Klik Di Sini

Thursday, May 07, 2015

PENGERTIAN TIME KEEPER

Knowhotels.blogspot.com - Human Resources Manager akan sangat memerlukan seorang Time keeper untuk mengaudit setiap absensi dari seluruh karyawannya. sehingga keberadaan seksi ini sangar penting bagi human resources department.

Time keeper adalah bagian dari departemen sumber daya manusia yang bertanggung jawab atas perekaman atau rekapitulasi absensi di hotel. Keberadaan timekeeper akan memudahkan manajer sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Timekeeper dapat mengetahui semua absen yang memiliki karyawan lakukan selama start bekerja sampai waktu pulang datang. Sebagian besar hotel mewah telah menggunakan sistem finger print sebagai absensi mereka. Sistem ini sangat baik digunakan karena karyawan sulit untuk memanipulasi sistem. Berbeda dengan punch card yang masih bisa dilakukan oleh orang lain untuk membantu orang lain dalam proses absensi.

Dengan finger print time keeper dapat melakukan pengumpulan data secara teratur untuk menentukan karyawan disiplin waktu dan mana yang lambat. Hasil finger print juga sangat mempengaruhi seberapa cepat atau lambat karyawan dalam memperoleh promosi dari hotel.

Selain mengumpulkan data tentang kedisiplinan pegawai dan yang suka terlambat, timekeeper juga mengumpulkan data tentang jumlah hari libur, sakit, izin dan tidak bekerja tanpa keterangan yang dilakukan oleh karyawan. Biasanya survei ini akan direkap setiap tahun.

Timekeeper juga berperan dalam perhitungan upah untuk karyawan non-permanen. Berapa hari ia bekerja, akan dihitung berdasarkan kehadiran terkandung dalam finger print. Hari-hari sibuk untuk timekeeper tepat waktu sebelum karyawan mendapatkan gaji. jika timekeeper terlambat dalam mengirimkan data, maka karyawan akan terlambat menerima gaji mereka.

Karena itu timekeeper yang baik, disiplin dan waktu yang tepat. Jangan hanya membutuhkan karyawan untuk menjadi disiplin dan tepat waktu, jika timekeepernya sendiri tidak disiplin dan tepat waktu.

No comments: