Klik Di Sini

Thursday, September 26, 2013

DEFINISI LAUNDRY DAN MACAM-MACAMNYA


Laundry ialah bagian dari housekeeping yang bertugas mencuci semua linen, baikinternal maupun eksternal yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan .
Tugas utama adalah untuk membantu operasioanal laundry hotel yang terkait dengan proses pencucian linen untuk kamar tamu , restoran dan ruang pertemuan serta seragam untuk karyawan . ini adalah pemberian yang sangat wajib fasilitas laundry , selain fasilitas untuk tamu serta untuk memenuhi kebutuhan linen - diperlukan kain bersih untuk operasi hotel. Dalam laundry hotel operasi bervariasi , umumnya sampai 21:00 malam lebih awal , dalam upaya untuk biaya menekaan . Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan jam operasional di sebuah hotel , antara lain:

1 . Tingkat hunian , hunian tinggi dan tamu linen laundry maka lebih sehingga semakin lama proses.
2 . Total output kilogram mesin cuci , semakin besar jumlah output , semakin lama linen diproses .
3 . Par stock linen Hotel , par stock laundry kurang menjadi penyebab harus melanjutkan sampai tujuan selasai besok.

Laundry section meliputi :

1 . laundry attendant adalah orang yang bertanggung jawab atas operasional laundry keseluruhan
2 . Washer bertugas mencuci linen
3 . presser berperan dalam pelicinan linen
4 . Fungsi checker untuk memeriksa laundry untuk dicuci
5 . Marker disajikan untuk menandai laundry tamu untuk dicuci untuk membedakan
6 . dry cleaning. pencucian tanpa menggunakan AIR
7 . Valet Adalah bagina yang bertanggung jawab atas pengumpulan dan pengiriman laundrytamu

Macam-macam washing machine
1 . Mesin cuci adalah mesin cuci dengan kapasitas 23-125 kg linen
2 . Menekan mesin berfungsi untuk memperlancar linen
3 . Datar ironer roll mesin yang digunakan untuk peran linen halus sedemikian sprei ukuran besar
4 . Extractor berfungsi untuk mengekstrak mesin cuci
5 . Mesin pengering untuk laundrypengeringan hingga 80 ◦ C
6 . Susie Q adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk menghaluskan jazz dalam bentuk pakaian, safari dan sejenisnya

washing
1 . Menghilangkan noda atau kotoran .
2 . Menjaga pakaian untuk bebas dari kuman .
3 . Menjaga sifat asli pakaian tetap .
4 . Mencegah pakaian tidak cepat rusak .

Dalam proses pencucian ada 4 faktor yang menentukan hasil cuci kualitas , yaitu:

1 . Aksi kimia
Apakah interaksi antara kain , kotoran dan konsentrasi bahan kimia untuk menghilangkan kotoran dari kain . Dalam operasi laundry , ketika konsentrasi bahan kimia ditambahkan , komponen lain dapat dikurangi dengan hasilnya pula . Namun, ketika konsentrasi berkurang terlalu banyak akan menghasilkan laundry miskin walaupun proses mekanis , waktu dan suhu meningkat .
Bahan kimia yang dibutuhkan dalam proses pencucian meliputi:
1.       Deterjen, bahan pembasah , brightener optik dan agen anti - redeposition .
2.       alkali
3.       pemutih
4.       asam
5.       Selesai termasuk bakteri pabric pelembut kontrol, jamur preventation dan pati .
6.       Specialities seperti enzim

2 . mechanial Action
Sebuah pengucekan proses ( agitasi ) di mesin cuci . Pada saat menggosok kain terhadap satu sama lain karena kecepatan mesin dalam larutan air dan deterjen yang terjadi berulang kali kemudian ada pelepasan kotoran dan penyebaran bahan kimia untuk meningkatkan efektivitas . Proses ini tidak terlalu berfungsi untuk mencuci dengan tingkat kotoran ringan , melainkan berfungsi untuk tingkat kotoran berat . Tanpa proses mekanis , akan sulit untuk menurunkan berat badan kotoran dari pakaian .

Efektivitas tindakan mekanis tergantung pada 5 faktor , yaitu:
1 . Durasi ( Waktu )
Semakin lama pengucekan proses , semakin besar tindakan mekanis pada pakaian berarti 10 menit pengucekan lebih baik dari 5 menit .

2 . Tingkat air ( ketinggian air )
Tindakan mekanis akan berkurang ketika permukaan air meningkat . Ketika terlalu banyak air , maka pakaian dicuci akan mengapung sampai proses ini tidak efektif .

3 . Beban berat dan volume ( berat dan volume pencucian )
Selama pemuatan akan membatasi tindakan mekanis pada proses pencucian sementara Under Pemuatan akan menyebabkan pemborosan energi, air dan bahan kimia . Tindakan mekanis berlebihan pada bawah beban merupakan penyebab kerusakan utama kedua yang memegang andil dalam linen setelah SATAL penggunaan pemutih .

4 . Jenis kain ( Type kain )
Masing-masing memiliki kain bobot yang berbeda . Sebuah mesin cuci yang mencuci 200 kg kain katun kering masih mialnya hanya bisa diisi dengan 65/35 poliester / kapas sebanyak 150 kg . Meskipun bobot yang berbeda tetapi masing-masing jenis kain berlangsung sama .

5 . Isi ( tingkat kekotoran )
Mesin harus diisi berat linen kering disesuaikan dengan tingkat kekotoran . Sebagai contoh, sebuah mesin cuci yang mencuci 200 kg kain katun dengan tingkat kkotoran dari 5 % , itu dapat diisi sebanyak 190 kg ( 200 kg - ( 200 kg x 5 % ) ) .

3 . Suhu ( Temperature )
Suhu air harus sesuai dengan warna cucian dan juga jenis bahan kimia yang digunakan . Contoh : Untuk mencuci putih dapat digunakan suhu yang sangat tinggi , laundry berwarna gelap yang digunakan suhu rendah atau warna dingin dan cerah penggunaan laundry air hangat . Tetapi juga harus dilihat dari warna dan jenis bahan . Dalam menentukan suhu air tergantung pada kondisi kotoran , jenis kain , warna dan bahan kimia yang digunakan .

    Flushes : 20-60 ' c
    Busa : 40-70 ' c
Setiap kenaikan suhu akan menyebabkan reaksi kimia -10 'C dua kali lebih cepat , tapi tidak ada cara untuk mendapatkan bahwa suhu panas akan memberikan lebih baik.Energy yang terbuang karena deterjen dan pemutih memiliki batas temperatur , akan efektif pada enzim misalnya uhu rendah .

4 . Waktu / durasi (waktu )
Waktu yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal , terutama saat mencuci ( sindroma ) . Waktu yang cukup untuk bahan kimia untuk bereaksi dengan kotoran . Juga membutuhkan waktu untuk kotoran untuk melarikan diri ke laut deterjen kain serat Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas, mengingat panduan berikut dapat digunakan adalah . :

    Dan bilas flushes / pembilasan dengan waktu 2-3 menit .
    Busa biasanya 5-15 menit tergantung pada jenis dan tingkat kekotoran .
    Pemutihan biasanya 7-10 menit
    Sours berkisar 5-6 menit

1 comment:

aplikasi android said...

terimakasih telah berbagi informasi bermanfaat seputar laundry. dapat membantu pembaca dalam menambah wawasannya seputar laundry serta macam-macamnya...
Aplikasi Kasir Laundry ANdroid