Klik Di Sini

Tuesday, April 22, 2014

ANEKA DESSERT DARI ITALIA


1.Gelato & Lemon Sorbet
Rasa gelato dan Sorbet Limone Italia sangat berbeda dengan ice cream lainnya, mungkin karena mereka membuatnya dengan resep yang sudah turun temurun dengan kualitas susu yang baik. Dessert paling favorit dan bisa sebagai alternatif bila tidak ada cake/ dessert yang cocok atau diinginkan.
2. Rum Baba
Walaupun sejarah kue ini dahulu dibawa dari Prancis, akan tetapi Baba sangat populer  dan dikenal sebagai Neapolitan speciality. Cake berbahan dasar yeast, egg, flour, milk, butter kemudian direndam didalam liquer. Baba biasa disajikan dengan cream dan fruit untuk presentasinya.


3. Tiramisu
Semua orang pasti begitu mengenal Tiramisu (pick me up), cake dengan coffee/ expresso dan coklat flavour. Salah satu the best cake yang pernah ada. Tiramisu adalah cake yang terbuat dari ladyfinger/ spongecake yang telah direndam dengan coffee flavour, layered dengan mascarpone cheese dan coklat.
4. Cassata Siciliana
Meskipun ada sedikit pengaruh dari bangsa Arab ( "quasat=big round bowl"
), cassata sangatlah terkenal di Palermo, Sicily. Cassata adalah cake berbahan dasar sponge cake, layered ricotta cheese, candied peel. Terkadang akan ditemukan juga Cassata yang berisi dengan ice cream.
5. Panna Cotta
Panna Cotta / Cooked cream,berasal dari Northern Italy, Piemonte, berbentuk seperti puding dengan bahan dasar cream, milk, gelatin, sugar dan presentasinya biasanya dihiasi dengan saus wild berries, caramel ataupun fruit coulis.
6. Semifreddo
Bertekstur seperti frozen mousse atau bisa juga ice cream cake, Semifreddo/ half cold dibuat dengan bahan mayoritas ice cream, whipped cream/ meringue.
7. Torta Caprese
Pulau Capri adalah pulau yang berjarak tempuh dalam hitungan menit dari Napoli. Cake yang konon ditemukan karena tidak sengajanya si Chef lupa menambah flour dalam adonan. Akan tetapi banyak orang yang malah mengatakan cake ini sangat lezat. Torta Caprese berbahan dasar sugar, eggyolk, white egg, butter, cacao terkadang juga beraroma liqueur.
8. Millefoglie
Millefoglie atau ribuan halaman, nama dari cake sudah mendeskripsikan bahwa millefoglie adalah layer of pastry crackers yang ditumpuk dengan cream vanila/ coklat ataupun flavour lainnya secara bertahap/ bertingkat.
9. Zuppa Inglese
Zuppa Inglese sangat mirip dengan English trifle. Cake berasal dari region Emilia Romagna memang terinspirasi karena ada pengaruh dari Inggris abad 19. Berbahan dasar sponge cake, liqueur, custard, cream coklat dan biasanya cream diatas cake bercampur dengan meringue dan dibakar sampai berubah warna.
10. Cannoli
Cannoli cake yang berasal dari Sicilia berbentuk seperti semprong/ cannoli shell yang berisi cream didalamnya. Tentu saja karena berasal dari sicilia, cream didalamnya sudah pasti terkandung ricotta cheese.
11. Neopolitan Pastiera
Cake yang berasal dari Naples dengan bahan dasar ricotta, candied peel, classic short pastry. Pastiera mungkin bukanlah tart yang mahal, tetapi karena resepnya yang tua dan klasik dengan aroma yang khas sangatlah layak bila Pastiera termasuk most wanted dessert.
12. Sfogliatelle
Sfogliatelle atau many leaves, cake berbentuk seperti cangkang/ shell berisi cream ricotta ataupun cream lainnya. Selain cake ini enak mungkin bentuknya yang unik yang membuat orang tidak lupa akan Sfogliatelle.