Klik Di Sini

Friday, October 04, 2013

Security dan Job deskripsinya


DEPARTEMEN KEAMANAN ( SECURITY DEPARTMENT ) merupakan departemen yang bertugas menjaga dan mengatur keamanan hotel serta melakukan pengamanan seluruh area Hotel dan ikut memantau kamar-kamar tamu, terutama yang dihuni agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu di kamar hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan. Selain itu security juga harus memeriksa para karyawan hotel “body checking” baik itu saat masuk kerja maupun saat pulang bekerja. Adanya security akan membuat tamu merasa aman dalam menginap di hotel.

pada dasarya security merupakan sebuah section dari human resources department. Yang mana segala job deskripsinya berdasarkan ketentuan dari human resources manager. Namun, pada era sekarang, bagian security lebih didominasi oleh lembaga outsourcing sehingga bagian ini memiliki struktur organisasi yang berdiri sendiri. Namun dalam hal tanggung jawab, meskipun dari lembaga outsourcing, kinerja para security masih tetap terpantau oleh human resources department.

Adaya outsourcing ini akan lebih memudahkan pihak human resources untuk mencari security yang sesuai dengan kriteria hotel, karena jika security yang dikirim oleh pihak outsourcing kurang maksimal dalam bekerja, maka hotel dapat melakukan complain dan meminta ganti dengan security yang lebih professional dalam bekerja. kelemahan pada outsourcing adalah, kualitas dari security yang minim akan pengetahuan hotel. sebagian besar security dari lembaga outsourcing mungkin pernah bekerja menjadi security di pabrik, lalu lintas, mall, atau pun tempat publik lainnya, sehingga pada waktu ia ditempatkan di suatu hotel maka  ia akan susah untuk bersosialisasi dengan istilah-istilah perhotelan yang notabene sedikit "merepotkan". 

TUGAS & TANGGUNG JAWAB MASING-MASING JABATAN DI DEPARTEMEN KEAMANAN (SECURITY)

 Chief Security (Sec. Manager)

  1. Mengadministrasikan dan meninjau operasi untuk memastikan lingkungan yang     aman dan aman bagi karyawan, pelanggan pengunjung dan lain-lain.
  2. Menyarankan manajemen dalam meningkatkan dan melaksanakan kebijakan  sesuai dengan keamanan dan peraturan kelembagaan, negara bagian dan federal.
  3. Menganalisis data statistik dan laporan untuk mengidentifikasi dan menentukan bagaimana membuat bangunan dan lahan yang aman dan aman. 
  4.  Mengembangkan metode untuk meningkatkan kebijakan keamanan, proses, dan praktik, dan merekomendasikan perubahan manajemen. 
  5. Persiapan langsung dan pendistribusian informasi tertulis dan verbal untuk menginformasikan manajer, karyawan dan lainnya kebijakan keamanan, prosedur dan praktek. 
  6.  Mengelola desain dan pengembangan pelatihan khusus untuk membimbing petugas keamanan dan orang lain melalui keputusan keamanan dan tindakan. 
  7. Mewakili Hotel di pertemuan formal dengan organisasi luar dalam hal-hal yang berhubungan dengan keamanan dan layanan perlindungan.

Ass. Security Manager
  1.  Mengkoordinir,  mengarahkan dan melaporkan kegiatan sehari-hari dari staf Keamanan & Kesel.amatan dalam perlindungan pengunjung, staf, pelanggan, dan properti saat tidak adanya Security Manager. 
  2. Mengelola Ruang Properti untuk item yang hilang dan ditemukan dan mengawasi disposisi dari item yang tidak diklaim. 
  3. Assistant Security Manager membantu dalam perencanaan, koordinasi, dan mengarahkan program keamanan dan keselamatan untuk mencakup pencegahan kehilangan, parkir / kontrol lalu lintas, patroli dari properti fisik, penegakan patung dan peraturan hotel, inspeksi fasilitas, dan penyelidikan tindak pidana. 
  4. Assistant Security Manager membantu dalam pengembangan dan pelaksanaan prosedur keamanan dan keselamatan; kepatuhan dijamin dengan keselamatan dan standar kesehatan, kebijakan dan prosedur, dan negara yang berlaku dan hukum federal. 
  5.  Melakukan tindak lanjut investigasi laporan kegiatan kriminal dan pelanggaran standar keselamatan.

Security Supervisor
  1. Mengawasi secara teratur karyawan lain. 
  2.  Merencanakan jadwal kerja
  3. Mengajar dan memberlakukan peraturan keselamatan di tempat kerja.
  4. Mendirikan prioritas keamanan patroli. 
  5.  Membantu Asisten Manager Keamanan dalam mengidentifikasi daerah berisiko tinggi dan tindakan   dimulai untuk mengurangi eksposur risiko. 
  6. Melakukan semua tugas-tugas seorang Security Guard. 
  7. Ulasan pemanfaatan dan pemeliharaan peralatan keamanan. 
  8. Menyiapkan laporan harian dan periodik untuk pejabat Hotel mengenai kegiatan.
  9. Mengambil tindakan yang telah ditentukan dan diberikan pertolongan pertama dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, kebakaran dan penyakit. 
  10. Membantu dalam pengembangan kebijakan keamanan dan prosedur. 
  11. Berkomunikasi dengan pengguna layanan tentang kebutuhan keamanan dan masalah. 
  12. Memelihara dan merekomendasikan perubahan dan perbaikan dalam sistem pencatatan perangkat lunak untuk kegiatan petugas keamanan. 
  13. Memerintahkan, memelihara dan mengeluarkan pakaian dan peralatan.
Security Guard
  1. Secara langsung bertugas memantau dan mengatur keamanan hotel  selama 24 jam secara bergantian dengan petugas keamanan yang lain 
  2. Melaporkan segala kejadian / peristiwa yang terjadi di hotel ke security manager atau atasannya baik itu kehilangan atapun penemuan barang milik tamu 
  3. Berjaga di pos keamanan hotel dan memantau serta membantu keluar masuknya kendaraan yang keluar masuk hotel baik kendaraan milik tamu ataupun staf hotel demi keselamatan dalam penyeberangan jalan





No comments: