Klik Di Sini

Monday, September 09, 2013

PENGERTIAN ROOM SECTION


Memahami Room Attendant  dalam Layanan kamar

Room section merupakan bagian dari muatan dalam hal pemeliharaan kamar hotel . seperti kebersihan , keindahan , dan kenyamanan bagi para tamu adalah tamu di hotel . room attendant bertugas menjaga lantai, kerapian , kenyamanan dan kelengkapan kamar - ruang tamu. room attendant harus memiliki penampilan rapi dan perilaku yang baik meliputi kejujuran , kesantunan pada tamu , atasan dan rekan-rekan . Untuk petugas pria yang disebut roomboy dan wanita yang disebut room maid . Selain elemen penting terutama seksi room attendant diperlukan untuk menyediakan layanan khusus untuk tamu melalui room boy sehingga tamu merasa puas selama mereka tinggal di hotel dan hotel diharapkan untuk menjadi pelanggan .

Bagian ini bertanggung jawab atas pemeliharaan kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan , kerapian , keindahan dan kenyamanan tamu hotel .  untuk melaksanakan tugas dengan baik roomboy harus mengetahui peraturan atau ketentuan yang berlaku pada bagian ruang .

Ketentuan meliputi:

1 . Seragam Hotel , sepatu dan kaus kaki ditentukan

2 . Selalu tepat waktu dan bila tidak ada kendala diharapkan untuk memberitahu sebelumnya

3 . Segera melaporkan kepada atasan Anda jika tamu menemukan hal sakit dan mencurigakan seperti pencurian .

4 . Anggota harus ramah dan menyambut tamu dan melayani tamu dengan kesenangan.

5 . Dilaporkan pekerjaan yang belum selesai pada shift berikutnya .

6 . Laporkan lost and found dan dibawa ke supervior .

7 . Dilarang meninggalkan roomboy station atau tempat tanpa izin dari supervisor .

8 . Dilarang berbicara dengan sesama karyawan atau tamu .

9 . Tidak merokok dan berbicara keras di tempat tugas yang mengganggu kenyamanan .

10 . Dilarang dari memutar radio atau menonton tv di ruang .

11 . Dilarang untuk mengundang teman-teman ke hotel .

12 . Dilarang membawa barang atau tanpa izin .

13 . diarang menggunakan lift tamu .

14 . Dilarang menyimpan barang-barang yang tidak dimiliki secara pribadi .

15 . Dilarang meninggalkan hotel dengan seragam dan membawa kunci kamar ( kunci lulus )

Tugas dan Tanggung Jawab Attendant Kamar dalam Layanan

Tugas room attendant bisa dikatakan rumit dan berat karena keluhan yang datang dari berbagai kamar dan semua harus dilakukan dengan baik atau buruk tergantung pada kualitas kamar hotel petugas kamar hotel . Harus diingat , bahwa para tamu memasuki ruangan , pandangan akan pertama kali ditampilkan pada kerapian tempat tidur . Mereka akan mendapatkan kesan pertama hotel secara keseluruhan hanya dengan melihat kerapian tempat tidur .

Tugas dan tanggung jawab dari petugas ruangan dalam pelayanan adalah sebagai berikut .

1 . Mengelola ruang yang bertanggung jawab ( dalam arti luas ) yang baik atau buruk tergantung pada ruang kamar petugas , mulai dari presisi , kerajinan dan kualitas . Seorang petugas kamar rajin , teliti , dan terampil dalam melaksanakan tugasnya akan mampu menghasilkan bersih, rapi , lengkap dan nyaman . Oleh karena room petugas harus bekerja dengan hati-hati dan periksa semua peralatan di dalamnya.

2 . Melayani tamu . Dalam memberikan pelayanan kepada para tamu tidak terbatas waktunnya , karena setiap kali tamu dapat meminta layanan, baik pagi , siang, sore , dan malam . Definisi sebagai layanan memiliki pekerjaan yang dilakukan oleh laki-laki dan untuk laki-laki , dalam rangka memenuhi kebutuhan - kebutuhan dan tujuan - tujuan yang membuat tamu merasa puas . Sehingga para tamu bisa merasa puas maka petugas ruangan harus memberikan pelayanan yang berkualitas .

3.  Layanan terdiri dari lima dimensi , yaitu sebagai berikut .

Berkolaborasi dengan ruang petugas sesama dan seksi - seksi housekepping orang lain yang berada di departemen , bahkan dengan bahwa menjadi seksi dalam departemen lain . Hal ini perlu terjadi karena industri hotel merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan yang terdiri dari beberapa departemen yang masih memiliki hubungan yang dekat dan tidak bisa berjalan dengan sendirinya .

