Klik Di Sini

Sunday, March 01, 2015

BIDIK PELUANG KARIR PARIWISATA DAN PERHOTELAN

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, budaya, kuliner dan suku. Kekayaan itulah yang membuat para wisatawan asing  untuk melakukan wisata ke nusantara. Hal ini sangat bermanfaat bagi para tenaga kerja untuk mengembangkan karir mereka. Mengingat banyaknya peminat usaha bisnis ini, otomatis banyak para tenaga kerja yang akan memburu karir pada bidang pariwisata dan perhotelan.
Keindahan alam dan budaya yang beragam, membuat Indonesia menjadi tujuan wisata para turis mancanegara. Hal inilah yang kemudian mendorong perkembangan industri pariwisata dan perhotelan.
Menurut dosen Akademi Parawisata Nasional (Akparnas), Herman Sulaiman, semakin pesatnya perkembangan kedua industri tersebut, maka semakin besar pula peluang kerjanya. Meski demikian, persaingan kerja di kedua industri tersebut tidak hanya mengandalkan tingginya strata pendidikan.
"Melainkan keahlian, kemampuan, serta kemauan untuk terus belajar dan menjadi ahli dalam bidangnya," kata Herman seperti disitat dari laman Universitas Nasional (Unas), Kamis (29/1/2015).
Salah satu bidang dari industri pariwisata dan perhotelan, kata Herman, adalah kuliner. Dia menilai, dunia kuliner di Indonesia semakin diminati, terbukti dari banyaknya tayangan kuliner yang terus berkembang dan terus dicari di televisi. Dia berharap, mahasiswa dapat menangkap peluang yang terbuka lebar tersebut.
"Oleh karena itu kami perlu memfasilitasi mahasiswa baik dengan pelatihan maupun dengan sarana dan prasana belajar yang semakin memadai," kata Herman.
Herman juga menjelaskan, prospek karier di industri tersebut dapat dilihat dari jumlah lulusan akademi pariwisata yang tersebar di berbagai perusahaan maupun hotel-hotel. Baik hotel standar maupun yang berbintang lima.
"Alhamdulillah, prospek karier Akparnas tetap menjanjikan. Terbukti, alumni kami sebagian besar tidak ada yang menganggur," imbuhnya.
by : okezone#news#(rfa)

No comments: