Public Relations adalah
seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam
kepercayaan publik dalam individu / organisasi .
Menurut IPRA (
International Public Relations Association ) Public relations adalah fungsi
manajemen dari karakteristik terencana dan berkelanjutan melalui badan-badan
swasta atau organisasi dan masyarakat ( publik ) untuk mendapatkan pemahaman ,
simpati , dan dukungan dari orang-orang yang mungkin berkaitan atau sesuatu
hubungannya dengan penelitian opini publik di antara mereka . Sebagai profesi
public relations bertanggung jawab untuk memberikan informasi , mendidik ,
meyakinkan , meraih simpati dan membangkitkan minat publik dalam sesuatu atau
membuat orang memahami dan menerima situasi .
Sebuah PR selanjutnya
diharapkan untuk membuat program dalam mengambil tindakan yang disengaja dan
terencana dalam upaya untuk mempertahankan , menciptakan , dan memelihara
saling pengertian antara organisasi dan orang-orangnya . Posisi Public relations
mendukung tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen organisasi . Public
relations sasaran adalah publik internal dan eksternal , yang secara
operasional bertanggung jawab atas hubungan masyarakat untuk membina hubungan
yang harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah hambatan
psikologis yang mungkin terjadi di antara mereka .
Contoh kegiatan PR
melobi , berbicara di depan umum , mengorganisir acara , dan membuat pernyataan
tertulis .
Sejarah Humas di Dunia
Public relations konsep
dasar yang diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil
menjembatani konflik buruh batubara dan pengusaha . Konsep ini dikenal sebagai
Deklarasi Prinsip ( Deklarasi Prinsip Dasar - prinsip) bahwa prinsip terbuka
dan tidak menyembunyikan fakta dan data.
Public relations di
Indonesia di Indonesia dikenal pada tahun 1950 di mana humas bertugas untuk
menjelaskan peran dan fungsi masing-masing kementerian , departemen, lembaga ,
badan , dan sebagainya.
Karya seorang public
relations
Apakah public relations
tugas pekerjaan yang dilakukan oleh humas dalam meningkatkan pemahaman dan
pengetahuan tentang semua fakta tentang hal itu , dan kadang-kadang situasi
atau situasi dengan cara yang akan menang atas insiden tersebut
Secara umum kesan buruk
berasal dari kebodohan, prasangka, sikap terhadap , dan apatis . Seorang
petugas humas harus mampu mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan
pengertian, penerimaan dan ketertarikan .
Bagian penting dari
Public relations kerja pegawai dalam suatu organisasi adalah:
- · Membuat kesan ( image )
- · Pengetahuan dan pemahaman
- · Membuat bunga
- · Penerimaan
- · simpati
Public relations adalah
proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan
pengertian dari pelanggan , karyawan , dan masyarakat luas . Dalam karyanya ,
seorang humas membuat dengan analisis dan perbaikan diri , dan membuat
pernyataan keluar .
Secara umum kesan
buruk berasal dari kebodohan, prasangka, sikap terhadap , dan apatis . Seorang
humas harus mampu mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan pengertian,
penerimaan dan ketertarikan .
1 . Tayangan ( gambar)
Tayangan di sini
berarti " satu gambar yang diperoleh tentang fakta-fakta sesuai dengan
tingkat pengetahuan dan pemahaman ( dari suatu produk , orang, atau situasi )
" .
2 . Pengetahuan dan
pemahaman
Public relations
memiliki peran penting dalam membantu untuk menginformasikan internal yang umum
( dalam organisasi ) dan publik eksternal ( luar organisasi ) untuk memberikan
informasi yang akurat dalam format yang mudah untuk memahami kebodohan yang
akan organisasi , produk , atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan
pemahaman .
3 . membuat bunga
Public relations juga
harus mampu menciptakan kepentingan publik dalam serangkaian keadaan atau
situasi , yang dapat menjadi pengaruh besar dalam suatu organisasi atau
sekelompok orang . Menggunakan strategi dalam hal kepublic ini relationan dapat
sangat efektif .
4 . penerimaan
Mereka mungkin akan
berjuang pada situasi karena mereka tidak mengerti apa yang sedang terjadi ,
atau mengapa hal itu terjadi . Profesi Public relations memiliki peran kunci
untuk menjelaskan situasi atau kejadian yang sangat jelas bahwa kebodohan , dan
bahkan oposisi , yang dapat diputar ke atmosfer sekitarnya pemahaman dan
penerimaan .
5 . simpati
Dalam menyajikan
informasi dalam , umumnya cara sukses yang jelas dan tidak bias untuk
mendapatkan simpati .
Fungsi Public Relations
Menurut Edward
L.Bernays humas memiliki fungsi sebagai berikut :
- memberikan informasi kepada publik ,
- membujuk masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku masyarakat
- Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan tindakan masyarakat , atau sebaliknya
Kesalahan Umum
Kesalahan umum yang
terjadi dianggap sebagai program hubungan program jangka pendek publik, dan
program pengendalian reaktif saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika
hubungan yang buruk dengan masyarakat .
Kegiatan Humas
Tujuh puluh persen dari
kegiatan public relations yang berkaitan dengan menulis di samping tugas lain .
Diantaranya adalah :
- Desain pesan tematik bahwa pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki pesan seragam / link . Contoh : ketika bank-bank komersial memegang tema " Cinta "
- Segmen media, di mana humas harus mampu saling mendukung untuk merumuskan keseimbangan antara media cetak dan elektronik
- Komunikasi interaktif . Sebagai contoh beberapa organisasi dalam merancang logo melakukan keterlibatan konsumen yang membuat kompetisi untuk merancang logo , contoh lain adalah rubrik konsultasi atau layanan pelanggan melalui telepon .
- Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk dan pesan melalui penggunaan kekuatan atau kombinasi keduanya . Contoh : peristiwa sponsor : Dari majora
- Iklan Serbaguna ( memanfaatkan momentum psikologis ) . Contoh : bukan lip service .
- penjualan simpatik. Contoh : Aqua selain penjualan hasil untuk menguras pipa air di kawasan timur Indonesia .
- Melakukan iklan layanan masyarakat .
- Mulut pemasaran mulut . Contoh : reputasi Bluebird Taksi baik di pasar jarang menggunakan iklan media massa .
- Pemasaran event khusus di mana kegiatan yang dirancang untuk melibatkan penonton . Contoh : jakarta fair acara
- Memanfaatkan komunikasi akrab bagi pelanggan . Contoh : layanan purna jual , dll .
No comments:
Post a Comment