Klik Di Sini

Tuesday, October 29, 2013

MENGENAL HOTEL BERSEJARAH SAVOY HOMAN BIDAKARA BANDUNG

Salah satu hotel tertua di pulau Jawa menjadi saksi sejarah dalam pengembangan kepulauan pariwisata. Hotel ini , serta Hotel Des Indes di Batavia (sekarang Toko Duta Merlin ) , menjadi hotel yang direkomendasikan wisatawan Eropa , terutama untuk urusan mewah dan makanan disajikan dengan gaya rijsttafel .

Hotel ini didirikan pada tahun 1871 . Awalnya bernama Hotel Homann , menurut pemilik nama Jerman Homann . Pertama, bangunan hanya terbuat dari bambu . Barulah pada 1880 dibangun menjadi sebuah bangunan berdinding batu bata.

Sementara itu, bangunan yang ada adalah bangunan yang menghadap Jalan Asia Afrika dibangun pada 1937 dengan gaya art deco oleh arsitek AF Albers dari Belanda . Pada tahun ini , namanya menjadi Hotel Savoy Homann .

Pada tahun 1987 , hotel ini dibeli oleh Panghegar Group . Hotel ini direnovasi dan ditambahkan bangunan baru . Nama juga berubah menjadi Panghegar Heritage Hotel Savoy Homann .

Sebagai akibat dari krisis keuangan , Panghegar Group dijual dan dibeli oleh hotel Bidakara Group pada 2000. Sejak itu , nama hotel diubah menjadi Hotel Savoy Homann Bidakara . Charlie Chaplin selama kunjungannya ke pulau Jawa pernah tinggal di hotel ini .

Nah , di hotel ini terdapat 3 ruangan khusus . Kamar presidential suite manifold disebut sebagai tipe Homann Suite . Apa yang membuatnya istimewa ? Ternyata tiga kamar yang pernah ditempati angka bersejarah Konferensi Asia - Afrika tahun 1955 .

Di lantai 1 , Homann Suite room bernama Jawaharlal Nehru , mantan Perdana Menteri India . Homann Suite di lantai 2 adalah ruang Sukarno . Sementara di ruang lantai ketiga bernama Cho En Lai , sesuai dengan nama mantan Perdana Menteri China .

Di setiap kamar ada satu sisi tertentu dari dinding yang ditampilkan foto mereka saat beraktivitas di hotel . Karena ruang president suite , ruang terdiri dari dua kamar tidur , ruang tamu lengkap dengan sofa , ruang makan , dan mini bar .

Kamar mandi di Homann Suite juga dilengkapi whirlpool . Ingin mencoba untuk tinggal di kamar Jawaharlal Nehru , Soekarno , atau Cho En Lai ? Siapkan hanya menghabiskan Rp 4.500.000 per malam .