Klik Di Sini

Monday, October 28, 2013

Public Relation ( PR )



Public Relations adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik dalam individu / organisasi .

Menurut IPRA ( International Public Relations Association ) Public relations adalah fungsi manajemen dari karakteristik terencana dan berkelanjutan melalui badan-badan swasta atau organisasi dan masyarakat ( publik ) untuk mendapatkan pemahaman , simpati , dan dukungan dari orang-orang yang mungkin berkaitan atau sesuatu hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka . Sebagai profesi public relations bertanggung jawab untuk memberikan informasi , mendidik , meyakinkan , meraih simpati dan membangkitkan minat publik dalam sesuatu atau membuat orang memahami dan menerima situasi .

Sebuah PR selanjutnya diharapkan untuk membuat program dalam mengambil tindakan yang disengaja dan terencana dalam upaya untuk mempertahankan , menciptakan , dan memelihara saling pengertian antara organisasi dan orang-orangnya . Posisi Public relations mendukung tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen organisasi . Public relations sasaran adalah publik internal dan eksternal , yang secara operasional bertanggung jawab atas hubungan masyarakat untuk membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah hambatan psikologis yang mungkin terjadi di antara mereka .

Contoh kegiatan PR melobi , berbicara di depan umum , mengorganisir acara , dan membuat pernyataan tertulis .

Sejarah Humas di Dunia

Public relations konsep dasar yang diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil menjembatani konflik buruh batubara dan pengusaha . Konsep ini dikenal sebagai Deklarasi Prinsip ( Deklarasi Prinsip Dasar - prinsip) bahwa prinsip terbuka dan tidak menyembunyikan fakta dan data.

Public relations di Indonesia di Indonesia dikenal pada tahun 1950 di mana humas bertugas untuk menjelaskan peran dan fungsi masing-masing kementerian , departemen, lembaga , badan , dan sebagainya.

Karya seorang public relations

Apakah public relations tugas pekerjaan yang dilakukan oleh humas dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang semua fakta tentang hal itu , dan kadang-kadang situasi atau situasi dengan cara yang akan menang atas insiden tersebut

Secara umum kesan buruk berasal dari kebodohan, prasangka, sikap terhadap , dan apatis . Seorang petugas humas harus mampu mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan .

Bagian penting dari Public relations kerja pegawai dalam suatu organisasi adalah:

  1. · Membuat kesan ( image )
  2. · Pengetahuan dan pemahaman
  3. · Membuat bunga
  4. · Penerimaan
  5. · simpati

Public relations adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan , karyawan , dan masyarakat luas . Dalam karyanya , seorang humas membuat dengan analisis dan perbaikan diri , dan membuat pernyataan keluar .

Secara umum kesan buruk berasal dari kebodohan, prasangka, sikap terhadap , dan apatis . Seorang humas harus mampu mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan .

1 . Tayangan ( gambar)

Tayangan di sini berarti " satu gambar yang diperoleh tentang fakta-fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman ( dari suatu produk , orang, atau situasi ) " .

2 . Pengetahuan dan pemahaman

Public relations memiliki peran penting dalam membantu untuk menginformasikan internal yang umum ( dalam organisasi ) dan publik eksternal ( luar organisasi ) untuk memberikan informasi yang akurat dalam format yang mudah untuk memahami kebodohan yang akan organisasi , produk , atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pemahaman .

3 . membuat bunga

Public relations juga harus mampu menciptakan kepentingan publik dalam serangkaian keadaan atau situasi , yang dapat menjadi pengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang . Menggunakan strategi dalam hal kepublic ini relationan dapat sangat efektif .

4 . penerimaan

Mereka mungkin akan berjuang pada situasi karena mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi , atau mengapa hal itu terjadi . Profesi Public relations memiliki peran kunci untuk menjelaskan situasi atau kejadian yang sangat jelas bahwa kebodohan , dan bahkan oposisi , yang dapat diputar ke atmosfer sekitarnya pemahaman dan penerimaan .

5 . simpati

Dalam menyajikan informasi dalam , umumnya cara sukses yang jelas dan tidak bias untuk mendapatkan simpati .

Fungsi Public Relations 

Menurut Edward L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
  1.     memberikan informasi kepada publik ,
  2.     membujuk masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku masyarakat
  3.   Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan tindakan masyarakat , atau sebaliknya


Kesalahan Umum

Kesalahan umum yang terjadi dianggap sebagai program hubungan program jangka pendek publik, dan program pengendalian reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika hubungan yang buruk dengan masyarakat .

Kegiatan Humas

Tujuh puluh persen dari kegiatan public relations yang berkaitan dengan menulis di samping tugas lain . Diantaranya adalah :

  1. Desain pesan tematik bahwa pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki pesan seragam / link . Contoh : ketika bank-bank komersial memegang tema " Cinta "
  2. Segmen media, di mana humas harus mampu saling mendukung untuk merumuskan keseimbangan antara media cetak dan elektronik
  3. Komunikasi interaktif . Sebagai contoh beberapa organisasi dalam merancang logo melakukan keterlibatan konsumen yang membuat kompetisi untuk merancang logo , contoh lain adalah rubrik konsultasi atau layanan pelanggan melalui telepon .
  4. Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk dan pesan melalui penggunaan kekuatan atau kombinasi keduanya . Contoh : peristiwa sponsor : Dari majora
  5. Iklan Serbaguna ( memanfaatkan momentum psikologis ) . Contoh : bukan lip service .
  6. penjualan simpatik. Contoh : Aqua selain penjualan hasil untuk menguras pipa air di kawasan timur Indonesia .
  7. Melakukan iklan layanan masyarakat .
  8. Mulut pemasaran mulut . Contoh : reputasi Bluebird Taksi baik di pasar jarang menggunakan iklan media massa .
  9. Pemasaran event khusus di mana kegiatan yang dirancang untuk melibatkan penonton . Contoh : jakarta fair acara
  10. Memanfaatkan komunikasi akrab bagi pelanggan . Contoh : layanan purna jual , dll .

No comments: