Sistem komputerisasi yang digunakan dalam operasi hotel bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan proses operasi sebuah hotel, yang merupakan teknologi komputerisasi yang mampu menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan metode konvensional sehingga manajemen hotel menjadi mudah, sederhana dan minim kesalahan
Hotel Software dikembngkan oleh banyak pakar IT yang memiliki keuntungan satu sama lain masing-masing dengan harga yang bervariasi. Hotel solusi perangkat lunak harus menyediakan semua kebutuhan operasional sebuah hotel. Beberapa hotel terkenal dan perangkat lunak secara luas digunakan opera, Fidelio, Myoh, Nya, dan lain-lain.
Dalam tulisan ini, pembahasan yang membuat istilah umum yang sering digunakan dalam operasi hotel pada kode dan pemahaman ruang status, antara lain:
Hotel Software dikembngkan oleh banyak pakar IT yang memiliki keuntungan satu sama lain masing-masing dengan harga yang bervariasi. Hotel solusi perangkat lunak harus menyediakan semua kebutuhan operasional sebuah hotel. Beberapa hotel terkenal dan perangkat lunak secara luas digunakan opera, Fidelio, Myoh, Nya, dan lain-lain.
Dalam tulisan ini, pembahasan yang membuat istilah umum yang sering digunakan dalam operasi hotel pada kode dan pemahaman ruang status, antara lain:
Code
|
Description
|
Remarks
|
O
|
Occupeid
|
.Satu kamar ditempati oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu hotel |
OC
|
Occupeid
Clean
|
Satu kamar ditempati oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu di kamar hotel yang bersih |
OD
|
Occupeid
Dirty
|
satu kamar diduduki oleh seseorang secara sah dan terdaftar sebagai tamu di kamar hotel yang masih kotor. Hal ini terjadi karena perubahan dalam status OC ke OD setelah satu malam menginap. |
V
|
Vacant
|
Sebutan untuk kamar kosong |
VC
|
Vacant
Clean
|
Ruangan kosong dengan keadaan bersih |
VD
|
Vacant
Dirty
|
Ruang kosong dengan keadaan kotor. dapat terjadi karena ruang tamu kotor telah memeriksa atau membersihkan dari program rumah tangga |
VCI
|
Vacant
Clean Inspected
|
Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh seorang supervisor lantai dan siap untuk menerima tamu (dijual) |
Comp
|
Compliment
|
Kamar yang terigester oleh tamu, tetapi kamar tidak dikenakan biaya (gratis) |
HU
|
House
Use
| Kamar yang terdaftar atas nama seseorang dari manajemen atau karyawan hotel yang digunakan sebagai tempat tinggal. |
DND
|
Do
not Disturb
|
Sebuah tanda yang dibuat oleh tamu agar tidak diganggu. |
SO
|
Sleep
Out
|
Seorang tamu yang masih terdaftar, tapi kamar tidak digunakan (tidur di luar hotel). |
Skip
|
Skipper
|
Para tamu meninggalkan hotel sebelum melunasi semua kewajiban pembayaran |
OS
|
Out
of Service
|
Kamar yang memerlukan perbaikan ringan, perbaikan lama biasanya kurang dari satu hari, status ini dapat terjadi karena kerusakan atau pembersihan dari program internal. layanan ini tidak mengurangi ketersediaan kamar. |
OO
|
Out
of Order
|
Kamar yang memerlukan perbaikan serius, perbaikan lama biasanya lebih dari satu hari. Status ini dapat terjadi karena kerusakan di kamar atau pembersihan dari program internal. kerusakan ini akan mengurangi ketersediaan kamar. |
DO
ED
|
Due
Out / Expected Departure
|
Daftar kamar yang diharapkan untuk check - out hari ini sesuai dengan tanggal keberangkatan |
EA
|
Expected
Arrival
|
Daftar nama-nama tamu diharapkan tiba hari ini |
CO
|
Check
Out
|
Pelanggan yang sudah meninggalkan hotel hari ini setelah melunasi semua kewajibannya, termasuk menyerahkan kunci yang digunakan kepada front office |
LCO
|
Late
Check Out
|
Permintaan untuk tamu hotel untuk meninggalkan kamar melebihi waktu check out ditentukan |
ONL
|
Occupeid
no Luggage
|
Seorang tamu yang menginap idak membawa barang-barang bawaan |
DL
|
Double
Lock
| tamu melakukan kunci ganda sehingga tidak ada yang bisa masuk ke kamar |
No comments:
Post a Comment