- Kedatangan tamu pertama akan disambut oleh doorman membuka pintu untuk mengucapkan greeting
- Membantu para tamu dengan penuh keramahan
- Tamu memasuki lobi dan diantar ke bagian reception. Sementara itu memanggil bellboy untuk memindahkan barang dari pintu masuk utama ketika tamu membawa barang-barang
2 . concierge
- concierge menerima barang tamu, mencatat jenis, dan jumlah sertabarangnya langsung mengisi bellboy Errand card
- Taruh item di tempat yang aman dan memungkinkan para tamu untuk memeriksa jumlah dan itemsnya
- bellboy menunggu hingga tamu mendapatkan kamar
- Setelah mendapatkan kamar, bellboy menunjukkan jalan ke lift , yang akan dikirimkan ke kamarnya
- Setelah lift tiba dan membuka, persilahkan para tamu keluar dahulu dan menunjukkan arah menuju kamar yang telah ditentukan .
- Mengetuk pintu 3 kali sebelum membuka pintu. Setelah itu masuk ke kamar :
- ü Nyalakan lampu
- ü Tempatkan item pada rak bagasi
- ü Jelaskan semua fasilitas
- ü Jelaskan acara tv atau program video yang
- ü Bagaimana mengontrol suhu air
- ü Jelaskan fasilitas kamar mandi
- ü Tempatkan kartu tamu dan kunci kamar di meja dan janga lupa untuk menjelaskan fasilitas hotel dan layanan lainnya yang mungkin ada
- ü Tinggalkan tamu dengan ucapan kata ajaib ( selamat beristirahat / memiliki tinggal yang bagus )
4 . bellboy errand card
Bellboy harus mencatat pada bellboy Errand card jumlah barang dan barang-barang yang dibawa. data asli atau
informasi diperlukan jika terjadi
sesuatu masalah dimasa depan yang berkaitan
dengan barang-barang yang
dititipkan oleh tamu
5 . keamanan
Untuk menjaga keamanan semua pihak agar mempertimbangkan
hal-hal berikut :
- Para tamu yang membawa barang-barang yang berharga untuk segera memberitahukan reception atau housekeeping untuk menjaga kemungkinan yang tak terduga. Sehingga dapat dititipkan di dalam safe deposit box
- Laporan jumlah orang yang menempati kamar
- Laporkan segera jika dicurigai membawa senjata api , tajam , dan mabuk
- Catat jumlah barang sesuai dengan jenisnya