Klik Di Sini

Wednesday, September 04, 2013

Definisi Hotel



Hotel adalah suatu bentuk bangunan , simbol , entitas perusahaan atau bisnis yang menyediakan jasa akomodasi penginapan, makanan dan penyedia minuman , dan fasilitas pelayanan lainnya di mana semua layanan ini ditujukan untuk masyarakat umum , baik mereka yang tinggal di hotel atau mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki itu . berikut adalah beberapa definisi hotel :

a . Salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk layanan khusus , penyedia makanan dan minuman dan layanan lainnya untuk masyarakat umum yang dikelola secara komersil ( Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987)

b . Bangunan komersial dikelola dengan menyediakan fasilitas akomodasi untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
1 ) layanan khusus
2 ) pelayanan makanan dan minuman
3 ) Layanan bagasi
4 ) laundry
5 ) Penggunaan fasilitas perabot dan dekorasi di dalamnya . ( Endar Sri , 1996:8 )
6 ) Sarana penampungan publik untuk wisatawan dengan menyediakan layanan kamar , makanan dan minuman dan penyedia akomodasi dengan syarat pembayaran ( Lawson , 1976:27 )

Sejarah Perhotelan

Menurut Drs.Oka Aa Yoeti :
Ø Sejarah keramahan dan sejak nabi yusuf sebagai mariam mariam akan menanggung nabi isa
Kekaisaran Romawi Ø telah membangun penginapan yang disebut " Mansiones " terletak di sepanjang jalan raya utama dengan jarak masing-masing sekitar 40 mil.

Ø Abad Pertengahan , peraturan keagamaan di Eropa memerintahkan agar dibangun tempat untuk tinggal di sepanjang jalan yang melewati ( sisi jalan inn )

Ø Waktu perang salib berlangsung , banyak pengusaha yang membangun tempat khusus rumah untuk prajurit ara juga bagi para peziarah yang sedang melakukan perjalanan ke Tanah Suci seperti yang dijelaskan dalam Injil

Ø Pada tahun 1800 s / d tahun 1900 sudah terdapat hotel yang berdekatan dengan salon dan bar restaurant

Ø Hotel standar yang dibuat baik dalam bahasa Inggris kemudian Perancis , swiss dan amerika serikat

Ø peran penting dalam revousi adegan di Amerika , di kota new york ( oleh william s Gray dan salvatore c Linguori . . ) : Flat ( rumah ) yang disebut de Lancey tahun 1762 , dan berubah menjadi sebuah hotel dengan nama ratu kepala kedai baru dan masih dipertahankan sampai sekarang menjadi restoran frannces kedai ( sebagai simbol dari amerika serikat masa lalu )

Ø Pada tahun 1774 taman covent dibangun berdekatan dengan sebuah teater dekat westminster , london kota

Ø Pada tahun 1794 dibangun dalam hotel new york city dengan 170 kamar

Ø Pada 1829 dibangun boston ' s Tremont House - 270 kamar - hotel ini menawarkan ruang konferensi

Ø Pada tahun 1880 berdiri ellsworth milton Statler Hotel di new york pertama demi " pelancong bisnis " dan jaringan hotel pertama di dunia

Ø Pada tahun 1894 - hotel Belanda di new york sebagai yang pertama untuk menggunakan saluran telepon hotel yang menghubungkan ke setiap ruangan .

Ø 1896 - berdiri waldorf astoria Hotel di new york

Perkembangan Hotel di Indonesia

Periode dimulai penjajahan Belanda sebagai :
Ø Jakarta : Hotel des Indes , Hotel der Nederlanden , royal hotel , hotel rijswijk
Ø surabaya : Sarkies Hotel dan hotel oranje ( sekarang majapahit hotel)
Ø semarang : Hotel du paviliun
Ø malang : istana
Ø sendirian : geser dalam Hotel
Ø yogyakarta : grand hotel ( sekarang hotel inna garuda )
Ø Bandung : Savoy Homann , Preanger dan pensiun van hangel ( Panghegar )
Ø bogor : Hotel Salak

Karakteristik Hotel

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah:
a . Industri hotel relatif industri padat modal dan padat karya , yang berarti dalam pengelolaannya membutuhkan modal besar dengan tenaga kerja yang banyak pula .

b . Dipengaruhi oleh kondisi dan perubahan di bidang ekonomi , politik dan keamanan , sosial, budaya , dan di mana hotel terletak .

c . Memproduksi dan memasarkan produk-produknya dalam hubungannya dengan tempat di mana ibadah yang diproduksi .

d . Beroperasi 24 jam sehari , tanpa hari libur dalam pelayanan kepada pelanggan Hotel dan masyarakat pada umumnya .

e . Memperlakukan pelanggan seperti raja sementara juga memperlakukan pelanggan sebagai mitra dalam bisnis karena pelayanan hotel sangat tergantung pada jumlah pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel .

Jenis Hotel

Penentuan jenis hotel tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan pelanggan dan karakteristik khas atau sifat yang dimiliki oleh wisatawan ( Tarmoezi , 2000) . Berdasarkan hal ini , dapat dilihat dari lokasi dimana hotel dibangun , sehingga dikelompokkan menjadi :

a . City Hotel
Hotel yang terletak di perkotaan , biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berniat untuk tinggal sementara ( dalam jangka pendek ) . City Hotel juga dikenal sebagai hotel transit karena biasanya diduduki oleh orang-orang bisnis yang menggunakan fasilitas layanan bisnis yang disediakan oleh hotel dan .

b . Residential Hotel
Hotel terletak di kota pinngiran luas jauh dari keramaian kota , tapi mudah untuk mencapai tempat-tempat usaha . Hotel ini terletak di daerah tenang, terutama karena itu adalah untuk orang yang ingin tinggal dalam jangka panjang . Hotel itu sendiri dilengkapi dengan fasilitas hidup yang lengkap untuk seluruh keluarga .

c . Resort Hotel
Hotel yang terletak di daerah pegunungan ( mountain hotel ) atau di tepi pantai ( beach hotel) , di tepi danau atau di tepi sungai . Hotel seperti ini terutama bagi keluarga yang ingin bersantai di hari libur atau bagi mereka yang ingin bersantai .

d . Motel ( Motor Hotel )
Hotel ini terletak di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungkan kota dengan kota besar lainnya , atau di pinggiran jalan raya dekat gerbang atau batas kota besar . Hotel ini dirancang sebagai tempat peristirahatan sementara bagi mereka yang bepergian dengan angkutan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu menyediakan fasilitas untuk garasi mobil .

Berdasarkan Dalam hal jumlah Kamar Hotel

Menurut Tarmoezi ( Tarmoezi , 2000:3 ) , dari jumlah kamar yang tersedia , hotel dapat dibagi menjadi :
1 . Hotel Kecil , Jumlah kamar yang tersedia maksimal 28 kamar .
2 . Medium Hotel , Jumlah kamar yang disediakan antara 28-299 kamar.
3 . Large Hotel , Jumlah kamar yang disediakan oleh lebih dari 300 kamar .

Berdasarkan Jenis tamu yang datang
1 . Walk-in tamu , datang langsung ke tamu hotel untuk tinggal tanpa membuat reservasi di muka
2 . Group ( GIT ) , tamu tiba setidaknya 20 orang dan 10 kamar
3 . Travel agent , ada beberapa hotel yang memiliki kontrak dengan agen perjalanan
4 . Perusahaan , tamu datang dari sebuah perusahaan yang telah memiliki kontrak harga sendiri ( kemitraan ) dengan hotel
5 . Kedutaan , tamu yang datang dari kedutaan
6 . Airline crew , tamu dari awak pesawat
7 . Airline penumpang , tamu dari pesawat pengguna ( penumpang )
8 . Penumpang terdampar, penumpang yang menginap di hotel karena kerusakan pesawat dan akomodasi dari perusahaan penerbangan
9 . Tingkat akhir pekan , harga sebuah hotel tertentu pada hari , Jumat , tanggal Sabtu, Minggu dan merah
10 . Bandara rep , bandara dan hotel di daerah disediakan untuk para tamu yang membutuhkan penginapan selama pendaratan , dan biasanya lebih murah untuk angkutan
11 . Kartu keanggotaan , tamu yang datang untuk menggunakan kartu member . Ada persyaratan tertentu dari harga dan fasilitas hotel tidak dapat diserahkan . Min 1 thn dan max . 3 tahun
12 . Hotelier , tamu yang datang / harga yang diberikan kepada karyawan dari sebuah hotel . 40-60 % Diskon
13 . Tekan , tamu yang datang dari wartawan
14 . Pemerintah, tamu pemerintah . Sistem pembayaran dilakukan setelah selesainya acara . Periode adalah 1-3 bulan ( LS )
15 . Tinggal lama , para tamu yang tinggal di hotel selama lebih dari 8 minggu
16 . Cetain paket , harga yang ditawarkan dalam bentuk paket

