Klik Di Sini

Monday, September 09, 2013

PENGERTIAN FRONT OFFICE DEPARTMENT

Front Office Department yang memiliki tanggung jawab utama sebagai salah satu divisi kamar bawahan adalah untuk menjual sebanyak kamar sesuai dengan kapasitas dan tingkat atau tarif yang ditentukan kamar. front office juga memiliki peranan penting dalam menyediakan informasi penting untuk hidup , karena front  office adalah jantung dari hotel dimana para tamu menempatkan pertama kalinya untuk memperoleh informasi. Salah satu bagian yang sangat berperan dalam memproses pemesanan kamar adalah bagian reservasi . bagian reservasi harus memahami bagaimana untuk berurusan dengan tamu yang akan check-in , check out atau menjadi pindah kamar . Oleh karena itu diperlukan pengetahuan khusus tentang ruang lingkup front office , terutama di reservasi, baik itu tentang dasar-dasar sumber daya reservasi , jenis, dan sistem reservasi itu sendiri . Selain itu reservation harus memahami tingkat hunian kamar setiap hari , hal ini dimaksudkan untuk dapat membandingkan dan memprediksi tingkat hunian pada hari berikutnya .

Definisi Departemen Front Office

Front Office Department adalah bagian depan hotel , seperti kamar dan penjual sering disebut sebagai ruang penjualan . Dalam proses menjual front office harus dibantu oleh bagian housekeeping .
Dalam hubungan kerja bertindak sebagai pembantu pembersihan kamar . Front office juga dikenal sebagai yang pertama dan kesan terakhir dari tamu . Ini berarti bahwa ini bagian dari yang pertama dan yang terakhir dari para tamu . tamu yang Akan datang ke hotel akan Regestrasi ke front office dan akan memeriksa setiap saat juga berhubungan dengan staf dari kantor depan . Jadi hanya logis bahwa kesan yang mendalam akan dibuat di front office .

Front office juga merupakan pusat informasi dan juga hampir semua kegiatan tamu seperti menerima dan mengirim surat dalam custom clearance , pembayaran tagihan hotel , hilangnya barang, menampung keluhan tamu, dan juga di mana setiap pemberian informasi baik di dalam hotel dan di luar hotel.

Fungsi dan peran Front Office

fornt office adalah cerminan dari kualitas hotel untuk pertama kalinya untuk tamu setelah memasuki hotel , untuk kesiapan , kewaspadaan, akurasi dan kemampuan semua karyawan di kantor depan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sangat penting dalam memberikan kesan yang baik dan tidak baik atau buruk tamu hotel sebelum tamu mendapatkan layanan dan pengalaman orang lain ketika mereka datang untuk tinggal atau tidak di sebuah hotel . Hotel front office ( kantor depan ) secara operasional berhubungan dengan hidup dan wilayah kerja tidak jauh dari lobi , daerah yang paling ramai mondar-mandir tamunya , dan karena itu bagian ini disebut front office . Hotel front office adalah salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel . Tujuan dari kantor depan hotel yang adalah sebagai berikut :
1 . Meningkatkan tingkat hunian kamar dan pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2 . Meningkatkan jumlah tamu langganan
3 . Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu baik, tepat dan cepat untuk tamu
4 . Membentuk citra positif hotel hotel front office memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan hotel , fungsi yang dilakukan oleh kantor panitera setiap hari, sedangkan fungsi-fungsi ini :
a) Menjual kamar , di antara kegiatan lain yang dilakukan , menerima pemesanan , pendaftaran tamu , ruang blok
b ) Memberikan informasi tentang semua produk , fasilitas, jasa dan kegiatan yang tersedia di hotel dan di luar hotel
c ) Mengkoordinasikan terkait ke bagian lain dalam rangka memenuhi keinginan para tamu dan memberikan maksimal
d ) Melaporkan status kamar saat
e ) Mencatat , memeriksa pembayaran dan menangani tamu tamu akun
f ) Membuat laporan yang dibutuhkan oleh hotel
g ) Menyediakan layanan telekomunikasi untuk tamu
h ) Menyediakan layanan bagasi
i ) Menyelesaikan keluhan tamu

Selain memiliki fungsi penting , front office juga memainkan peran penting dalam hal pelayanan dan pencapaian hotel yang menyediakan layanan yang diharapkan oleh tamu , membentuk citra hotel dan pendapatan maksimal . Peran ini meliputi:

1 . informan
Pejabat front office diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk , fasilitas , kegiatan , layanan di hotel dan di luar hotel , informasi yang diberikan tidak terbatas hanya untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega / rekan-rekan lainnya .

2 . Penjual
Petugas diwajibkan untuk memiliki jiwa penjual , selain menjual produk karena fungsi utama hotel , bagian ini adalah bagian yang sering dikaitkan langsung dengan tamu hotel.

3 .wakil manajemen
Petugas front office dalam keadaan tertentu dapat bertindak sebagai wakil manajemen untuk mengatasi / menyelesaikan masalah yang timbul di luar kerja manajemen jam .

4 . penyimpanan data
Sumber data berasal dari banyak kegiatan hotel laporan yang dibuat oleh personil kantor depan dan penyimpanan data juga di front office , sehingga data yang dibuat dan harus selalu up to date, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa depan

5 . diplomatis
Petugas front office dalam keadaan tertentu diharapkan untuk mengambil langkah-langkah diplomatik sehingga dapat menjaga hubungan baik dengan tamu lain dan pihak .

6 . pemecah masalah
Pejabat kantor depan diharapkan untuk memecahkan masalah yang dialami oleh tamu , tidak sedikit masalah yang datang dari daerah lain .

7 . Public Relations
Staf kantor depan peran yang baik , aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat setempat untuk memungkinkan hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang bagus .