Klik Di Sini

Monday, October 07, 2013

Higiene dan Sanitasi

Dalam pelayanan semua persyaratan yang diperlukan telah tersedia , seperti layanan akomodasi, restoran , bar , pusat kebugaran , transportasi dan sebagainya . Semua fasilitas ini tidak hanya menampilkan kualitas , rasa masakan , tapi kenyamanan akan menjadi faktor yang sangat penting adalah kenyamanan dan jaminan atau garansi kebersihan berlaku untuk kesehatan .
Ø Sanitasi adalah USAHA yang berfokus pada kegiatan pencegahan penyakit dengan upaya kesehatan lingkungan manusia. ( Ditujukan kepada lingkungan )
Ø Kebersihan adalah bagaimana orang memelihara dan juga melindungi diri agar tetap sehat. ( Ditujukan kepada orang )


Beberapa manfaat jika kita menjaga sanitasi lingkungan :

1 . Mencegah penyakit menular

2 . mencegah kecelakaan

3 . mencegah bau

4 . menghindari kontaminasi

5 . Mengurangi jumlah ( persentase sakit)

6 . Lingkungan menjadi bersih , sehat dan nyaman

Lingkup kebersihan meliputi:

1 . kebersihan pribadi

2 . Kebersihan makanan dan minuman

Ruang lingkup kegiatan Sanitasi di hotel ini termasuk aspek-aspek berikut :

1 . Pasokan / air ( air ) Air

2 . Pengelolaan limbah ( pembuangan sampah )

3 . Makanan dan minuman pengolahan ( sanitasi makanan )

4 . Pengawasan / pengendalian serangga dan tikus ( serangga dan kontrol hewan pengerat )

5 . Kesehatan dan Keselamatan

Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3 )

instrumen untuk melindungi pekerja , lingkungan , dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan . Perlindungan adalah hak dasar yang harus dipenuhi oleh perusahaan . K3 bertujuan untuk mencegah , mengurangi atau bahkan meniadakan resiko kecelakaan kerja ( Zero Accident )

kesehatan kerja

Kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kesehatan / kedokteran dan berolahraga agar pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi upaya baik fisik maupun mental, dan sosial terhadap penyakit / masalah kesehatan preventif dan kuratif yang disebabkan oleh faktor pekerjaan dan lingkungan kerja serta terhadap umum penyakit .

Kerjasama dengan Kesehatan Anak Perusahaan

Status kesehatan seseorang ditentukan oleh empat faktor :

1 . lingkungan

lingkungan fisik (alam , buatan manusia ) kimia ( organik / anorganik , logam berat , debu ) , biologi ( virus , bakteri , mikroorganisme ) sosial budaya ( ekonomi , pendidikan , pekerjaan )

2 . Perilaku yang meliputi sikap , kebiasaan , perilaku

3 . Kesehatan : promosi , perawatan, pengobatan , pencegahan kecacatan , rehabilitasi

4 . Genetik , yang merupakan faktor bawaan setiap manusia.

Status kesehatan sangat mempengaruhi produktivitas pekerja

keselamatan

Keselamatan berkaitan dengan keselamatan mesin , peralatan , alat kerja, bahan dan proses pengolahannya , pekerjaan pondasi dan lingkungan dan cara-cara untuk melakukan pekerjaan itu .

Keselamatan memiliki sifat sebagai berikut :

a) Targetnya adalah lingkungan kerja

b ) Sebagai teknik

c ) Definisi Kecelakaan ( Accident ) adalah : suatu peristiwa atau kejadian yang tidak berbahaya bagi manusia yang tidak diinginkan , merusak harta benda atau kerugian terhadap proses .

d ) pembangunan nasional Hari banyak tergantung pada kualitas , kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia termasuk praktisi keselamatan dan kesehatan kerja (K3 ) . Dari produktivitas bisnis dan daya saing yang diperlukan baik untuk dapat mengambil bagian dalam bisnis internasional dan domestik .

Ada tiga aspek utama, yaitu hukum K3 :

1 . norma keselamatan

2 . Kesehatan Kerja

3 . Kerja Nyata

Lingkup K3

1 . Kesehatan & Keselamatan diterapkan di semua tempat kerja di mana aspek manusia yang terlibat sebagai pekerja , bahaya kerja dan pekerjaan yang Anda lakukan .

2 . Aspek perlindungan dalam Hiperkes meliputi:

a . Buruh dari semua jenis dan tingkat keahlian

b . Peralatan dan bahan yang digunakan

c . Fisik faktor lingkungan , biologi , kimia dan sosial

d . proses produksi

e . Karakteristik dan sifat pekerjaan

f . Teknologi dan metodologi kerja

3 . Implementasi Hiperkes holistik dilaksanakan dari perencanaan sampai hasil akuisisi dari kegiatan industri barang dan jasa

4 . Semua pihak yang terlibat dalam proses industri / perusahaan ikut bertanggung jawab atas keberhasilan Hiperkes bisnis.

No comments: