- Department membutuhkan barang dan memesannya ke store keeper yang sebelumnya telah disetujui oleh department head melalui store room requesition (SR)
- Store keeper mengajukan permintaan barang kepada purchasing dengn purchasing requesition (PR)
- Purchasing membuat form pembelian /purchase order (PO) agar disetujui chief accounting
- Setelah disetujui Purchasing memesan barang ke supplier dengan purchase order (PO)
- Supplier mengirim barang ke receiving dengan melampirkan invoice / faktur
- Receiving menerima dan mengecek jumlah barang melalui purchase order (PO)
- Store keeper menyimpan barang-barang yang diterima receiving ke store sesuai karakteristiknya masing-masing
- Department yang membutuhkan barang-barang mengambil pesanannya
- Receiving mengirim invoice ke accounting
- Accounting mengecek sesuai bukti penerimaan barang (receiving slip)
- Jika sudah benar, accouting melakukan pembayaran kepada supplier
Klik Di Sini
Tuesday, October 08, 2013
PROSES ALUR PURCHASING DALAM MELAKUKAN PEMESANAN BARANG
Label:
Hotel Accounting
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment