Klik Di Sini

Saturday, October 20, 2018

PENGERTIAN CHARGE TO ROOM ATAU ROOM CHARGE


knowhotels.blogspot.com – Charge to room atau biasa kita sebut dengan istilah room charge adalah sistem pembayaran yang dilakukan tamu dengan cara menggabungkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh tamu (makan, minum, laundry, menginap, dll), dimana pembayarannya dilakukan pada saat tamu check out. Setiap tamu yang melakukan transaksi baik itu makan, minum, laundry, dll, wajib untuk dimintai tanda tangan pada setiap bill yang diserahkan sebagai bukti bahwa tamu tersebut melakukan suatu transaksi yang dimaksud.

beberapa hotel berbintang tidak menerima charge to room jika tamu yang menginap tidak memiliki deposit. hal ini dilakukan untuk menghindari skipper (tamu yang kabur tanpa membayar), mengingat banyak tamu yang check out tidak mampir ke front office terlebih dahulu. solusinya jika tamu tidak memiliki uang cash maka bisa dilakukan dengan credit card atau debit card, karena setiap hotel berbintang saat ini sudah memiliki mesin EDC bank masing-masing.

Contoh dan ilustrasi  transaksi dengan cara charge to room atau room charge

Pak Prabowo menginap di hotel Aston dengan harga 1.000.000 per malam. namun beliau membayar 1.500.000. dimana yang 500.000 digunakan untuk deposit. uang deposit tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pak prabowo selama menginap di hotel Aston. pada malam harinya beliau memesan makanan dan minuman dengan total bill 300.000 dan pembayarannya dengan cara charge to room. selain itu pak prabowo melaundry pakaiannya seharga 150.000. dan pembayarannya pun dengan cara charge to room. 

hitung-hitungannya adalah sebagai berikut :
  • Room                                               :   1.000. 000 Lunas pada saat Check In
  • Deposito                                           :      500. 000
  • Makan Minum                                 :     -300. 000
  • Laundry                                            :     -150.000
  • Sisa uang deposit pak Prabowo       :        50.000
Pada saat check out pak Prabowo akan menerima refund (uang kembalian) sebesar 50.000. 


 NOTE PENTING :
  1. Untuk setiap bill charge to room tamu wajib untuk tanda tangan dan nama jelas di bill suatu transaksi. 
  2. jika tamu tidak memiliki uang deposit, maka tidak disarankan untuk memberikan pembayaran charge to room. informasikan agar membayar cash atau credit / debit card
  3. jika tamu tersebut merupakan tamu reguler yang sudah menjadi pelanggan setia, meskipun dia tidak deposit maka dapat dilakukan charge to room. hal ini dikarenakan hotel sudah mengetahui identitas lengkap tamu langganan tersebut.


Nah, setelah membaca sedikit ilustrasi dari transaksi dengan cara charge to room, bagaimana pendapat temen-temen hotelier ? Apa sudah mengerti ? Semoga ya….

Semoga artikel dan ilustrasi di atas menambah pengetahuan tentang ilmu perhotelan ya…

2 comments:

Unknown said...

Klu pemakaian nya melebihi dri uang deposit gmna ya?

mas si said...

jika pemakaiannya melebihi deposit, mka hotel akan langsung menagihkan ke tamu tersebut dengan cash basis.terima kasih....