Public Area Adalah bagian dari area
umum yang merupakan tugas dan tanggung jawab Housekeeping department dalam menjaga
kebersihan , kerapihan , keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, yang keduanya
ada di luar gedung atau di dalam bangunan hotel .
Dalam Public Area Attendant
Sub :
1 . House man : staf
yang menjaga kebersihan di area umum hotel seperti lobi , ruang istirahat,
restoran , ruang perjamuan
2 . Gardener : staf
Housekeeping yang menjaga kebersihan , keindahan dan kerapian daerah umum di
luar hotel. Seperti , taman , taman , merawat bunga
Syarat Seorang Public
Area
Dasar-dasar perilaku
1 . timely
2 . Memiliki rasa
hormat untuk diri sendiri , teman, dan leaders
3 . loyalty
4 . Melakukan yang baik
job
5 . trustworthy
6 . Mengikuti garis
communication
7 . Keamanan untuk
bekerja together
8 . Motivasi diri atau
motivasi
Sikap Dasar
1 . Lebih baik bekerja
relationships
2 . Lebih percaya diri
dengan diri sendiri dan others
3 . Peningkatan responsibility
4 pribadi. Peningkatan
diri control
5 . Hemat waktu dan
effort
6 . Memenuhi kebutuhan
masing-masing
Syarat Khusus
1 . Bersih dan TidyA
Public Area harus terlihat bersih dan rapi baik dari pakaian dan dari dirinya
sendiri untuk memberikan citra yang baik dari PA yang berhubungan langsung
dengan tamu .
2 . fragrantA tempat
umum harus harum seperti PA untuk melayani di semua bidang agar tidak
mengganggu tamu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan .
3 . Cepat dan
ResponsiveA area publik harus mampu bekerja dengan cepat agar tidak mengganggu
para tamu terlalu lama dan responsif terhadap kotoran sehingga tidak ada satu
daerah yang telah dibersihkan masih ada kotoran kiri dan responsif saat
membersihkan menggunakan benda berat dan instalasi tertentu tanda-tanda seperti
" lantai basah " agar tamu tidak berbahaya .
4 . Memiliki cukup
pengetahuan tentang wilayah publik Hotela harus memiliki pengetahuan yang cukup
tentang hotel terutama jika fasilitas dalam rangka ketika ditanya oleh tamu
untuk memberikan informasi .
5 . Ramah Dan Politea
area publik harus bersikap sopan dan ramah setiap saat terutama ketika diminta
sejenak atau ingin mengganggu tamu dan ramah kepada semua karyawan dalam rangka
membangun hubungan yang baik karena PA selalu akan bekerja berdampingan dengan
departemen lain .
6 . Daerah SmilePublic
Murah memiliki senyum siap untuk para tamu senang melihat .
7 . Rajin Memberikan
GreetingsA Area Publik harus rajin memberi salam seperti " selamat pagi
" sehingga tamu merasa diperhatikan .
Houseman
Houseman adalah petugas
yang bertanggung jawab untuk kebersihan dan pemeliharaan lingkungan secara
keseluruhan di dalam ruangan .
Pembagian tugas dalam
bagian ini adalah sebagai berikut :
1. Kelompok karya awal (
shift pagi ) pekerjaan pembersihan sebagian besar dilakukan di pagi hingga
siang hari hari.jumlah houseman yang melakukan pembersihan di pagi hingga siang
hari Lebih dilakukan daripada malam .
2. kelompok sore
( shift siang) pemeliharaan kebersihan harian , berkelanjutan dengan tujuan
untuk menciptakan suasana bersih, rapi , dan Kebersihan hygiennes.pemeliharaan
di sore diadakan pada pergeseran kelompok kerja malam.
Tugas shift malam
adalah sebagai berikut :
A. Menjaga dan
melanjutkan tugas-tugas rutin dalam kelompok pagi.
B. Membersihkan dan merapikan sekitar
manajemen kantor setelah waktu berhenti .
C. Kontrol kebersihan
lobi , asbak , dan sampah .
3. Kelonpok malam ( shift malam ). Kelompok kerja ini
selain untuk membersihkan tempat-tempat tertentu juga melakukan pembersihan
menyeluruh . Kegiatan ini disebut pertemuan umum yang diselenggarakan pada
malam hari sehingga tidak mengganggu tamu hotel lain dan tidak mengganggu
kenyamanan .
Kegiatan ini meliputi :
A. Pelaksanaan cuci
karpet lobby , restoran dan bar .
B. Membersihkan tangga
, jalan dan lobi dinding .
C. Membersihkan ruang
pertemuan , perjamuan setelah pesta atau acara selesai .
D. Membersihkan ruang
ganti karyawan.
Gardener
Bagian ini bertanggung
jawab untuk taman secara keseluruhan baik yang ada di dalam dan di luar hotel .
Membuka ruang dengan taman yang indah dalam sangat diperlukan . Intinya adalah
untuk memberikan kesan yang baik kepada para tamu . Sekitar pintu masuk hotel (
pintu masuk utama ) biasanya dibuat dalam sistem taman sedemikian rupa agar
terlihat menarik. Petugas taman ( tukang kebun ) perlu mengetahui fungsi dan
nilai estetika.Gardener dapat berusaha agar taman tampak indah , Menarik dan memiliki
seni.Tugas nilai dan semua tanggung jawab terletak pada tukang kebun kepala dan
pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tukang kebun . Gardener tugas pekerjaan
utama adalah sebagai berikut :
1.Merawat tanaman dan memupuk
a . mengelola land
b . pupuk CropS
c . menyiram plants
tersebut . pemangkasan tanaman
2 . Mengatur penempatan
dan pemeliharaan tanaman Tanamam meliputi:
a . Menukar tanaman
yang ada di rumah kaca untuk dibawa ke dan di care
b . Pasang pabrik baru
ke dalam panci rumah , kotak tanaman hijau atau taman Tanaman , tugas ini
meliputi”:
a . Menstek
b . grafting
c . penanaman seedlings
d . Membeli plants
baru. Menjaga tanaman yang ada di rumah kaca
.
Hubungan Dengan PA Lain
Sexy In House Keeping
1 . Kerjasama dengan
Bagian floor section
a . Berikan perintah
kerja untuk PA tersebut
b . Membantu
mencocokkan perintah kerja yang diterima
2 . Kerjasama dengan
Linen dan Uniform
A. Siapkan seragam bersih, rapi dan
fragrant
B. Perbaiki seragam jika robek atau damaged
C. Ambillah rapi dan dimasukkan ke dalam
tempat yang disediakan setelah mengenakan uniformd . Linen dan Uniform
menginformasikan tentang pakaian rusak atau robek
3 . Kerjasama dengan
Bagian Laundry
A.
Membersihkan seragam sehingga harum dan
bersih
B. Membersihkan alat-alat kerja seperti PA
bawaan lap
C. Memberitahu Anda jika ada bagian cucian
Anda inginkan laundry
D.
Pasang alat kerja standar seperti lap ke
tempat yang disediakan bagian binatu
Hubungan PA Dengan
Departemen Bagian Lain
1 . Kerjasama dengan FB
Service
A . Mengambil makanan
dan peralatan minuman yang digunakan di ruang tamu tamu seperti meja di lobi
dan restaurant
B . Meminta bantuan PA
menambah meja dan kursi di restoran , serta mengurangi itu jika tidak
diperlukan lagi.
C . Pelaporan kepada
pelayan jika ada item ( sendok , piring, cangkir , dll ) yang digunakan oleh
tamu yang akan diambil .
D . Menyampaikan kepada
pelayan , ketika memesan makanan dan minuman dari tamu .
2 . Kerjasama dengan banquet
A . Send " Banquet
Event Order" ke PA untuk membuat lay out di Ruang Rapat .
B . Meminta bantuan PA
menambah meja dan kursi di Ballroom Hall atau perjamuan atau Ruang Rapat . ,
Dan mengurangi itu jika tidak diperlukan lagi.
C . Beritahu PA untuk
membuka lay out jelas ruangan jika acara selesai .
D Menyediakan ,
memelihara dan menyimpan persediaan kain yang digunakan seperti Makanan dan
Minuman Departemen seperti :· Tabel linen ( taplak meja ) · Napkin ( serbet ) ·
Alas meja di bawah taplak meja ( multon )
E . Perjamuan membantu
membuat lay out di Banquet Hall .
3 . Kerjasama dengan
sales marketing
A . Beritahu PA , kapan
akan diadakan confrensi , seminar , lokakarya , dan pertemuan koordinasi
lainnya di Hall Conference , Function Room atau Kamar Pemasaran .
B . Beritahu PA jika
ada perubahan jumlah peserta serta lay out , untuk menentukan jumlah susunan
meja / kursi di ruang .
C . Pemasaran dan
kantor membersihkan kamar / fungsi yang akan digunakan untuk pertemuan .
D .
Lakukan perubahan lay out seperti yang diinginkan oleh buku tamu .
4 . Kerjasama dengan
Enginnering
A . Perbaikan mesin
yang digunakan oleh PA .
B . Melaksanakan
pekerjaan yang diinginkan oleh PA berdasarkan WO ( work order ) yang diterima .
C . Memasang alat mesin
sebagai Housekeeping solusi Department.
D . Menginformasikan
cara pengoperasian perangkat dan bagaimana memperlakukan mereka .
E . Instalasi peralatan untuk acara rapat dan
pertemuan-pertemuan lainnya .
F . Dilaporkan
kerusakan yang terjadi di tempat kerja seperti kerusakan alat-alat kerja ,
mesin , dan others.g . Membuat dan mengirim WO ( perintah kerja ) kepada
Departemen Teknik untuk memperbaiki kerusakan , membuat fasilitas kerja yang
dibutuhkan oleh Departemen Housekeeping .
5 . Kerjasama dengan
Keamanan
A . Memberikan keamanan
untuk area kerja dan memantau seluruh PA dalam rangka untuk menghindari hal
yang tidak diinginkan untuk memantau masuk dan keluar serta tamu dari dan ke
hotel dan menyaksikan tamu yang mencurigakan .
B . Melakukan " body
checking " karyawan yang pulang setelah tugas dan menangani barang-barang
yang hilang .
C . Laporan kepada
keamanan jika ada yang mencurigakan , memberitahukan keamanan jika ada VIP
check-in , serta berapa banyak kamar akan ditempati .
D . Beritahu keamanan
dan melaporkan jika barang bawaan keluar hotel ( housekeeping terutama) untuk
tujuan keluar sisi carteting , pertemuan dan lain-lain .
No comments:
Post a Comment