.
G.R
Terry :
Actuating
is setting all members of the group to want to achieve and to strike to achieve
the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing
effort.
Pengarahan
adalah membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama dan bekerja secara
ikhlas dan bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan
usaha-usaha pengorganisasian.
Koontz
dan o’donnel
Directing
and leading are the interpersonal
aspects of managing by which subordinate are lead to understand and contribute
effectively and efficiency to the attainment of enterprise objectives.
Artinya
:
Pengarahan
adalah hubugan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya
pengaturan tehadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan pembagian pekerjaan
yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata.
Jadi
pengarahan adalah kegiatan yang dilakukan pemimpin untuk membimbing,
menggerakkan, mengatur segala kegiatan yang telah diberi tugas dalam
melaksanakan suatu kegiatan usaha. Pengarahan inidapat dilakukan dengan cara
persuasif atau bujukan dan instruktif, tergantung cara mna yang akan efektif.
Pengarahan disebut efektif jika dipersiapkan dan dikerjakan dengan baik serta
benar oleh karyawan yang ditugasi untuk itu.
Pokok-pokok
yang dipelajari pada fungsi pengarahan adalah :
1. Human behavior
2. Human relation
3. Communication
4. Leadership
No comments:
Post a Comment