Klik Di Sini

Monday, April 07, 2014

SEQUENCE OF SERVICE WAITER / WAITRESS

Knowhotels.blogspot.co.id - Sequences Of Service Waiter


Ø  Greeters mempersilahkan duduk / seating the guest
Tariklah kursi dengan perlahan, diutamakan wanita untuk dipersilahkan duduk tapi lebih diperhatikan untuk tamu yang lebih tua.
Tawarkan untuk menggunakan baby chair untuk anak kecil. 
Tawarkan bantuan pada tamu yang membawa barang berat.
Bantulah tamu yang menggunakan jas untuk dibukakan dan menaruhnya pada punggung kursi.
Beritahukanlah jumlah tamu kepada server
Ø  Waiter/s menyediakan kondimen / preparing of condiment
Ambillah kondimen yang berupa satu set pickle. Berikanlah pickle sesuai dengan standar prosedur.
Ø  Membuka lipatan napkin / laying folding napkin
Berdiri di samping kanan tamu.
Bukalah lipatan napkin sesuai dengan standar prosedur.
Letakkan napkin di pangkuan tamu dan berhati-hatilah jangan sampai tamu merasa terganggu.
Ø  Memberikan daftar menu minuman / giving the menu
Ambillah daftar menu minuman dan makanan dari station.
Pastikan menu dalam keadaan bersih dan dalam kondisi yang baik.
Berikanlah dari sebelah kanan tamu dan dalam keadaan terbuka.
Diutamakan wanita terlebih dahulu.
Dengan tata cara pengoderan sesuai dengan arah jarum jam.
Berdiri dengan sempurna, tetap tersenyum dan lakukan kontak mata.
Berbicaralah dengan jelas dan perlahan.
Ø  Pengorderan minuman / beverages taking order
Tawarkanlah makanan dan minuman special atau yang sedang dipromosikan.
Siapkan captain order dan pena.
Tulislah semua orderan pada captain order dengan jelas dan lengkap.
Tulislah nomor meja, nama pengorder, tanggal , waktu, jumlah tamu, item, jumlah pesanan serta ukurannya dan segala permintaan khusus dari tamu.
Beritahukanlah semua informasi makanan dan minuman yang dijual dengan jelas dan tepat kepada tamu sesuai dengan kebutuhan tamu.
Ø  Mengulangi pesanan / repeat order
Berbicaralah dengan jelas dan perlahan.
Tetaplah tersenyum.
Tanyakanlah pada tamu pada saat ingin mengulangi pesanan.
Jika tamu setuju ulangi semua pesanan tamu dan semua permintaannya.
Perkenalkanlah nama waiter/s yang mencatat pesanan.
Mintalah daftar menu dengan sopan.
Ucapkan terima kasih dan mintalah tamu untuk menunggu pesanan datang dengan sopan.
Ø  Mengantarkan captain order / distribute of captain order
Pengorderan minuman :
Lembaran pertama berwarna putih diberikan pada Kasir.
Lembaran kedua berwarna merah diberikan pada Bar.
Lembaran ketiga berwarna kuning disimpan pengorder.
Lembaran keempat berwarna biru diletakan di meja tamu untuk cek list.
Pengorderan makanan :
Lembaran pertama berwarna putih diberikan pada Kasir.
Lembaran kedua berwarna merah diberikan pada kitchen.
Lembaran ketiga berwarna kuning diberikan pada pantry.
Lembaran keempat berwarna biru diletakan di meja tamu untuk cek list.
Ø  Menyajikan minuman / beverages serving
Segeralah menyajikan minuman sebelum makanan datang.
Pergunakan round tray untuk membawa minuman.
Jangan lupakan coaster, straw, stirrer, sugar yang sesuai dengan kebutuhan minuman.
Minuman yang mengunakan kaleng, bawalah ke hadapan tamu dan bantulah untuk membuka, sedangkan untuk minuman yang menggunakan botol telah dibuka di bar sehingga telah disajikan di dalam gelas.
Untuk Chinese tea pot tuangkanlah secara perlahan dan gunakanlah underline untuk menghindari panasnya pot.
Sajikan dari sebelah kanan tamu atau dari sisi yang lebih mudah.
Sebutkan nama minuman yang disajikan.
Cek list minuman yang telah tersaji.
Tawarkan minuman lagi bila terlihat isi dari minuman tersebut kurang dari ¼ gelas.
Ø  Mengantarkan makanan dari kitchen / bring of food from kitchen
Sebelum makanan yang dipesan datang ke hadapan tamu persiapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk menyajikan makanan sesuai dengan standar operasional prosedur.
Cek kondisi baik dari segi kebersihan dan perubahan kualitas makanan, bumbu atau saos yang menyertainya, serta ukuran dan jumlah makanan yang dipesan.
Ø  Menyajikan makanan / food serving
Cek makanan yang akan disajikan apakah sesuai dengan captain order agar tidak salah dengan meja yang dituju, ukuran dan jumlahnya.
Usahakan sajikan makanan dari sebelah kanan tamu atau dari sisi yang lebih mudah.
Hati-hatilah bila terdapat anak kecil.
Ucapkan kata “permisi Ibu/Bapak” dengan perlahan dan jelas.
Perhatikan tata letak makanan pada lazy susan, pastikan garnishnya menghadap pada posisi yang tepat.
Sebutkan nama makanan.
Cek list makanan yang telah disajikan.
Tetaplah stand by pada table incharge dan pastikan kebutuhan tamu terpenuhi.
Periksalah selalu bila ada piring yang kosong dan kotor, yang terdapat sisa makanannya melebihi 2 pieces harus segera diganti.
Janganlah menumpuk piring-piring yang kotor terlalu tinggi.
Tumpuklah piring-piring yang sejenis tanpa sisa makanan di atasnya.
Konfirmasikan kepada tamu bila semua pesanan sudah tersaji.
Tawarkanlah kembali bila ada tambahan makanan dan tanyakanlah bila ada kekurangan dalam pesanan tersebut.
Bertindak segera bila ada kesalahan atau complaint.
Ø  Menawarkan dessert / dessert suggestion
Waiter/s menawarkan menu dessert pada tamu bila menu main course telah selesai di makan.
Letakkan toothpick di atas meja atau lazy susan.
Siapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk menyajikan dessert.
Pastikan kondisi meja dalam keadaan siap untuk menyajikan dessert.
Ø  Mengganti asbak / change an ashtray
Ambillah asbak yang bersih letakkan di atas asbak yang kotor lalu angkat dan ganti dengan asbak yang bersih.
Pergunakanlah tray untuk menggantinya.
Pastikan setelah 2 puntung rokok, asbak harus segera diganti.
Ø  Mengantarkan bill / settle bill
Periksalah bill apakah sudah sesuai dengan captain order.
Gunakanlah cover bill dan persiapkan pena.
Berikanlah dari sebelah kanan tamu dengan tangan kanan dan dalam keadaan terbuka.
Tanyakan pada tamu bagaimana komentarnya tentang pelayanan dan makanan yang telah disajikan.
Berikan dan beritahukanlah brosur special promo, event dan atau discount yang sedang berlaku, jelaskan secara singkat, jelas dan menarik agar tamu berminat untuk mengetahuinya dan datang kembali.
Tunggu sesaat untuk pembayaran.
Hitung kembali jumlah uang dihadapan tamu jika tamu membayar secara tunai dan pastikan telah sesuai dengan jumlah bill.
Perhatikan apabila ada pembayaran dengan charge room, pastikan data-data tamu tersebut mendukung untuk pembayaran melalui charge room.
Jangan lupa mengembalikan uang kembalian kepada tamu.
Ucapkanlah terima kasih dan tetaplah tersenyum.
Ø  Ucapkan terima kasih / say thank you
Lakukan kontak mata, tersenyum, dengan sedikit membungkukkan badan pada waktu mengucapkan terima kasih.
Antarkan tamu menuju pintu dengan sedikit percakapan singkat yang ramah dan berkesan agar tamu berminat untuk datang kembali.

No comments: