Klik Di Sini

Sunday, December 03, 2017

PEGAWAI SUPER ITU ADALAH PEGAWAI HOTEL

Knowhotels.blogspot.co.id – Jika Anda tinggal dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan atau Denpasar dan mendengar bahwa teman Anda bekerja di hotel, maka hal tersebut sudah sangat biasa dan mereka memahaminya bahwa pekerja hotel adalah para pekerja profesional yang syarat akan keterampilan dan kelayakan dalam bekerja. Namun, bagaimana dengan di daerah-daerah? Apa kata teman-teman Anda ketika mereka tahu bahwa Anda bekerja di sektor perhotelan? Ya, sebagian dari mereka mungkin masih belum mengetahui profesi Anda dan berpikir negatif tentang dunia hotel. Hal ini patut disayangkan dan perlu kita berikan gambaran mengenai bisnis.



Disayangkan dan perlu kita berikan gambaran mengenai bisnis perhotelan dan berbagai macam aktivitas didalamnya. Hotel adalah industri yang sangat berwarna, dinamis dan menuntut semua orang didalamnya mampu beradaptasi dengan para tamu-tamunya dari latar belakang yang berbeda pula. Dari para pejabat pemerintahan, artis ternama, para pebisnis, para keluarga yang sedang berlibur dan berbagai macam jenis tamu lainnya. Nah, aktivitas tamu-tamu tersebut juga macam-macam, ada yang meeting, outbound, tidur, makan, wedding, ngajak main anaknya di kids club, renang dan lain sebagainya. Enaknya kerja di hotel itu ya banyak ketemu orang baru dengan berbagai macam jenis karakter yang berbeda-beda dan gaya hidup yang berbeda pula. 

Hal ini menuntut para karyawannya memiliki keterampilan komunikasi kelas wahid dan memiliki jiwa menolong, super ramah dalam keadaan apa pun, menuntut karyawan bekerja dengan cepat dan tepat dengan tingkat koordinasi yang mumpuni. Jika kita mengenal berbagai macam aktivitas tamu diatas, bagaimana dengan aktivitas karyawan? Untuk memupuk rasa solidaritas dan kekompakan tim, maka para karyawannya diberikan berbagai macam aktivitas sosial. Namanya Sport & Social Activities. 

Aktivitasnya ada yang berbentuk olah raga seperti main bola bareng, main ping pong, bersihin mesjid, gereja, atau pura bareng-bareng temen yang beda agama, ikutan pengajian dan aktivitas religius lainnya. Banyak para karyawan hotel yang rajin ibadah dan juga saling bantu membantu, selayaknya membantu keluarganya sendiri. Jadi, menyenangkan bukan kerja di hotel itu? 

Di hotel itu, tidak hanya kerja, kerja dan kerja. Ada sesi hiburannya juga, misalnya ngeband, acara ultah, acara perayaan ulang tahun hotel, acara makan siang di restoran dan ngobrol bareng GM. Wah pokoknya banyak lah… tiap hotel biasanya punya acara yang berbeda, contoh diatas hanya contoh umumnya saja. Nah, melihat beragam aktivitas didalamnya, maka hotel adalah sebuah industri yang juga turut serta dalam mengembangkan “karakter” dan “kepribadian” bagi para pegawainya. Kalau mau belajar karakter, kerja aja di hotel. Lambat laur karakter mu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Karena, selain Anda akan belajar berkolaborasi dan komunikasi, dihotel itu sangat disiplin dalam segala hal serta menuntut Anda menjadi pribadi yang jujur dan berintegritas.

Jujur dan integritas menjadi kata kunci yang tidak bisa ditawar, karena bisnis hotel adalah bisnis kepercayaan dimana tamu telah percaya terhadap hotel yang diwakili oleh para petugasnya. Contohnya, tamu berkenan untuk meninggalkan barang-barangnya di kamar hotel ketika mereka meeting, karena mereka telah percaya kepada petugas bahwa dihotel tempat ia menginap aman. Hotel itu sangat tegas dalam kedua hal tersebut, misalnya bila Anda menganggap sabun hotel itu murah, maka bila Anda bawa pulang satu buah sabun saja dan jika ketahuan bisa berakibat fatal terhadap karir Anda. 

Hal ini terlihat sepele (wong cuma satu buah sabun), tapi hal ini sangat penting untuk menjaga nilai-nilai luhur para sesepuh hotelier, yaitu Jujur dan Integritas. Jadi ya bukan para politisi saja yang pakai slogan itu, bedanya kalau di hotel tidak main-main. Sekali lagi saya ulangi: tidak main-main dan bisa berakibat fatal kelas wahid jika dilanggar. Kedua adalah disiplin, umumnya 30 menit sebelum jadwal kerja, petugas sudah sampai lokasi hotel, karena mereka harus dandan dulu supaya rapih, bersih dan wangi. Lalu, menghadiri briefing 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Jika Anda terlambat dan sering terulang, maka akan fatal juga untuk karir Anda. 

Disiplin ini fungsinya untuk mengajarkan karyawan supaya selalu tepat dalam memberikan pelayanan serta menghormati waktu orang lain. Jadi, komunikatif, kompak, disipin, jujur dan berintegtitas adalah “way of life” yang harus dipegang teguh oleh para hotelier yang sangat berguna untuk mengembangkan karakter diri dan menunjang tujuan karir impian Anda. Dengan melihat lifestyle kualitas jempolan tersebut diatas, seharusnya masyarakat luas mendukung bahwa dengan berdirinya hotel disekitar lingkungan Anda, maka hotel pun berperan dalam mendidik masyarakat disekitar karena umumnya yang bekerja di hotel salah satu atau salah banyak diantara mereka adalah warganya sendiri. Demikian juga dengan hotelnya hotel yang baik adalah mereka yang ramah terhadap para tetangganya. 

source : hotelier.co.id
22/11/2017

Wednesday, November 22, 2017

HOTEL BERBENTUK TRANSPARAN DI HUTAN

Knowhotels.blogspot.co.id - Fenomena bentuk hotel yang bermacam-macam pada zaman sekarang bukan hal yang aneh lagi. Bentuk hotel yang unik menjadi salah satu trik untuk menarik perhatian tamu pengunjung dalam memilih penginapan. bukan hanya fasilitas dan pelayanan saja, namun bentuk unik hotel juga menjadi sasaran para tamu dalam memilih tempat menginap. 

The Treehotel di Harads, Swedia berhasil membuat fenomena hotel unik di atas pohon dengan ketinggian 4-6 meter dengan tema yang unik. Ada banyak ruangan di hotel rumah pohon ini dan setiap kamar memiliki tema sendiri-sendiri, mulai dari UFO, The birds Nesst, Cabin, The Dreagonfly, The Blue Cone, dan The Mirrorcibe.
Foto di atas adalah model Morrorcube yang bisa menjadi tempat persembunyian paling sempurna di dalam rimbunnnya hutan pinus, karena ruangan kotak ini dilengkapi dengan kaca yang mampu memantulkan pemandangan di luar ruangan. Sekilas hotel ini seperti berbentuk transparan, seperti bukan bentuk bangunan. namun kenyataannya ini adalah hotel berbintang di swedia yang menarik banyak para wisatawan untuk menginap di sana.

 Selain mengunjungi destinasi wisata, hal lain yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan adalah dengan menginap di hotel. Hotel-hotel saat ini memang tidak hanya digunakan untuk menginap, berbagai fasilitas yang disediakan memungkinkan tamu untuk refreshing di hotel. Contohnya kolam renang yang berada di roof top, yang tentunya menjadikan pengalaman bermalam di hotel yang mengesankan.
Berbeda dengan penginapan pada umumnya, hotel yang satu ini menawarkan sensasi menginap yang berbeda. Treehotel yang berada di tengah hutan wilayah Harads, Swedia ini, menggantung di atas pohon dengan ketinggian empat hingga enam meter. Terinspirasi dari film The Tree Lover, Treehotel memiliki konsep yang menyatu dengan alam.
Tidak heran jika desainnya sangat mirip dengan rumah pohon yang menggantung di tengah rimbunnya pepohonan. Dengan pemandangan Sungai Lule, Treehotel hanya memiliki enam kamar dengan desain interior berbeda. Meskipun begitu, eksterior penginapan ini secara keseluruhan hampir sama, yaitu berbentuk kubus. Uniknya, eksterior kamar ditutupi cermin yang memantulkan bayangan pohon-pohon yang ada di sampingnya. Hal ini memberikan kesan kamar yang berkamuflase di antara pepohonan dan menyatu dengan alam.Untuk masuk kamar di Treehotel tidak menggunakan tangga, melainkan harus melewati jembatan, tali, dan tangga.
Jika ingin menginap di hotel yang cocok untuk jiwa petualang ini, minimal harus menyiapkan 569 dolar AS per malam atau sekitar Rp 7,5 juta.
sources : travel.tribunnews.com
diacces : 22/11/2017

Saturday, October 28, 2017

CARA MENERIMA PESANAN BANQUET EVENT DARI TAMU

Knowhotels.blogspot.co.id - Revenue terbesar hotel selain kamar adalah food and beverage, terutama pada banquet outlet. Mengapa demikian? Karena banquet merupakan bagian dari salah satu food and beverage department yang bertanggung jawab atas semua event yang berlangsung.
Apa saja eventnya ? biasanya event yang sering ada di banquet biasa kita kenal dengan istilah MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exebition). Selain itu juga sering terdapat party, seperti wedding, ulang tahun, gathering dan acara sosial lainnya.

Jika kita sebagai marketing hotel menerima suatu event dari client apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan oleh seorang staf marketing adalah menerima order tersebut.
Bagaimana cara menerima order Banquet event order?
Cara menerima order Banquet Event :
  1. Sebelum menerima order dari client ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang departemen sales and marketing didalam menyusun sebuah Banquet Event Order. marketing didalam menyusun sebuah Banquet Event Order. Yang harus diperhatikan adalah  Jumlah pax yang diorder oleh client. Jumlah pax yang diorder oleh client sebagai pedoman divisi kitchen untuk membuat menu. Jumlah pax sering dianggap sebagai jumlah peserta di dalam sebuah banquet event. Selain sebagai pedoman, jumlah Pax yang diorder oleh client digunakan oleh pengelola banquet untuk menyusun setting layout meja. Waktu pelaksanaan Banquet Event Waktu pelaksanaan Banquet event dari client juga harus diperhatikan supaya karyawan dalam hal ini staf F& B Service yang bertugas mengelola banquet dapat mengatur persiapan seperti setup layout meja, setup sound system, setup cofe break. Selain itu dengan menyusun schedule Banquet Event, departemen sales and marketing akan mudah untuk memanage order-order dari client yang masuk Menu Di dalam menyusun sebuah menu yang akan digunakan sebagai paket banquet event departemen Sales and marketing bisa berdiskusi dengan head chef. Menu yang berdasarkan dari hasil diskusi tersebut yang akan disajikan oleh client, akan tetapi pihak client bisa memilih menu sendiri sesuai dengan keinginannya apabila client merasa kurang cocok dengan menu yang ditawarkan
  2. Order dari client yang berhasil didapatkan oleh staf sales and marketing hotel, dituangkan ke dalam Banquet Event Order sebagai dasar pedoman departemen sales and marketing didalam mengkomunikasikan kepada departemen F&B selaku pengelola meeting room dan kepada Departemen lain seperti Engineering yang bertugas mempersiapkan peralatan dan kelistrikan, departemen Accounting yang bertugas untuk melakukan transaksi pembelian terkait dengan bahan-bahan yang akan diolah sebagai menu, dan kebutuhan lainnya, departemen Housekeeping yang bertugas untuk memperindah dan mempercantik venue yang akan digunakan. Selain itu, BEO dijadikan acuan oleh Banquet Manager untuk mempersiapkan SDM yang akan diterjunkan untuk melayani client selama penyelenggaraan event berlangsung. Intinya setelah BEO sudah disetujui oleh DOSM ( Directur of Salem Manager), BEO tersebut diedarkan ke seluruh department sebagai informasi bahwa akan ada event. dan tugas-tugas semua department terkait juga tertera dalam BEO tersebut.
  3. Setelah BEO selesai, selanjutnya diproses ke dalam Daily Event Summary. Daily Event Summary adalah daftar event yang dibuat sebagai gambaran event dalam satu minggu yang berisi jumlah tamu (pax),waktu penyelenggaraan acara, nama ruang atau meeting room yang akan digunakan,dan informasi lainnya yang yang bertujuan untuk mempersiapkan segala yang yang bertujuan untuk mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan serta sumberdaya manusianya Itulah tiga langkah cara menerima order Banquet Event dari client.

Di dalam menerima order berupa Banquet Event yang harus diutamakan adalah komunikasi, baik komunikasi antar staf, komunikasi dengan departemen lainnya, maupun komunikasi dengan client sehingga tidak terjadi miskomunikasi yang dapat mempengaruhi kelancaran didalam melayani kebutuhan client selama menyelenggarakan event di hotel. Pada saat ini pengedaran BEO secara manual sudah jarang dilakukan, untuk menghemat sampah (kertas), beberapa hotel hanya menerapkan dengan mengedarkan email BEO keseluruh department. Hal ini juga dapaat menghemat waktu kerja para karyawan.


source : hotelier.co.id/cara-menerima-order-banquet-event
28/10/17

Friday, October 27, 2017

DAFTAR HOTEL CHAIN INTERNATIONAL DI DUNIA

Bagaimana perkembangan hotel di abad ke 20 ini ?

Di Indonesia sendiri sudah semakin banyak hotel-hotel yang semakin berkembang. persaingannyapun semakin ketat. hingga hotel-hotel yang sudah lama berdiri kalah pamor dengan hotel baru yang lebih minimalis, modern, dan penuh dengan konsep life style. Apalagi kini sudah semakin banyak hotel-hotel chain international yang masuk di Indonesia yang service dan kualitasnya lebih terjamin. lama-lama hotel lokal Indonesia bisa tutup karena tergeser oleh hotel Chain Internasional.
Apa itu hotel chain ?

Hotel Chain merupakan hotel jaringan yang mengelola beberapa properti untuk memaksimalkan bisnis, sehingga laba yang diperoleh lebih besar dibanding individu hotel. Ya..., itulah kira-kira pengertian hotel chain menurut Penulis.


Di Indonesia sendiri juga terdapat beberapa hotel chain lokal, seperti Santika Group, Sahid Group, Kagum Group, dll. ada juga yang jangkauannya sudah sampai ke Asia Tenggara yaitu Archipelago International (Aston, Grand Aston, Quest, Fave, Harper, dll)

Semakin besar Hotel Chainnya, semakin besar pula jangkauan bisnisnya, semakin banyak tenaga kerjanya, semakin banyak Labanya dan yang pasti semakin rumit juga ngurusnya.

untuk menambah pengetahuan kita mengenai hotel chain silahkan teman-teman download file berikut ini. file ini merupakan daftar hotel chain yang terbesar di dunia. 



Source : wikipedia
Acces  :  27/10/2017


Thursday, May 11, 2017

NAMA-NAMA PROPERTI JARINGAN HOTEL TERBESAR MARRIOT INTERNATIONAL

Marriott International, Inc. adalah perusahaan penginapan global terkemuka dengan lebih dari 5.500 properti di 122 negara yang telah menghasilkan pendapatan lebih dari $ 17 miliar pada tahun fiskal 2016. Didirikan oleh J. Willard dan Alice Marriott dan dipandu oleh kepemimpinan keluarga selama hampir 90 Tahun, perusahaan ini berkantor pusat di Washington, DC di Bethesda, Maryland.
Marriot International (MI), kini telah resmi mengakuisisi starwood group dan telah menjadi jaringan hotel terbesar di dunia saat ini. Jika pada sebelumnya marriot memiliki 19 properti, maka dengan bergabungnya starwood, jumlah properti marriot menjadi 30 properti yang tersebar di seluruh dunia. Untuk mengetahui apa saja properti – properti dari marriot international. Lihatlah gambar di bawah ini.

Wednesday, May 10, 2017

BERKAH RAMADHAN DI FOUR POINTS BY SHERATON BANDUNG " The 3 In 1 Ramadhan Buffet Dinner"

Ramadhan Kareem...
Tinggal menghitung hari saja bulan penuh berkah, bulan yang paling mulia dari semua bulan akan datang. Dimana pada bulan tersebut semua umat manusia akan mendapatkan berkah. Berbagai rumah makan pasti akan penuh ketika menjelang buka puasa. Tidak hanya rumah makan, hotel yang didalamnya terdapat restoran juga menjadi tujuan para pemburu menu buka puasa. Kenapa demikian...??? hal ini karena pada bulan ramadhan sebagian besar hotel-hotel telah mmberikan harga khusus buka puasa. Dibandingkan dengan restoran yang menyajikan makanan dengan menu ala carte, menu restoran di hotel lebih banyak diminati karena banyaknya pilihan yang disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan. Makanannya pun lengkap dari appetizer hingga dessert, kopi dan teh.
Salah satu hotel yang menyediakan program buka puasa adalah Four Points Hotel By Sheraton Bandung. Menyambut Ramadhan yang jatuh pada akhir bulan Mei hingga Juni 2017, Four Points Hotel by Sheraton Bandung meluncurkan program The 3 in 1 Ramadhan Buffet Dinner. Ragam varian international buffet disajikan di 3 venue setiap harinya sepanjang bulan Ramadhan, mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB. Kami juga menyediakan mushola untuk fasilitas sholat Maghrib.

Monday, February 22, 2016

MENJADI MEMBER SPG (STARWOOD PREFERED GUEST), PARA TAMU SEMAKIN DIMANJAKAN


Program Starwood Preferred Guest adalah sebuah program guest loyalty berupa free reward yang menawarkan pengalaman, hadiah, dan pengakuan luar biasa ke mana pun Anda bepergian. Anggota SPG memiliki akses terhadap fasilitas eksklusif dan pilihan hadiah yang fleksibel untuk pilihan liburan yang diidam-idamkan. Semua ini tersedia bersama dengan fasilitas tambahan, dan hal ini bukan sebuah promosi. 

Saturday, February 20, 2016

JOIN DENGAN STARWOOD, MARRIOTT AKAN MENJADI HOTEL JARINGAN TEBESAR DI DUNIA

Marriott International Inc. akhirnya membeli Starwood Hotels & Resorts Worldwide Inc. senilai US$12,2 miliar untuk menciptakan jaringan perusahaan hotel terbesar di Dunia.
Keberhasilan Marriot memenangkan transaksi itu cukup mengagetkan karena sejumlah nama beken ikut mengajukan penawaran. Salah satu penawar utama adalah Hyatt Hotels Corp. selain beberapa perusahaan terkemuka asal China.

Wednesday, February 17, 2016

ACCOR AKUISISI HOTEL MEWAH FAIRMONT, RAFFLES DAN SWISSOTEL

Persaingan dunia bisnis perhotelan memang sangat luar biasa ramainya. tidak hanya di Indonesia saja pembangunan hotel terus bertambah, di luar negeri pun bisnis tersebut masih menjadi andalan para bisnis hotelier. Kabar mengejutkan tertuju pada Accor yang telah mengakuisisi FRHI Hotel & Resort. Dimana hotel yang diakuisisi meliputi hotel-hotel mewah seperti Raffles, Fairmont, dan Swissotel. Akuisisi ini memakan biaya senilai US$ 2,9 miliar atau setara Rp 40,4 triliun. Dengan diakuisisinya hotel-hotel mewah tersebut, jumlah properti Hotel Accor di selurh dunia semakin bertambah.


Disuntingnya FRHI Hotels and Resorts oleh Accor hotels dinilai menguntungkan bagi pemain hotel yang berbasis di Perancis tersebut. Bagaimana tidak, portofolio mewah Accorhotels bakal bertambah. Jika sebelumnya hanya ada Sofitel Legend, Sofitel So, dan M Gallery, kini mereka punya Fairmont, Raffles, dan Swissôtel. 

REKOR HOTEL TERTINGGI DI DUNIA PECAH

Rekor hotel hotel tertinggi yang dipegang oleh hotel Burj Khalifa (pernah untuk syuting Mission Impossible 3), kini dipecahkan oleh The JW Marriott Marquis yang menjulang setinggi 355 meter dengan 72 lantai. The JW Marriott Marquis, Dubai memecahkan rekor hotel tertinggi di dunia versi Guinness Book of World Records. 


dari gambar di atas terlihat jelas hotel Burj Khalifa yang bentuknya lancip ke atas, lebih rendah dari hotel JW Marriott yang memiliki dua menara.  

Tuesday, January 12, 2016

PROPERTY KE-2 STARWOOD AKAN SEGERA DIBUKA

Selamat Tahun Baru 2016.....,  Selamat Datang Four Points Hotel Bandung.

Pertumbuhan bisnis perhotelan di kota kembang semakin marak. Properti Starwood kembali menyemarakkan persaingan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi dengan dimanjakan oleh City View  daerah bandung di Sky Lounge.

Bagi para member SPG (Starwood preferred guest), tentunya hal ini merupakan kabar positif. Karena selain sheraton, Sekarang sudah terdapat Properti Starwood lainnya yaitu Four Points, yang nantinya  akan memanjakan para member SPG. Bagi para member SPG, “please do not hesitate” untuk mampir. Tukarkan poin anda dan dapatkan complimentary for free meals, free night dan fre

Sunday, December 20, 2015

WELCOME 2016, WELCOME FOUR POINTS BANDUNG BY SHERATON

Starwood kembali membuka properti terbaru di bandung bernama four points by sheraton bandung. Hotel berbintang 4 ini belokasi di jalan Ir. H. Juanda no. 46 bandung. Setelah melakukan launching Four Points By Sheraton Kuta Bali, kini properti yang sama untuk pertama kalinya berdiri Bandung.


Four Point By Sheraton merupakan hotel berbintang 4 dengan konsep rileks dan santai. Hotel ini sangat cocok untuk para pebisnis yang membutuhkan hiburan bersantai. Adapun core value dari four points by sheraton adalah honest, uncomlicated dan comfort.

Four Points Bandung By Sheraton memiliki bangunan yang sangat unik. Pada roof top, terdapat Edelweis Sky Lounge dengan pemandangan indah dan dilengkapi dengan VIP service. Dengan city view, para tamu dapat menikmati betapa indahnya kota Bandung. Untuk para penggemar beer, tidak usah kawatir, Four Point memiliki Citrus Best Brew, dimana outlet tersebut menyediakan aneka beer dengan kualitas terbaik yang pernah ada. Jika bosan, Four Point juga menyediakan wine, baik itu by glass maupun by bottle. Suasana di best brew memiliki atmosphere yang nyaman, sejuk dan santai. Sangat cocok untuk hanging out para kaula muda.


Berbagai event juga dapat diselenggarakan di Four Point Bandung By Sheraton, seperti cocktail, wedding & birthday party, MICE hingga Gathering. Para tamu akan dimanjakan dengan kualitas menu dan service terbaik yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Saturday, July 11, 2015

HARGA OBRAL MENU SPECIAL BUKA PUASA DI HOTEL ASTON TROPICANA BANDUNG

Paket buka puasa di hotel Aston Tropicana memang menggelegar. tidak tanggung-tanggung, setiap harinya lemongrass restaurant selalu penuh oleh reservasi untuk berbuka puasa. belum lagi ditambah dengan walk in guest dari luar yang bergabung. 

Lemongrass restaurant tidak kalah ramai dengan restaurant lokal yang lainnya yang berada di kawasan bandung, hal ini membuat para tamu yang berbuka merasakan sensasi kenikmatan  rasa masakan dari hotel berbintang 4.

Dengan harga yang fantastis, semua orang dapat menikmati kelezatan hidangan dengan dimanjakan oleh service full of love dari para server. tidak perlu kocek banyak untuk dapat melakukan reservasi di lemongrass restaurant cukup dengan Rp. 78.000, nett, semua tamu yang datang sudah bisa menikmati seluruh menu buka puasa yang disediakan.

Untuk menunya, tidak perlu khawatir, yang pasti cocok untuk semua lidah. pilihannya bervariasi. bisa request juga lho untuk yang khusus vegetarian....

Dimulai dari ta'jil, appetizer, soup, main course dengan 5 dishes, stall (live cooking), dessert dan tea. semuanya ALL YOU CAN EAT.....

Silahkan saja kalau bisa menghabiskan semua makanan dalam satu buffet...


Bagaimana rasanya ???? yang pasti MUANTAPPP...... nih lihat tweet dari para tamu yang sudah datang...


Promo ini cuma berlangsung selama bulan Ramadhan lhooo.....

Mari manfaatkan bulan penuh berkah. tinggal beberapa hari lagi.

Yuk segera reservasi di 

022-2030101

Thursday, June 04, 2015

TARGET ACCOR MEMBANGUN 220 HOTEL DI INDONESIA

Pertumbuhan bisnis perhotelan memang begitu pesat berkembang. Hotel jaringan internasional terus tumbuh bersaing kuat dengan hotel lokal di tanah air. Bisa-bisa nanti tidak ada hotel lokal yang mampu bersaing dengan hotel jaringan yang notabene sudah menjadi sesepuh dan terkenal di seluruh dunia. Salah satu contoh hotel jaringan terbesar di dunia adalah Accor. Jaringan ini kembali membuka hotel baru di indonesia dalam skala besar.

Operator hotel asal Perancis, Accor, membidik penambahan hotelnya di Indonesia sebanyak 120% dalam jangka lima tahun ke depan. Saat ini jaringan hotel yang dioperasikan Accor di Indonesia sebanyak 100 hotel, tersebar di 32 kota.




“Sekarang dalam proses dibangun 120 hotel, jadi sampai 2020 jumlah hotel akan bertambah menjadi 220 unit tersebar di 40 kota,” kata Gerard Guillouet, Chief Operating Officer Accor untuk Malaysia-Indonesia-Singapura, di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Hotel yang sedang dibangun tersebut menyasar segmen ekonomi yang berbeda-beda. Sebanyak 50% berkonsep ekonomis dan 50% lainnya menyasar segmen kelas menengah ke atas.

Lokasi hotel-hotel baru itu difokuskan di kawasan Indonesia Barat dan bagian tengah, seperti kota  Jakarta, Bali, Yogyakarta, Medan dan Surabaya.

Lebih lanjut, alasan pembangunan besar-besaran itu, kata Gullouet, lantaran Accor melihat industri pariwisata Indonesia akan berkembang pesat dalam lima tahun mendatang. Karena itu perlu disiapkan akomodasi dalam jumlah besar.

Wisatawan asing yang ke Indonesia masih berjumlah 10 juta orang per tahun. Jumlah itu masih  kalah jauh dibandingkan dengan Malaysia, negara yang lebih kecil tapi mampu menarik hingga 30 juta wisatawan per tahun.

“Saya yakin Indonesia potensinya sangat besar dan dalam beberapa tahun ke depan jumlah wismannya bisa mencapai 50 juta,” imbuhnya.


Wednesday, May 13, 2015

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEKSI-SEKSI ENGINEERING

Teknik atau sektor perhotelan di departemen engineering bertanggung jawab atas pelaksanaan, pengawasan, operasi dan pembiayaan biaya properti , pemeliharaan dan energi, dan segala sesuatu yang lain bahwa properti atau fasilitas di seluruh hotel. Secara umum, menurut redline dan stipannuk pengoperasian tujuan departemen teknik adalah:

1 . Lindungi investasi fisik bangunan fasilitas
2 . Mengatur Biaya pemeliharaan
3 . Anggota dukungan yang diperlukan untuk keseluruhan kepuasan tamu
4 . Peran dalam mendukung efisiensi operasional departemen lain
5 . Meminimalkan biaya menggunakan energi untuk mengoperasikan fasilitas
6 . Potenai meminimalkan masalah keamanan



Job Description Engineering Department

1 . chief engineering. Sebuah jabatan tertinggi di bidang teknik yang bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan departemen , yang pada gilirannya merupakan keberhasilan hotel ' s secara keseluruhan .

2 .
 electricity Adalah bagian yang bertanggung jawab untuk bagian yang berkaitan dengan listrik (arus kuat) . Dan dapat digabungkan ke bidang pemantauan elektronik ( aliran lemah)

3 .Machine. Bagian bertanggung jawab untuk mesin tersebut , lift , mesin boiler , mesin cuci, peralatan dapur dan peralatan mesin lainnya

4 . Plumbing. Bagian bertanggung jawab atas pipa. Biasanya yang sering menjadi masalah dalam saluran air . Bocor saluran air sering disebabkan oleh kesalahan manusia atau kurangnya keseriusan dalam memperbaiki pipa yang rusak . Oleh karena itu ahli pipa yang diperlukan yang benar-benar mengerti tentang hal-hal seperti .

5 . Civil. Bagian bertanggung jawab untuk bangunan fisik atau struktur atau baik eksterior maupun interior , termasuk pemeliharaan lukisan , furniture polish , lantai saluran , dll


6 . Maintanance. Sebuah proses atau tindakan yang bertujuan untuk mengembalikan properti hotel dengan standar yang telah ditentukan , sehingga dapat beroperasi dengan baik sesuai rencana . 

Tuesday, May 12, 2015

MENGENAL ISTILAH COFFEE BREAK

Coffee break, snacking time atau dalam bahasa Indonesia sederhana berarti rehat kopi, telah mejadi kebiasaan dalam keseharian masayarakat terutama pekerja. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari mendapatkan “refresh” pikiran setelah berkutat dengan pekerjaan. “Coffee break’ ini biasanya lebih sering kita dengar bersamaan dengan aktivitas rapat, meeting, training, dan kegiatan lain.

Istilah coffee break awalnya berkembang di Amerika pada abad 20. Referensi pertama yang melaporkan istilah untuk coffee break diketahui popular pada Pan-American Coffee Bureau (badan yang mengurus tentang perkopian di Amerika ) yang mengkampanyekan iklan pada tahun 1952 yang isinya “Give yourself a Coffee-Break — and Get What Coffee Gives to You”. Semakin berjalannya waktu coffee break tidak hanya diisi dengan kopi sebagai menu utama akan tetapi banyak jenis makanan dan minumam lain. Snack baik modern atau tradisional telah menjadi menu pasangan dari kopi atau teh sebagai bagian dari coffee break yang tentunya akan dapat membantu anda dalam menyegarkan pikiran selama bekerja.


“Masih banyak orang salah kaprah mengenai snack ini. Untuk tujuan menjaga penampilan, mereka memaksakan diri untuk membatasi jumlah makanan, membiarkan dirinya menderita dengan perut kelaparan, dan menjauhkan snack dari rutinitas sehari- hari,” menurut dr. Ida Gunawan, MS. SpGk,seorang clicical nutritionist. “Snack tidak perlu dihindari. Snack justru dapat membantu menstabilkan gula darah, dan menjaga kesehatan saluran cerna,” sarannya. “Oleh karena itu makanlah dalam jumlah kecil namun sering (frequent eating) dan jangan menunda waktu makan. Snack sangat dianjurkan dan disarankan dengan syarat dibuat dalam komposisi seimbang, sehat dan higienis.

Pada saat coffee break staf banquette menggunakan 3k yaitu kecepatan, ketepatan dan kebersihan.
1.    Kecepatan
Dalam hal menyajikan, menata snack coffee break serta melakukan clear up, kecepatan adalah faktor utama staf banquette agar semuanya berjalan dengan lancar dan tidak mengalami keterlambatan dalam penyajian
2.    Ketepatan
Dibutuhkan ketepatan pada saat menyajikan, menata snack coffee break serta melakukan clear up. Penyajian yang tidak terlambat dan penataan yang indah akan menambah nilai plus dalam pelayanan yang diberikan. tidak adanya peralatan yang jatuh atau pecah dalam proses clear up akan menyempurnakan kelancaran pelayanan kepada tamu.
3.    Kebersihan
Setiap meja buffet yang telah selesai digunakan harus tetap dalam keadaan bersih. Setiap ada tumpahan makanan atau ada kotoran yang menyebabkan meja kotor staf banquette harus membersihkannya secara teratur agar terhindar dari kesan negative.


Thursday, May 07, 2015

PENGERTIAN TIME KEEPER

Knowhotels.blogspot.com - Human Resources Manager akan sangat memerlukan seorang Time keeper untuk mengaudit setiap absensi dari seluruh karyawannya. sehingga keberadaan seksi ini sangar penting bagi human resources department.

Time keeper adalah bagian dari departemen sumber daya manusia yang bertanggung jawab atas perekaman atau rekapitulasi absensi di hotel. Keberadaan timekeeper akan memudahkan manajer sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Timekeeper dapat mengetahui semua absen yang memiliki karyawan lakukan selama start bekerja sampai waktu pulang datang. Sebagian besar hotel mewah telah menggunakan sistem finger print sebagai absensi mereka. Sistem ini sangat baik digunakan karena karyawan sulit untuk memanipulasi sistem. Berbeda dengan punch card yang masih bisa dilakukan oleh orang lain untuk membantu orang lain dalam proses absensi.

Dengan finger print time keeper dapat melakukan pengumpulan data secara teratur untuk menentukan karyawan disiplin waktu dan mana yang lambat. Hasil finger print juga sangat mempengaruhi seberapa cepat atau lambat karyawan dalam memperoleh promosi dari hotel.

Selain mengumpulkan data tentang kedisiplinan pegawai dan yang suka terlambat, timekeeper juga mengumpulkan data tentang jumlah hari libur, sakit, izin dan tidak bekerja tanpa keterangan yang dilakukan oleh karyawan. Biasanya survei ini akan direkap setiap tahun.

Timekeeper juga berperan dalam perhitungan upah untuk karyawan non-permanen. Berapa hari ia bekerja, akan dihitung berdasarkan kehadiran terkandung dalam finger print. Hari-hari sibuk untuk timekeeper tepat waktu sebelum karyawan mendapatkan gaji. jika timekeeper terlambat dalam mengirimkan data, maka karyawan akan terlambat menerima gaji mereka.

Karena itu timekeeper yang baik, disiplin dan waktu yang tepat. Jangan hanya membutuhkan karyawan untuk menjadi disiplin dan tepat waktu, jika timekeepernya sendiri tidak disiplin dan tepat waktu.

Wednesday, May 06, 2015

HOTEL AMARIS MERAIH INDONESIA MOST CREATIVE COMPANIES 2015


Knowhotels.blogspot.com - Perhargaan untuk hotel-hotel terbaik di indonesia sudah berlangsung selama bertahun-tahun. hal ini menjadi motivasi tersendiri untuk para pengusaha dan manajemen hotel agar terus meningkatkan persaingan di dunia hospitality khususnya dunia perhotelan. berbagai inovasi dan kreativitas pun beraneka ragam untuk mendapatkan perhatian pelanggan agar mendapatkan full occupancy. 
Di kutip dari BERTUAHPOS.COM Amaris Hotel meraih penghargan sebagai Indonesia Most Creative Companies 2015 versi Majalah SWA dan PPM Manajemen. Penghargaan ini diberikan hari Kamis, 19 Maret 2015 di Ceria Room Shangri-la Hotel Jakarta.


Seperti yang disampaikan Silvadia, Sales Executive Amaris Hotel. Indonesia Most Creative merupakan bentuk penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang mampu melakukan inovasi secara terus menerus dan lahir dari kreatifitas yang tanpa henti dengan menunjukkan kinerja secara konsisten dan menyeluruh.

Amaris Hotel Pekanbaru memberikan Menu Pilihan Khusus yang sangat terjangkau harga Paket Meeting mulai dari Rp. Rp. 35.000 – Rp. 250.000 nett/ pax. Dapatkan juga harga spesial di akhir pekan yaitu IDR 298.000 nett/malam, Free Pickup Service (08.00 WIB – 12.00 WIB), Free Hot Coffee & Tea ( 10.00 WIB – 18.00 WIB ).
Salah satu terobosan terbaru yang dilakukan oleh Amaris Hotel Pekanbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada para tamu yang menginap di Amaris Hotel Pekanbaru yaitu Free Newspaper dan Hight Speed Access Internet (10 MB).
Amaris Hotel Pekanbaru akan memberikan Pelayanan yang lengkap dengan menu makan pagi / sarapan (breakfast) dengan rasa kenikmatan seperti berada dalam masakan keluarga sendiri, dengan paduan masakan Nasional dan khususnya paduan masakan Melayu.

Hotel yang terletak di belakang Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru ini memberikan pelayanan Shuttle/ pick up/ antar jemput yang datang dari bandara maupun pelabuhan sungai duku secara gratis.

Tuesday, May 05, 2015

EMPLOYEE OF THE YEAR ASTON TROPICANA BANDUNG

Knowhotels.blogspot.com - Aston tropicana kembali menggelar kembali The Best Employee of The Year 2014. Kali ini menampilkan performance dari housekeeping department. Tema yang diambil adalah cerita Nyi Iteng dan Kabayan. Alasan utamanya adalah karena cerita tersebut berasal dari jawa barat, mengingat upaya untuk melestarikan budaya lokal yang semakin pudar. Penampilan yang sangat menghibur itu menunjukkan nilai yang sangat positif bagi semua penonton, saya saja merinding saat mereka berakting layaknya aktor film dunia.......

Penampilan yang tidak kalah seru adalah dari para head of department. Jarang-jarang sekali lho mereka tampil. Yang paling T.O.P B.G.T itu saat FBM-nya laki-laki menjadi perempuan. Saya saja sampe kaget melihat penampilan para sesepuh-sesepuh itu.....weleh...weleh....

Adegan romantis dan sangat menghibur itu diperankan oleh manager hotel fave premier (Pak firanto) dan FBM Aston Tropicana (Pak achadi) serta peran pendukung dari para Head of department Aston dan Fave yang sangat luar biasa sekali. Apalagi yang jadi peri.....wkwkwk...baru kali ini ada peri seperti itu.... Eh ada juga lho yang jadi penerus michael Jackson, Ia adalah Pak Rino (ITM), Luar biasa sekali dancenya...

..... hmm.... kapan ya bisa tampil lagiii....!!!

Perayaan the best employee itu sendiri diadakan setiap satu tahun sekali oleh hotel aston tropicana dan fave premier bandung. Para kandidatnya adalah yang memenangkan best of Quarter. Para kandidat best of quarter itu dipilih langsung oleh masing-masing department sebagai perwakilan department mereka. Dari beberapa kandidat yang calonkan oleh masing-masing department, hanya satu yang akan menjadi pemenang the best of quarter dan tidak ada runner up. Sehingga yang terpilih menjadi kandidat the best employee of the year hanya 3 orang.

Kandidat yang menjadi the best employee 2014 itu sendiri adalah Saepul (HK), Mellisa (ACC) dan fahrIzal Ganteng (FB), Serta ada kelas daily worker dua orang yaitu Saepul (HR) dan Erika (FO).

Setelah menampilkan beberapa hiburan yang penuh kejutan, di acara puncaknya berakhir dengan pengumuman pemenang the best employee of the year. Dan pada akhirnya Mahkota itu berhasil diraih oleh perwakilan food and beverage department pada banquet section yaitu fahrIzal Ganteng


Congrat ya Ganteng....!!!

Monday, May 04, 2015

HOTEL BERBENTUK MANUSIA DI CINA

Semakin banyak Dunia perhotelan yang memunculkan kualitas kekreatifan masing-masing hotelier. Bahkan arsitek pun juga terlibat dalam mewujudkan bangunan idaman para pengusaha. Semakin banyak hal-hal yang bentuknya aneh semakin membuat para konsumen penasaran dan ingin mencobanya. Sebuah konsep bangunan dengan berbentuk manusia muncul di cina. Tidak banyak yang menggetahui bahwa bangunan tersebut adalah hotel. Meskipun sudah dibangun pada tahun 2000 lalu, para wisatawan masih banyak yang menganggap bahwa bangunan yang dilihat itu adalah patung dewa raksasa. Padahal itu adalah hotel yang dibangun dengan konsep manusia.

Hotel ini Terletak di provinsi Hebei, Cina. Hotel ini adalah Tianzi Garden Hotel, juga dikenal sebagai The Emperor Hotel dan Putra Langit Hotel. Dibangun pada tahun 2000, hotel ini memiliki ketinggian 41.6m.
Hotel itu sendiri menggambarkan Fu, Lu Shou dan, dewa-dewa Cina yang bernasib baik, kemakmuran dan umur panjang. Dewa ini meregangkan cara kembali agama tradisional Cina untuk Dinasti Ming 400 tahun yang lalu. Juga dikenal sebagai "tiga orang bijak", Fu Lu Shou dan dapat ditemukan di seluruh kuil agama dan kuil leluhur di Cina.
Persik di tangan kiri Shou ini (satu di sebelah kiri) mewakili keabadian, tetapi jika Anda melihat sedikit lebih dekat Anda akan melihat bahwa ia memiliki dua jendela kecil, karena itu merupakan suite room dalam hotel!
Sayangnya, website resmi untuk hotel (www.tianzigarden.com) tidak lagi bekerja, yang mengkhawatirkan rumor admist bahwa meskipun itu desain unik, hotel belum menerima sejumlah besar tamu.