Klik Di Sini

Tuesday, October 08, 2013

PROSES ALUR PURCHASING DALAM MELAKUKAN PEMESANAN BARANG


  1. Department membutuhkan barang dan memesannya ke store keeper yang sebelumnya telah disetujui oleh department head melalui store room requesition (SR)
  2. Store keeper mengajukan permintaan barang kepada purchasing dengn purchasing requesition (PR)
  3. Purchasing membuat form pembelian /purchase order (PO) agar disetujui chief accounting
  4.  Setelah disetujui Purchasing memesan barang ke supplier dengan purchase order (PO)
  5.  Supplier mengirim barang ke receiving dengan melampirkan invoice / faktur
  6.  Receiving menerima dan mengecek jumlah barang melalui purchase order (PO)
  7. Store keeper menyimpan barang-barang yang diterima receiving ke store sesuai karakteristiknya masing-masing
  8.  Department yang membutuhkan barang-barang mengambil pesanannya
  9. Receiving mengirim invoice ke accounting
  10.  Accounting mengecek sesuai bukti penerimaan barang  (receiving slip)
  11. Jika sudah benar, accouting melakukan pembayaran kepada supplier

No comments: