Knowhotels.blogspot.com - Pelayanan
merupakan salah satu faktor penting dalam menjual produk, apalagi pada
department food and beverage. First impression dari tamu masih menjadi hal yang
perlu dipertimbangkan dalam mewujudkan loyalty pelanggan. Sebelum menjadi seorang
waiter/ss, pengetahuan mengenai pelayanan sangat diperlukan untuk menambah nilai
plus dalam melakukan service.
Sebagian
besar di restoran lokal ataupun di hotel masih mengandalkan gaya ala carte
dalam menjual makanan. Padahal, masih banyak lho macam-macam service itu. Mungkin nama Ala carte lebih
sering dikenal oleh para food and beverage team, namun sebenarnya bahwa ala
carte itu adalah american service. Berikut adalah jenis-jenis service food and
beverage :
1.
Table service
Suatu
sistem pelayanan dimana tamu duduk dikursi menghadap meja makan, kemudian makanan
dan minuman diantarkan dan disajikan, table service ini umumnya dibedakan
menjadi 4 kategori yaitu:
a)
American service (sistem pelayanan ala
Amerika / Ala Carte)
·
Sifat pelayanannya sederhana, tidak resmi dan
cepat
·
Makanan sudah siap ditata dan diatur diatas
piring
b)
English service (sistem pelayanan ala
Inggris)
Pelayanan
ini digunakan oleh keluarga bangsawan di Inggris, makanan tersedia dimeja dan
diatur oleh nyonya rumah dalam piring dan dihidangkan kepada tamunya dan nyonya
rumah tersebut biasa disebut hostess, jadi service ini banyak digunakan dirumah
tangga. Contoh yang paling umum adalah jika ada yang berulang tahun, maka yang
berulang tahun akan memotong kue dan langsung memberikannya kepada tamu.
c)
French service
French
service adalah suatu tipe pelayanan yang sifatnya formal/resmi, awalnya
pelayanan ini digunakan untuk tamu bangsawan, sekarang ini disukai untuk orang
yang ingin mendapatkan pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari
dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan dekat tamu dengan
menggunakan “range oven atau rechaud oven” dan setelah matang. Ditata atau
disusun diatas oval platter dengan menggunakan guerdion dan dihias dengan
hiasan yang baik kemudian satu persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter
secara berurutan kepada tamu. Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan
makanan utama secara utuh. Bila tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan
yang disukai. Kemudian dipotong oleh waiter yang telah ahli serta disajikan
langsung ke atas piring tamu, yang terbuat dari peralatan service serta
dekorasi yang baik dan mahal.
d)
Russian service
Pelayanan
jenis ini sering disebut juga dengan modified french service karena
dalam beberapa hal mempunyai kesamaan dengan french service. Pelayanan ala
rusia sifatnya sangat formal, mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian
yang luar biasa dari petugas, perbedaan yang menonjol antara rusian dengan
french adalah:
· Russian service memerlukan seorang
waiter, sedangkan french service memerlukan dua orang waiter
· Makanan yang disajikan pada russian service
disiapkan sepenuhnya di dapur sedangkan french service sebagian disiapkan di
dapur dan di restoran.
2.
Counter service
Suatu
sistem pelayanan dimana para tamu datang lalu duduk di counter, apabila makanan
dan minuman yang dipesannya sudah siap, maka akan disajikan kepada tamu di atas
counter. Petugas yang menyajikan bisa waiter ataupun juru masaknya. Pelayanan
ini lebih praktis, hemat tenaga dan waktu.
3.
Self service
Self
service atau buffet service adalah suatu sistem pelayanan
restoran dimana semua makanan secara lengkap(hidangan pembuka, sup, hidangan
utama, hidangan penutup) telah tertata dan diatur rapi di atas meja hidang atau
meja prasmanan. Para tamu secara bebas mengambil sendiri hidangannya sesuai
dengan selera.
4.
Carry out service
Carry
out service lebih dikenal dengan istilah take out service yaitu
sistem pelayanan dimana tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap
ataupun disiapkan terlebih dahulu, dibungkus dalam kotak untuk dibawa pergi,
jadi makanan tidak dinikmati di tempat.
No comments:
Post a Comment