Klik Di Sini

Monday, September 09, 2013

Human Resources Department


Merupakan sebuah departemen di hotel yang bertanggung jawab untuk perekrutan , promosi , demosi , rotasi dan seleksi karyawan baru. Dalam melaksanakan tugasnya departemen sumber daya manusia harus memiliki perencanaan yang matang untuk mendapatkan hasil yang diharapkan . Dalam perencanaan tenaga kerja untuk sebuah hotel baru akan dibangun dan dioperasikan , diperlukan desain memikirkan jenis pekerjaan dan analisis pekerjaan . Untuk itu perlu untuk mendapatkan jawaban atas beberapa pertanyaan , seperti:
1 . Apa setiap pekerjaan ?
2 . Berapa banyak pekerja yang dibutuhkan?
3 . Bagaimana masing-masing pekerjaan ini dapat dilakukan secara seimbang sehingga tidak ada konflik karena dua pekerjaan tumpang tindih ?
4 . Apa saja kualifikasi tenaga kerja untuk dapat melakukan pekerjaan itu ?
5 . Bagaimana dan apa yang perlu dilatih untuk tenaga kerja yang ada ?
6 . Bagaimana kita bisa tahu seberapa baik mereka melakukan pekerjaan mereka ?
7 . Bagaimana mengukur kinerja mereka ?
8 . Berapa besar akan diberika kompensasi bagi pekerja yang akan melakukan pekerjaan ?

Langkah Analisis Job
1 . Pilih pekerjaan untuk analisis
2 . Menentukan informasi apa yang harus dikumpulkan
3 . Tentukan bagaimana untuk mengumpulkan informasi
4 . Tentukan siapa yang mengumpulkan informasi
5 . Memproses informasi
6 . Tulis deskripsi pekerjaan
7 . Menulis spesifikasi pekerjaan


pengerahan
Proses rekrutmen dapat dilakukan dari dua sumber , yaitu:
1 . sumber internal
Menggunakan papan buletin karyawan dengan menempelkan pengumuman lowongan posisi untuk mencapai sumber yang didapat di hotel .
· Karyawan diri mereka sendiri melalui proses promosi internal
· Menyebarkan berita ke teman atau kerabat
· Melalui iklan , dll
2 . sumber eksternal
Biasanya melalui out sourcing , baik untuk sebagian besar bagian dari pelayanan secara keseluruhan atau bagian dari layanan . Misalnya keamanan , luas penampang publik , laundry , dll .

Pra - Proses Rekrutmen
1 . Penyampaian permintaan tenaga kerja dari bagian dengan menyatakan posisi membutuhkan , spesifikasi , waktu yang dibutuhkan , dll
2 . Lowongan mengumumkan
3 . Memilih pelamar yang masuk
4 . Panggilan untuk menjadwalkan wawancara , pengujian dan proses lainnya .

proses rekrutmen
1 . Mengisi formulir aplikasi
2 . proses pengujian
3 . proses wawancara
4 . Proses seleksi
5 . Proses pemeriksaan referensi dan rekomendasi
6 . Penawaran proses dan persetujuan kondisi , kompensasi dan manfaat yang ditawarkan kepada pekerja
7 . Proses pemeriksaan kesehatan
8 . Penandatanganan kontrak sesuai dengan kondisi , kompensasi , dan manfaat , yang telah disepakati .

Orientasi & Pelatihan Proses
1 . Orientasi , pengenalan karyawan baru fasilitas tehadap karyawan dan tamu , area kerja yang bersangkutan, peraturan perusahaan yang berlaku dan lain-lain yang merupakan bagian dari orientasi umum dan orientasi kerja
2 . latihan

Status Pekerjaan
1 . Karyawan tetap , tenaga kerja yang direkrut untuk mengisi kekosongan kekuasaan di pekerjaan tetap . Dengan sistem melalui pertama masa percobaan 3 bulan dan kemudian diadakan penilaian ( appraisal karyawan) untuk menentukan karyawan tersebut cukup mumpuni untuk diangkat sebagai staf tetap di bulan depan
2 . Kontrak kerja , tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan untuk pekerjaan sementara. Seperti proyek-proyek tertentu yang berjalan selama 3 bulan atau lebih . Sebagai contoh , karyawan restoran yang menggantikan karyawan yang cuti hamil
3 . Tenaga kerja kasual , biasanya lebih dikenal denga harian istilan pekerja / buruh harian lepas yang merupaka harian dibayarkan pekerja sesuai dengan kekuatan untuk melakukan pekerjaan di sana . Missal , pelayan ke perjamuan
4 . Outsurcing , tenaga kerja yang direkrut dari agen untuk melakukan pekerjaan tertentu . Misalnya , staf keamanan , cleaning service
Tugas Departemen Sumber Daya Manusia
1 . proses perekrutan
2 . Pelatihan dan pengembangan karyawan
3 . Sistem jaminan kualitas Mensiptakan
4 . Sistem menciptakan mutasi, promosi , dan demosi
5 . Pembinaan administrasi ketenagakerjaan
6 . Membina sistem penggajian , insentif dan tunjangan
7 . Pastikan berlakunya seluruh proses pelaksanaan peraturan dan kondisi pekerjaan
8 . Melakukan seluruh proses pelaksanaan perselisihan perburuhan PHK

Memahami Kompetensi
Kompetensi adalah pernyataan tentang apa yang seseorang harus lakukan di tempat kerja untuk menunjukkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan sesuai dengan standar . Selain itu juga mengandung aspek - 5 dimensi , yaitu:
1 . Keterampilan tugas , mampu melakukan tuga per tugas
2 . Keterampilan manajemen tugas , mampu mengelola beberapa tugas yang berbeda dalam pekerjaan
3 . Keterampilan manajemen kontingensi , kelainan respon dan kerusakan pada rutinitas kerja
4 . Keterampilan Lingkungan / peran pekerjaan , mampu menghadapi tanggung jawab dan harapan dari lingkungan kerja
5 . Transfer keterampilan , mampu mentransfer kompetensi mereka dalam setiap situasi yang berbeda

Kompetensi Dan Tiga Kecerdasan (IQ , EQ , dan SQ )
Inti dari definisi ini dipahami selama 3 jenis meliputi penguasaan keterampilan , yaitu pengetahuan , ketranpilan teknis , perilaku dan sikap . Kecerdasan IQ dapat dikaitkan dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi , kecerdasan EQ dan bias SQ terkait dengan sikap perilaku . SQ berhubungan dengan seseorang kemaampuan untuk mengembangkanintegritas pribadi, kejujuran dan memberi arti bagi kehidupan . Kemampuan SQ hanya dapat dikembangkan jika seseorang selalu ingat dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa . Dengan demikian kompetensi harus ditafsirkan kembali sebagai pengembanganintegritas pribadi diperkaya dengan kuat iman yayasan sebgai ( SQ ) . hanya kemudian dapat membuangun hubungan yang nyata dengan orang lain ( EQ ​​) , dan akhirnya barulan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui bias IQ bermanfaat untuk membangun bisnisyang etis dalam rangka mencapai kesejahteraan umum bagi para pemangku kepentingan , bukan hanya demi ego pribadi. Sikap dan perilaku yang didasarkan EQ SQ yang berarti kemampuan untuk membangun komunikasi yang sopan, tulus sikap pelayanan yang kuat , dan kesadaran untuk bekerja dalam sebuah tim yang didasarkan pada kejujuran dan kepentingan bersama .

No comments: