Klik Di Sini

Monday, September 09, 2013

MEMAHAMI KODE-KODE STATUS KAMAR

Sistem komputerisasi yang digunakan dalam operasi hotel bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan proses operasi sebuah hotel, yang merupakan teknologi komputerisasi yang mampu menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan metode konvensional sehingga manajemen hotel menjadi mudah, sederhana dan minim kesalahan

Hotel Software dikembngkan oleh banyak pakar IT yang memiliki keuntungan satu sama lain masing-masing dengan harga yang bervariasi. Hotel solusi perangkat lunak harus menyediakan semua kebutuhan operasional sebuah hotel. Beberapa hotel terkenal dan perangkat lunak secara luas digunakan opera, Fidelio, Myoh, Nya, dan lain-lain.

Dalam tulisan ini, pembahasan yang membuat istilah umum yang sering digunakan dalam operasi hotel pada kode dan pemahaman ruang status, antara lain:


Code
Description
Remarks
O
Occupeid
.Satu kamar ditempati oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu hotel
OC
Occupeid Clean
Satu kamar ditempati oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu di kamar hotel yang bersih
OD
Occupeid Dirty
satu kamar diduduki oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu di kamar hotel yang masih kotor. Hal ini terjadi karena perubahan dalam status OC ke OD setelah satu malam menginap.
V
Vacant
Sebutan untuk kamar kosong
VC
Vacant Clean
Ruangan kosong dengan keadaan bersih
VD
Vacant Dirty
Ruang kosong dengan keadaan kotor. dapat terjadi karena ruang tamu kotor telah memeriksa atau membersihkan dari program rumah tangga
VCI
Vacant Clean Inspected
Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh seorang supervisor lantai dan siap untuk menerima tamu (dijual)
Comp
Compliment
Kamar yang terigester oleh tamu, tetapi kamar tidak dikenakan biaya (gratis)
HU
House Use
Kamar yang terdaftar atas nama seseorang dari manajemen atau karyawan hotel yang digunakan sebagai tempat tinggal.
DND
Do not Disturb
Sebuah tanda yang dibuat oleh tamu agar tidak diganggu.
SO
Sleep Out
Seorang tamu yang masih terdaftar, tapi kamar tidak digunakan (tidur di luar hotel).
Skip
Skipper
Para tamu meninggalkan hotel sebelum melunasi semua kewajiban pembayaran
OS
Out of Service
Kamar yang memerlukan perbaikan ringan, perbaikan lama biasanya kurang dari satu hari, status ini dapat terjadi karena kerusakan atau pembersihan dari program internal. layanan ini tidak mengurangi ketersediaan kamar.
OO
Out of Order
Kamar yang memerlukan perbaikan serius, perbaikan lama biasanya lebih dari satu hari. Status ini dapat terjadi karena kerusakan di kamar atau pembersihan dari program internal. kerusakan ini akan mengurangi ketersediaan kamar.
DO
ED
Due Out / Expected Departure
Daftar kamar yang diharapkan untuk check - out hari ini sesuai dengan tanggal keberangkatan
EA
Expected Arrival
Daftar nama-nama tamu diharapkan tiba hari ini
CO
Check Out
Pelanggan yang sudah meninggalkan hotel hari ini setelah melunasi semua kewajibannya, termasuk menyerahkan kunci yang digunakan kepada front office
LCO
Late Check Out
Permintaan untuk tamu hotel untuk meninggalkan kamar melebihi waktu check out ditentukan
ONL
Occupeid no Luggage
Seorang tamu yang menginap idak membawa barang-barang bawaan
DL
Double Lock
tamu  melakukan kunci ganda sehingga tidak ada yang bisa masuk ke kamar
 

No comments: