DEPARTEMEN KEAMANAN ( SECURITY DEPARTMENT ) merupakan departemen
yang bertugas menjaga dan mengatur keamanan hotel serta melakukan pengamanan
seluruh area Hotel dan ikut memantau kamar-kamar tamu, terutama yang dihuni
agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya
tamu di kamar hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan. Selain itu
security juga harus memeriksa para karyawan hotel “body checking” baik itu saat
masuk kerja maupun saat pulang bekerja. Adanya security akan membuat tamu
merasa aman dalam menginap di hotel.
pada dasarya security merupakan sebuah section dari human resources department. Yang mana segala job deskripsinya berdasarkan ketentuan dari human resources manager. Namun, pada era sekarang, bagian security lebih didominasi oleh lembaga outsourcing sehingga bagian ini memiliki struktur organisasi yang berdiri sendiri. Namun dalam hal tanggung jawab, meskipun dari lembaga outsourcing, kinerja para security masih tetap terpantau oleh human resources department.
Adaya outsourcing ini akan lebih memudahkan pihak human resources
untuk mencari security yang sesuai dengan kriteria hotel, karena jika security
yang dikirim oleh pihak outsourcing kurang maksimal dalam bekerja, maka hotel
dapat melakukan complain dan meminta ganti dengan security yang lebih
professional dalam bekerja. kelemahan pada outsourcing adalah, kualitas dari
security yang minim akan pengetahuan hotel. sebagian besar security dari
lembaga outsourcing mungkin pernah bekerja menjadi security di pabrik, lalu
lintas, mall, atau pun tempat publik lainnya, sehingga pada waktu ia
ditempatkan di suatu hotel maka ia akan susah untuk bersosialisasi dengan
istilah-istilah perhotelan yang notabene sedikit "merepotkan".
TUGAS & TANGGUNG JAWAB MASING-MASING JABATAN
DI DEPARTEMEN KEAMANAN (SECURITY)
Chief Security (Sec. Manager)
- Mengadministrasikan dan meninjau operasi untuk
memastikan lingkungan yang aman dan aman bagi
karyawan, pelanggan pengunjung dan lain-lain.
- Menyarankan manajemen dalam meningkatkan dan
melaksanakan kebijakan sesuai dengan keamanan dan peraturan
kelembagaan, negara bagian dan federal.
- Menganalisis data statistik dan laporan untuk
mengidentifikasi dan menentukan bagaimana membuat bangunan dan lahan yang
aman dan aman.
- Mengembangkan metode untuk meningkatkan kebijakan
keamanan, proses, dan praktik, dan merekomendasikan perubahan
manajemen.
- Persiapan langsung dan pendistribusian informasi tertulis
dan verbal untuk menginformasikan manajer, karyawan dan lainnya kebijakan
keamanan, prosedur dan praktek.
- Mengelola desain dan pengembangan pelatihan khusus
untuk membimbing petugas keamanan dan orang lain melalui keputusan
keamanan dan tindakan.
- Mewakili Hotel di pertemuan formal
dengan organisasi luar dalam hal-hal yang berhubungan dengan keamanan dan
layanan perlindungan.
Ass. Security Manager
- Mengkoordinir, mengarahkan dan melaporkan
kegiatan sehari-hari dari staf Keamanan & Kesel.amatan dalam
perlindungan pengunjung, staf, pelanggan, dan properti saat tidak adanya
Security Manager.
- Mengelola Ruang Properti untuk item yang hilang dan
ditemukan dan mengawasi disposisi dari item yang tidak diklaim.
- Assistant Security Manager membantu dalam perencanaan,
koordinasi, dan mengarahkan program keamanan dan keselamatan untuk
mencakup pencegahan kehilangan, parkir / kontrol lalu lintas, patroli dari
properti fisik, penegakan patung dan peraturan hotel, inspeksi fasilitas,
dan penyelidikan tindak pidana.
- Assistant Security Manager membantu dalam pengembangan
dan pelaksanaan prosedur keamanan dan keselamatan; kepatuhan dijamin
dengan keselamatan dan standar kesehatan, kebijakan dan prosedur, dan
negara yang berlaku dan hukum federal.
- Melakukan tindak lanjut investigasi laporan kegiatan
kriminal dan pelanggaran standar keselamatan.
Security Supervisor
- Mengawasi secara teratur karyawan lain.
- Merencanakan jadwal kerja
- Mengajar dan memberlakukan peraturan keselamatan di
tempat kerja.
- Mendirikan prioritas keamanan patroli.
- Membantu Asisten Manager Keamanan dalam
mengidentifikasi daerah berisiko tinggi dan tindakan dimulai
untuk mengurangi eksposur risiko.
- Melakukan semua tugas-tugas seorang Security
Guard.
- Ulasan pemanfaatan dan pemeliharaan peralatan
keamanan.
- Menyiapkan laporan harian dan periodik untuk pejabat
Hotel mengenai kegiatan.
- Mengambil tindakan yang telah ditentukan dan diberikan
pertolongan pertama dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, kebakaran
dan penyakit.
- Membantu dalam pengembangan kebijakan keamanan dan
prosedur.
- Berkomunikasi dengan pengguna layanan tentang kebutuhan
keamanan dan masalah.
- Memelihara dan merekomendasikan perubahan dan perbaikan
dalam sistem pencatatan perangkat lunak untuk kegiatan petugas
keamanan.
- Memerintahkan, memelihara dan mengeluarkan pakaian dan
peralatan.
Security Guard
- Secara langsung bertugas memantau dan mengatur keamanan
hotel selama 24 jam secara bergantian dengan petugas keamanan yang
lain
- Melaporkan segala kejadian / peristiwa yang terjadi di
hotel ke security manager atau atasannya baik itu kehilangan atapun
penemuan barang milik tamu
- Berjaga di pos keamanan hotel dan
memantau serta membantu keluar masuknya kendaraan yang keluar masuk hotel
baik kendaraan milik tamu ataupun staf hotel demi keselamatan dalam
penyeberangan jalan
No comments:
Post a Comment