Klik Di Sini

Friday, January 04, 2019

MACAM-MACAM BANQUET EVENT DI HOTEL


knowhotels.blogspot.com - Salah satu Revenue terbesar yang dihasilkan oleh hotel selain dari kamar adalah berasal dari banquet. Adanya banquet event dalam jumlah besar menambah revenue hotel meningkat tajam. Apa saja macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh staf sales and marketing hotel?

Berikut ini macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh staf sales and marketing hotel kepada pihak luar:
  1. Wedding Party
    Wedding party atau pesta pernikahan adalah salah satu banquet event yang bisa dijual oleh seorang staf sales and marketing. Biasanya, departemen sales and marketing akan membuat harga promo untuk penyelenggaraan pesta pernikahan di hotel dan memberikan sebuah complimentary berupa menginap satu malam bagi pasangan yang menikah untuk menikmati honeymoon di hotel.
  2. Meeting atau Rapat
    Meeting atau rapat adalah banquet event yang paling laris di-order oleh instansi pemerintah maupun perusahaan. Meeting atau rapat ini dibagi menjadi 2 yakni half day meeting dan full day meeting.
    Half day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama setengah hari. Biasanya dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00. Fasilitas half day meeting ini terdiri dari 1x coffe break dan 1x lunch (makan siang).
    Sedangkan full day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama sehari penuh. Fasilitas yang diberikan pun berbeda dari half day meeting, yakni 2-3x coffe break, 1x lunch, dan 1x dinner (setiap hotel memiliki kebijakan tersendiri mengenai fasilitas yang ditawarkan untuk full day meeting).
  3. Seminar
    Pemakaian meeting room atau ballroom untuk seminar hampir sama dengan paket meeting, ada half day seminar dan full day seminar. Untuk penyelenggaraan seminar di hotel, biasanya divisi sales and marketing hotel akan melakukan kerja sama dengan pihak event organizer (EO) yang meng-handle acara seminar.
  4. Event Music Indoor
    Meeting room atau ballroom hotel bisa disulap menjadi venue untuk penyelenggaraan konser musik maupun hiburan lainnya secara indoor (terutama untuk unit hotel yang memiliki ball room dengan kapasitas lebih dari 1000 orang). Ballroom hotel bisa menjadi salah satu tempat alternatif penyelenggaraan konser musik apabila di kota tersebut tidak ada hall ataupun gedung yang bisa dipakai sebagai venue acara musik.
  5. Pelatihan Table Manner                                                                                        Seorang sales and marketing bisa juga menjual banquet event ke sekolah maupun kampus-kampus yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan untuk pelatihan table manner bagi siswa-siswanya. Jadi, siswa-siswa dari sekolah maupun kampus tersebut bisa secara real (praktek langsung) table manner di hotel.
  6. Training-Training                                                                                                Ada Beberapa perusahaan yang ingin menjadikan staf mereka agar semakin termotivasi dalam bekerja keras. Maka perusahaan tersebut akan mengadakan training. Training tersebut berdasarkan keahlian yang akan diujikan. biasanya perusahaan yang bersangkutan mengadakannya di Hotel
  7. Gathering                                                                                                            Gathering merupakan suatu acara yang biasanya dilakukan berdampingan dengan makan-makan. baik itu lunch maupun dinner. akan tetapi kebanyakan yang sering dilakukan adalah dinner gathering, mengingat saat periode lunch para undangan  masih beraktivitas bekerja. contoh dari gathering misalnya acara kocokan arisan, acara peluncuran penjualan apartemen, peluncuran produk baru untuk nasabah bank. intinya sambil mereka makan, sambil mereka mendengarkan presentasi yang sedang berlangsung
  8. Exebition. exebition merupakan acara seperti pameran. mereka menampilkan beberapa produk yang didisplay yang kemudian ditawarkan kepada para undangan yang datang di suatu acara tersebut. dalam acara exebition ini biasanya harga produk yang di pamerkan harganya lebih murah dibanding harga normal yang dijual di toko-toko.
  9. Incentive. Beberapa perusahaan yang mencapai target penjualan melebihi yang diperkirakan akan memberikan insentive kepada stafnya. insentive tersebut dapat berupa uang, liburan atau kegiatan lainnya. dalam hal ini perusahaan yang bersangkutan akan bekerjasama dengan hotel untuk mengatur segala keperluan aktivitas yang akan dilakukan oleh staf yang mendapatkan insentive tersebut.
Itulah beberapa contoh macam-macam banquet event yang umumnya dijual oleh departemen sales and marketing hotel.
Di dalam menjual maupun menerima order banquet event, Departemen sales and marketing harus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan departemen lainnya seperti departemen F&B baik itu kitchen maupun service, departemen accounting untuk pengadaan bahan masakan, departemen housekeeping untuk pengawasan kebersihan di sekitar meeting room, dan departemen engineering untuk set up alat-alat yang ada di dalam meeting room (sound system, mic, proyektor, LCD) sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila acara berjalan dengan baik, maka tamu akan puas terhadap pelayanan banquet yang diberikan oleh karyawan hotel.

3 comments:

Unknown said...

wah aku juga training di banquet 6 bulan dong

mas si said...

semoga sukses

Zuri Hotels said...

Welcome to The Zuri Kumarakom, one of the best Five Star Hotels in Kumarakom, experience everything from the colourful local culture, the mouth-watering local cuisine and the rich repository of flora and fauna found here, while surrounded by luxury. The Maya Spa, Zuri’s very own spa chain gives you the chance to pamper yourself with a wide variety of spa treatments that will leave you glowing both inside and outside.