Segmentasi tamu hotel

1 . FIT
2 . perusahaan
3 . MICE
4 . agen trave

Klasifikasi Hotel

Menurut Keputusan Direktorat Jenderal Pariwisata , Pos dan Telekomunikasi No 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 ( Endar Sri , 1996 : 9 ) . pengklasifikasian hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5 . Semakin banyak bintang yang memiliki sebuah hotel , semakin berkualitas hotel. Penilaian dilakukan selama 3 tahun dengan prosedur dan diputuskan oleh Direktorat Jenderal Pariwisata .

Lingkup Bisnis Perhotelan

Hotel adalah sebuah organisasi yang menyediakan fasilitas hunian sementara ( akomodasi) ke publik , orang-orang yang datang dengan berbagai tujuan , maksud dan tujuan ke daerah di mana hotel tersebut berdomisili.
Hotel pick domisili di tempat atau di daerah yang memiliki potensi untuk dikunjungi , seperti panorama , adat istiadat masyarakat , sosial, budaya , sebagai pusat pemerintahan , perdagangan , agama dan spiritual pusat kegiatan dan lain-lain . Hotel sebagai tempat penampungan sementara harus dapat mencerminkan pola-pola budaya masyarakat dalam arti yang luas . Hotel hunian diharapkan dapat mencerminkan suasana yang dinamis , kreatif, dan dapat menciptakan suasana yang homogen di tengah-tengah lingkungan yang heterogen di daerah di mana hotel terletak .

Fasilitas Business Hotel

Hotel merupakan bagian integral dari bisnis pariwisata dengan Keputusan MENPARPOSTEL disebutkan sebagai usaha komersial dengan menyediakan fasilitas akomodasi sebagai berikut :
1 . Kamar Tidur ( kamar tamu )
2 . Makanan dan minuman
3 . Layanan pendukung lainnya seperti :
a . tempat rekreasi
b . fasilitas Olahraga
c . Fasilitas laundry , dll

Hotel adalah layanan bisnis yang cukup rumit manajemen , dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para tamu selama 24 jam ( untuk klasifikasi 4 dan 5 - star hotel ) . Selain itu, bisnis hotel juga dapat mendukung kegiatan pengusaha yang melakukan perjalanan bisnis atau wisatawan pada waktu melakukan perjalanan untuk mengunjungi daerah-daerah tujuan wisata , dan membutuhkan tempat untuk tinggal , makan dan minum , dan hiburan .

Klasifikasi Hotel

Untuk dapat memberikan informasi kepada para tamu yang akan tinggal di hotel pada fasilitas standar untuk setiap jenis dan jenis hotel , Departemen Pariwisata , Pos dan Telekomunikasi melalui Direktorat Jenderal Pariwisata mengeluarkan regulasi bisnis dan hotel klasifikasi .
Klasifikasi ditandai dengan hotel bintang , yang dikompilasi dari hotel berbintang 1 ( satu) sampai yang tertinggi adalah hotel dengan 5 ( lima ) .

Karakteristik Business Hotel

Tujuan dari setiap perhotelan adalah mencari keuntungan dengan menyewa atau menjual fasilitas dan layanan untuk para tamu , danberdasarkan pada pemahaman hotel yang telah dijelaskan sebelumnya , hotel dalam operasi selalu melakukan kegiatan berikut :
1 . Sewa kamar
Kegiatan utama dari sebuah hotel menyewakan kamar untuk tamu , baik standar sampai suite .

2 . Perbedaan kamar hotel
a . single Room
Kamar untuk satu orang yang dilengkapi dengan satubuah berukuran tempat tidur tunggal untuk satu orang.
b . Kamar Twin
Kamar untuk dua orang dilengkapi dengan dua tempat tidur masing-masing satu pengukuran .
c . Double Room
Kamar dilengkapi dengan ganda tidurberukuran satu tempat ( untuk dua orang )
d . Double-double
Ruang untuk empat orang yang dilengkapi kamar dengandua , dan dengan tempat tidur ganda berukuran ( untuk dua orang )

3 . Fasilitas standar ditemukan di setiap jenis kamar adalah sebagai berikut :
Kamar mandi pribadi Ø ( Kamar Mandi )
Ø tidur ( jumlah dan ukuran sesuai dengan jenis )
Ø tidur
Ø Wardrobe ( Lemari )
Ø Telepon
Ø Televisi dan Radio
Ø Makeup / rambut ( meja rias )
Ø Rak untuk menyimpan koper ( rak bagasi )
Ø asbak, korek api , alat tulis handuk

Kebijakan Bisnis Hotel
Jenis usaha perhotelan memiliki target spesifik dan target laba yang ingin dicapai . Filsafat dimiliki hotel akan berfungsi sebagai dasar untuk menetapkan visi dan misi perusahaan. Berdasarkan visi dan misi , maka hotelakan merumuskan sasaran yang ingin dicapai dalam bentuk kebijakan , seperti:
1 . Pangsa pasar diatur untuk dilayani
2 . Jenis produk yang ditawarkan
3 . Standar produk yang akan dipenuhi
4 . Keuntungan yang akan dicapai oleh perusahaan
5 . Hubungan dengan karyawan, pemasok , masyarakat dan hubungan masyarakat atau umum .

Hotel Bisnis Produk

Produk yang dihasilkan oleh bisnis hotel dapat dibagi menjadi :
1 . Komponen produk nyata adalah komponen yang dapat dilihat , disentuh , dan menghitung , misalnya , makanan, minuman , dan perlengkapan kamar tidur yang merupakan komponen dari produk yang nyata . Untuk lebih jelasnya , komponen produk nyata adalah: lokasi , dan fasilitas yang disediakan oleh hotel .

2 . Komponen bukanlah komponen produk yang nyata seperti semua produk yang dapat dirasakan dan dialami sebagai pengalaman . Produk yang dihasilkan harus dapat memenuhi keinginan tamu . Misalnya, dalam tamu hotel harus mendapatkan rasa ramah , sopan, sopan , dan rasa hormat dari semua karyawannya , lingkungan yang menyenangkan , cepat dan akurat untuk semua ini harus didukung dengan menggunakan teknik dan prosedur yang benar .

Jenis kepemilikan Hotel

1 . hotel independen
Hotel ini dikelola oleh manajemen sendiri ( keluarga )

2 . Hotel Chain ( rantai hotel)
a . Induk perusahaan , di bawah kepemilikan di perusahaan lain
b . Manajemen kontrak , hotel perpecahan kepemilikan antara manajer . ( Membeli nama) dan fasilitas SOP yang digunakan harus didasarkan pada induk hotelnya .
c . Waralaba , hotel dibagi antara manajer kepemilikan, namun fasilitas dan mengelola SOP sendiri
d . Kelompok rujukan , independen dan digabungkan bersama-sama . Meskipun kepemilikan pemasaran yang berbeda tetap Satur

Persyaratan dasar klasifikasi Hotel

1 . Wisata izin usaha ( SIUK )
2 . Izin HO ( huder ordonante ) / izin gangguan tetangga
3 . Sertifikat Hotel penggabungan
4 . Fasilitas data Hotel
5 . Sertifikat izin usaha
6 . EIA UKL / UPL
7 . Sehat -layak sertifikat Hotel
8 . Sertifikat kelaikan alat pemadam kebakaran
9 . Listrik Instalasi Sertifikat kelaikan udara '
10 . Kualitas air sertifikat inspeksi
11 . Sertifikat kelaikan udara angkat
12 . Sertifikat kelaikan udara boiler / pemanas

Pelayanan prima (service excellent )

Keberhasilan pelayanan prima akan berdampak pada :
1 . Berikan keputusan pelanggan untuk segera membeli produk yang kami tawarkan
2 . Menumbuhkan kepercayaan pada produk kami
3 . Dapat mempertahankan pelanggan untuk tetap setia
4 . Dapat mendorong pelanggan kembali lagi untuk membeli produk kami
5 . Tuntutan untuk menghindari penjual yang tidak perlu

No comments: