Klik Di Sini

Thursday, October 03, 2013

DEFINISI HOUSEKEEPING DEPARTMENT

"House" Dalam bahasa Inggris berarti rumah rumah , bangunan , rumah tamu , hotel. Sementara "keeping" memiliki makna Memelihara, menjaga , memelihara . Oleh karena itu juga disebut Housekeeping.
Housekeeping adalah departemen yang mengatur dan bertanggung jawab terhadap peralatan, kebersihan, melaporkan kerusakan serta dekorasi terhadap segala event yang adadi hotel, agar hotel mejai lebih rapi , bersih, menarik , dan menyenangkan bagi penghuninya.

Departemen housekeeping tidak hanya menyiapkan kamar tamu, tapi bertanggung jawab keseluruha , merawat dan membersihkan semua fasilitas hotel yang bersih , rapi dan nyaman . Oleh sebeb itu , semua kegiatan housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharaan, perawatan dan kebersihan hotel secara keseluruhan dapat dipertahankan .
staff Housekeeping memberikan pelayanan kepada kelancaran , kesiapan dan pemeliharaan kamar tamu, public area, restoran , ruang pertemuan , laundry , fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya . Mereka adalah bagian dari sebuah tim yang selalu siap untuk mempersiapkan dan menyambut kedatangan tamu hotel. Karyawan housekeeping sangat sensitif tentang kenyamanan tamu dengan memperhatikan rincian dan mengikuti semua perbaikan yang diperlukan .

Ruang lingkup tugas dan tanggung jawab
Bagian housekeeping bertanggung jawab terhadap , kerapian , ketertiban , kebersihan kelengkapan , membuat nyaman semua kamar yang ada di daerah atau hotel . meliputi :
1 . kamar tamu
2 . koridor
3 . restoran dan perjamuan
4 . ruang kantor
5 . ruang istirahat
6 . Locker
7 . Park dan taman
8 . Kolam renang
9 . area parkir

Tugas Housekeeping DeparTment
  1. Menciptakan suasana yang bersih , menarik, nyaman , dan aman .
  2. Memberikan layanan di kamar sebaik mungkin untuk tamu , sehingga tamu merasa puas ketika mengunjungi atau tinggal di hotel .
  3. Persiapan , penataan , dan pemeliharaan kamar .
  4. Bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan semua outlet dan ruang umum di hotel .
  5. Melaporkan dan membawa hilang dan ditemukan di supervisor
  6. Seragam Hotel , sepatu dan kaus kaki ditentukan .
Target Housekeeping
  1. Hygiene .Kebersihan hotel dalam sangat menentukan , jika kebersihan adalah terpelihara dengan baik sehingga tamu akan merasa nyaman dan tenang seperti sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu
  2. Kerapian. Kerapian meliputi tata letak pengaturan kamar dengan perlengkapan yang sesuai dan dekorasi membuat ruangan menjadi lebih menarik .
  3. Kelengkapan . Mengantisipasi menentukan pilihan sebuah hotel karena kebersihan hotel. kebutuhan tamu selama mereka tinggal dengan fasilitas premium menyelesaikan semua sesuai dengan standar sehingga pengunjung merasa nyaman dan Selamat datang untuk tinggal dan mengunjungi kembali ke hotel .
  4. Fasilitas . Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan agar dapat berfungsi dan digunakan oleh tamu hotel , sehingga meningkatkan kenyamanan dan fasilitas yang tidak mengganggu kegiatan mereka
Di operasional hotel, hal yang harus dilakukan dan tentang kebersihan dilaksanakan oleh housekeeping departemen, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager atau Executive Housekeeper . Secara umum, departemen housekeeping memiliki tanggung jawab area yang sangat besar , adalah wajar bahwa housekeeping memiliki jumlah karyawan lebih dari departemen lain . Oleh karena itu , pelaksanaan pemeliharaan dan pembersihan area hotel diatur oleh bagian berikut :
  1. Public Area. Bagian yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan , kerapihan , keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, yang keduanya ada di luar gedung atau di dalam bangunan hotel , antara lain Lobby area , toilet , restoran , ruang pertemuan , taman , area parkir dan fasilitas untuk hotel karyawan .
  2. Room section. bagian yang memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan , kerapian dan kelengkapan kamar .
  3. Laundry. bagian yang memiliki tanggung jawab untuk menyediakan linen bersih - linen untuk keperluaan kamar, restoran dan ruang pertemuan , menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan tamu membersihkan pakaian kotor .
  4. Linen dan Uniform. Bagian bertanggung jawab untuk mengelola seluruh sirkulasi dan penyediaan linen dan seragam bagi karyawan .
  5. Florist. Bagian bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga segar untuk mempercantik dekorasi di hotel .
  6. Kesehatan & jasa rekreasi bertanggung jawab atas fasilitas umum yang disediakan oleh hotel untuk tamu , selimut , spa dan pijat , kebugaran , golf , kolam renang dan banyak lagi.

Formulir Digunakan Housekeeping

Jenis-jenis formulir yang digunakan dalam administrasi rumah tangga , antara lain:
1 . Roomboy Control Sheet
2 . Room Report
3 . housekeeping Report
4 . Lost and Damages Report
5 . Repair and Maintenant Report
6 . Linen Inventory Report
7 . Cleaning and Guest Supplies Report
8 . Lost and Found Report
9 . Log Book
10 . Linen Laundry Delivery Slip
11 . Room Check List
12 . Lost and Found Book
13 . Mini Bar Daily Sales Report
14 . Mini Bar Daily Late Charge Report
15 . Mini Bar Bill .