Untuk melaksnakan tugas menteri , petugas ruangan setiap hari dibagi menjadi tiga shift di pelaksannannya , yaitu:

1 . Pagi Shift: Pada 8:00-16:00

2 . Evening Shift: Pada 16:00-00:00

3 . Night Shift : Pada 0:00-08:00

Lingkup Operasional Layanan Attendant Kamar

Attendant Kamar dipimpin oleh floor supervisor yang bertanggung jawab langsung kepada executive housekeeper.

floor supervisor akan bertanggung jawab untuk kelancaran tugas-tugas pemeliharaan dan kebersihan tamu dilakukan oleh petugas Room. Ruang lingkup tanggung jawab Layanan kamar Attendant adalah ruang - ruang tamu untuk mempersiapkan ruang tamu siap untuk dijual ( siap dijual ) . Untuk melaksanakan tugas dengan baik dalam Attendant Kamar harus mengetahui peraturan - peraturan yang berlaku di Bagian Kamar Attendant sehingga setiap kamar dapat melakukan pekerjaan mereka dengan baik yang akan membawa kepuasan kepada tamu di hotel .

Menentukan Membersihkan Kamar

    Mulai dari permintaan langsung
    Kamar dengan kode VIP
    Kamar dengan " Service" atau " please make up room "
    Ruang kosong dengan statusnya vacant dirty
    Kamarnya masih ada ( occupaid / stayovers )
    Kamar dengan Status keberangkatan diharapkan ( ED )

Namun, kondisi hotel dengan hunian tinggi, biasanya room attendant  akan mengutamakan kamar kosong kotor menjadi prioritas utama untuk dibersihkan sehingga ruangan dapat dijual kepada tamu lain .

Membersihkan Kamar Tamu

Hotel menawarkan banyak fasilitas untuk memanjakan pelanggan dengan memberikan rasa kenyamanan dan keamanan bahwa pelanggan merasa di rumah. Kamar memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan citra hotel keseluruhan . Oleh karena itu , sebuah ruangan yang dijual kepada kebersihan harus dijaga dan dirawat.

Dalam hal ini , petugas Kamar memainkan peran penting untuk meningkatkan citra hotel pelanggan dengan menyediakan , mempersiapkan dan menjaga kebersihan semua kamar tamu. Kondisi kamar dapat menyampaikan pesan dan karyawan yang buruk dalam mempersiapkan kamar yang nyaman dan bersih untuk tamu .

Selain kebersihan , kecepatan untuk memberikan kamar bersih juga memberikan nilai tambah bagi rumah tangga . Ketersediaan kamar akan menghindari menunggu untuk check-in . Karena itu, ketika petugas ruangan telah selesai floor supervisor harus mennganti status ruangan secepat mungkin . Jangan menunda .

Prosedur membersihkan kamar perlu dipertimbangkan sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian dalam ruangan tidak ada yang terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara rinci, termasuk kerapian , fasilitas kelengkapan dan kebersihan . Pekerjaan utama dalam proses pembersihan terdiri dari ruang preperation ( persiapan) , proses (pembersihan ) dan finishing ( cek ) .

1 . persiapan
Selama tahap persiapan, petugas kamar melakukan persiapan berikut:

1 . Melapor ke housekeeping untuk menandatangani daftar hadir ( absensi ) pada kolom Time In .

2 . Mengambil roomboy controll sheet yang berisi daftar kamar yang harus dilakukan oleh petugas kamar. Ruang lembar tugas disiapkan oleh floor supervisor untuk mengelola alokasi room attendant dalam membersihkan semua kamar di hotel .

3 . Ambil kunci kamar ( master key ) sesuai dengan daftar kamar di ruang lembar tugas ditandatangani pada " log book kunci" di Key Out .

4 . Ikuti " Morning Briefing " yang dipimpin oleh pengawas untuk memperoleh informasi tentang kegiatan di lokasi seperti : EA , ED , VIP , dan lain-lain .

5 . Petugas ruangan untuk bagian masing-masing sesuai dengan lantai dan kemudian mengambil " kereta " di station dari semua ruang peralatan pendukung .

6 . Kemudian , pastikan semua kamar Status suite sistem komputer bersama-sama dengan status fisik . Selain itu, tujuan lain adalah untuk memeriksa laundry tamu , kamar diperiksa bahwa ada " SERVICE dan DND " dan itu untuk laporan ketidaksesuaian kamar

7 . Hasil pemeriksaan fisik akan dilaporkan kepada supervisor sebagai laporan pagi di setiap floor setelah laporan selesai petugas dikumpulkan dari semua orang yang dilayani.

8 . room attendant siap untuk melakukan membersihkan kamar . biasanya akan dimuali dari kamar ada " layanan " .

2 . pembersihan
Pada tahap ini , petugas ruangan siap untuk membersihkan ruang tamu , prosedur pembersihan dilakukan pada hal-hal berikut :

a . Memasuki kamar tamu yang

§ Bell kamar dan berkata " Rumah tangga " , jika tidak ada respon coba lagi . Jika juga tidak ada respon , membuka pintu perlahan sambil mengatakan rumah tangga .

§ Jika tidak ada respon dari dalam , menunggu sampai pintu dibuka oleh kemudian meminta izin jika kamar dapat dibersihkan .

b . tugas awal

§ Membawa caddy tray dan kain bersih di dalam ruangan . menempatkan caddy ke kamar mandi dan linen rak bagasi di atas .

§ Buka tirai sehingga pencahayaan dalam ruangan lebih terang . Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa Hotel jendela tidak dapat dibuka karena alasan keamanan ) .

§ Membawa gelas , asbak , cangkir ke baskom di kamar mandi . ketika ada nampan layanan dar layanan kamar panggilan kamar untuk pick up .

§ Bersihkan sampah dan membuang limbah ke kantong sampah di troli .

§ Periksa semua kamar untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal .

c . Stripping tidur

§ Pindahkan apakah ada barang / pakaian untuk para tamu , setelah membuat kembali ke posisi awal .

§ Lepaskan sarung bantal satu per satu dan kemudian meletakkan bantal di atas meja / sofa .

§ Tarik lembar kotor satu per satu sehingga item di tempat tidur tidak dibawa ke binatu .

§ Hapus semua pakaian kotor ke kantong kain di troli.

d . Membuat tempat tidur

§ Periksa kebersihan pad tidur , ganti jika kotor.

§ Tempatkan lembar pertama di tengah-tengah tempat tidur , kemudian mengunci setiap sudut dengan sudut 45 derajat .

§ Tempatkan lembar pertama seperti bed cover, selimut sejajar dengan ujung tepi atas tempat tidur , lalu rapikan terlihat ketat.

§ Tempatkan bantal sarung bantal sudah terpasang di ujung dekat papan kepala tempat tidur .

§ meletakkan tempat tidur pelari bawah tempat tidur .

e . debu

§ Proses debu harus dilakukan sesuai aturan ( se - searah jarum jam) untuk memastikan semua perabotan tidak ada yang terlewatkan , termasuk pintu masuk , melewati, meja meja , kursi , bingkai jendela , meja kopi , meja samping tempat tidur , lemari pakaian, dan lain-lain .

§ Lengkapi semua fasilitas tamu yang digunakan oleh tamu dengan ruang baru sebagai syarat kelengkapan .

f . Membersihkan kamar mandi

§ Bersihkan Kaca gelas kotor.

§ Bersihkan toilet , bathtup , mandi, baskom dan cermin.

§ Ganti handuk kotor dengan garis bersih dengan standar .

§ Ganti dengan yang baru semua fasilitas yang digunakan . dilakukan sesuai dengan standar .

§ Bersihkan lantai kamar mandi , pastikan bahwa tidak ada rambut yang tertinggal .

g . Debu ruangan

Vakum lantai daerah terjauh dari pintu dengan berjalan mundur . pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.

3 . memeriksa
Pada tahap ini , petugas ruangan kembali memeriksa kamar yang telah dibersihkan sehingga ruangan terserah standar.

Prosedur pengeceken meliputi:

1 . Kebersihan adalah tujuan dari proses pembersihan , target kebersihan termasuk dinding , furniture , lukisan , lampu , lantai , linen , dan langit-langit .

2 . Kemasan adalah susunan dari semua peralatan di ruang untuk menjadi terorganisasi dengan baik dan rapi agar terlihat menarik.

3 . Kelengkapan adalah proses pengecekan dengan semua fasilitas dan linen menjadi standar kamar dilengkapi setelah digunakan oleh tamu .

4 . Kerusakan bertujuan untuk memastikan semua peralatan di ruang berfungsi dengan baik , misalnya , lampu , remote control , tergores furnitur , dan lain-lain .

5 . Kesegaran adalah proses pemeriksaan kesegaran ruangan . Baik ruangan itu " fresh " bukan bau rokok , bau yang parfurm , dll

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.